Keunggulan WordPress dalam Membangun Website

Mengapa banyak orang memilih CMS WordPress untuk membuat website? Ada banyak alasan kenapa orang lebih memilih WordPress daripada CMS lainnya. Mau tahu apa saja keunggulan WordPress? Temukan jawabannya hanya di artikel ini.

Keunggulan WordPress

Alasan Kenapa Harus Menggunakan WordPress

Bisa dibilang, dunia CMS saat ini dirajai oleh tiga platform raksasa yaitu :

  • WordPress,
  • Joomla, dan
  • Drupal.

Di sini bisa dilihat, bahkan platform Blogger yang sempat populer di Indonesia pun tidak mampu menggeser kedigdayaan WordPress.

Namun selisih jumlah pengguna WordPress jauh dibandingkan kedua pesaing teratas lain. Oleh karena itu kami lebih menyarankan Anda menggunakan WordPress untuk membuat website sendiri.

Tak dapat dipungkiri bila WordPress merupakan CMS untuk website yang paling populer di dunia. Bukan hanya website sederhana saja yang menggunakan WordPress. Banyak website perusahaan korporat dan media internasional pun yang turut menggunakan WordPress.

Berikut ini beberapa alasan kenapa Anda harus menggunakan WordPress untuk membuat website :

1. Bersifat Bebas (Free / Gratis)

Keunggulan WordPress yang pertama adalah Anda dapat mendownload atau menginstalnya secara gratis. Hanya saja, Anda butuh layanan web hosting dan domain supaya bisa mengoperasikannya. Di mana layanan hosting dan domain ini berbayar.

2. Mudah Digunakan

Kenapa harus menggunakan WordPress untuk website? Karena keunggulan WordPress dibanding lainnya adalah penggunaannya sangat mudah.

Contohnya, dalam proses instalasi WordPress bisa diselesaikan di bawah 5 menit. Dan ketika Anda ingin membuat konten disertai gambar dan menerbitkannya juga mudah.

Selain itu, pembaruannya juga mudah. Saat versi terbaru dari CMS ini diluncurkan, Anda akan mendapat pemberitahuan dan bisa segera memperbaruinya dengan satu klik pula.

3. Cocok untuk Pemula

WordPress sangat cocok untuk pemula (yang masih belum paham dengan bahasa pemrograman seperti HTML) karena WordPress sangat mudah untuk dipelajari. Anda dapat dengan mudah untuk :

  • mengatur desain website,
  • mengisi konten / artikel,
  • mengupdate isi website,
  • dan lain-lain.

Semuanya dapat Anda lakukan dengan beberapa klik mouse saja tanpa perlu memahami kode pemrograman HTML, PHP, Javascript atau CSS.

4. Ribuan Theme untuk Kustomisasi

Keunggulan WordPress berikutnya adalah ada banyak sekali themes WordPress gratis yang tersedia. Sehingga Anda bisa memilih desain yang diinginkan dan menggantinya dengan beberapa klik mouse saja.

Dan hampir semua theme WordPress mudah untuk dikustomisasi tanpa coding. Bila mau mengubah font, warna tulisan, dan model layout, Anda hanya perlu melakukannya dengan beberapa klik.

Ditambah lagi, Anda bisa membeli berbagai theme premium di toko lainnya, seperti OkeThemes. Karena berbayar, mereka biasanya punya fitur yang lebih unggul.

5. Banyak Variasi Plugin

Banyak juga plugin-plugin (semacam program tambahan) gratis yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk menambahkan fitur tertentu. Sehingga membuat website Anda lebih :

  • optimal,
  • SEO friendly,
  • komunikatif,
  • dan sebagainya.

Sebagai contoh :

  • Anda dapat menyulap website jadi sebuah toko online dengan pluginWooCommerce.
  • CMS ini dapat juga dipakai untuk membuat portfolio online memakai plugin seperti Envira Gallery.

Selain itu, masih ada banyak pilihan yang disuguhkan oleh developer pihak ketiga, baik gratis maupun berbayar. Dengan demikian banyaknya variasi yang ada, pengguna WordPress dapat membangun website sesuai keinginan dengan mudah.

6. Multifungsi

Karena keunggulan WordPress yang menyediakan banyak thema dan plugin, hampir tak ada website yang tidak bisa dibuat. Anda tak hanya bisa membuat sebuah blog pribadi atau toko online yang sederhana, namun juga company profile, bahkan website ecommerce.

Berikut beberapa contoh website terkenal yang memakai CMS WordPress :

  • Windows Blog (blog)
  • TechCrunch (berita)
  • The Walt Disney Company (company profile)
  • Strandberg Guitars (website perusahaan dan toko online)
  • Quero HMS(toko online)
7. Fleksibel

Kefleksibelan merupakan satu dari keunggulan WordPress. Di mana WordPress bisa digunakan untuk membangun website dalam berbagai skala. Mulai dari sebuah blog sederhana sampai toko online dengan berbagai produk.

Namun, fleksibilitas WordPress tak berhenti di situ. CMS ini pun bersifat mobile-friendly. Artinya, Anda bisa menyesuaikan tampilan website untuk berbagai ukuran layar. Dan, hal ini tak perlu keahlian teknis.

Untuk mengatur tampilan website, Anda hanya perlu membuka menu kustomisasi theme. Selain itu,  ada juga beberapa plugin yang membantu Anda menciptakan website mobile friendly.

8. Aman

Keamanan data merupakan salah satu hal terpenting saat Anda punya website. Terutama bila berurusan dengan transaksi dan informasi pribadi.

Namun Anda tak perlu cemak karena keunggulan WordPress terkait keamanan website tak perlu dilakukan. Hal ini terbukti dengan :

  • banyaknya plugin peningkat keamanan yang tersedia di WordPress, seperti WordFence dan Sucuri
  • CMS ini selalu meng-update penggunanya mengenaiisu-isu keamanan yang ada. 

Tapi, Anda pun dapat meningkatkan keamanan WordPress dari sisi server web hosting.

9. Responsif

Keunggulan WordPress yang menjadi alasan lain kenapa harus menggunakan CMS ini adalah karena tampilan yang responsif. Banyak cara membuat website supaya memiliki tampilan responsive, salah satunya dengan menggunakan WordPress.

Website yang Anda buat dengan WordPress dapat diakses dengan baik melalui berbagai perangkat, baik mobile, tablet, maupun desktop.

10. Dukungan Komunitas yang Besar

Anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah pada website Anda. Karena Anda bisa mencari solusi melalui komunitas di WordPress secara gratis.

Di komunitas ini Anda bisa mencari solusi dari banyak pengguna lain yang mungkin pernah punya masalah seperti Anda. Tingkat popularitas WordPress inilah yang menjadi salah satu keuntungan buat Anda.

11. Mudah Dioptimasi

Supaya sebuah website mudah ditemukan dalam mesin pencarian seperti Google, Anda perlu melakukan Search Engine Optimization (SEO). Untungnya, melakukan pengoptimalan pada WordPress tidaklah rumit dan ini jadi keunggulan WordPress lain dibanding CMS lainnya.

Tanpa menambahkan plugin apapun, Anda sudah bisa :

  • mengubah permalink pada post dan laman / halaman blog, serta
  • menambahkan alt text pada gambar (image).

Struktur permalink yang SEO Friendly. Permalink adalah struktur link spesifik untuk sebuah artikel. Jadi tiap artikel mampu memberi alamat halaman yang sesuai dengan judul artikel dan itu lebih mudah dibaca oleh mesin pencari.

WordPress pun punya fasilitas tags atau keyword pada setiap artikelnya. Sehingga setiap artikel yang Anda tulis akan lebih mudah dikenali atau ditemukan oleh Search Engine (SE). Hal tersebut akan sangat membantu agar website Anda dapat diindex SE lebih cepat lagi

Ditambah lagi Anda dapat menemukan banyak plugin SEO berkualitas di dalam repository CMS ini.

12. Dapat Diintegrasikan dengan Berbagai Layanan

Keunggulan WordPress selanjutnya yaitu bisa diintegrasikan dengan berbagai layanan. Fungsi WordPress (WP) bisa diperluas lagi dengan integrasi layanan misalnya Google Analytic (GA).

Saat mengintegrasikan WP dengan GA, maka memungkinkan Anda untuk :

  • memeriksa performa web, dan
  • melihat halaman mana saja yang paling sering pengunjung akses,
  • melihat bagaimana website ditemukan oleh pengunjung,
  • dan lainnya.
13. Banyak Fitur / Fasilitas

Keunggulan WordPress lainnya yang menjadi alasan kenapa harus menggunakan CMS ini yaitu banyak fitur / fasilitas. Berikut beberapa fitur di WordPress :

1) Widgets

WordPress menyediakan fasilitas widgets. Dengan fitur ini memungkinkan Anda dapat mengubah-ubah tampilan blog dengan beberapa klik mouse saja (hanya dengan Drag dan Drop).

2) Spam Free (Akismet)

WordPress dilengkapi dengan fitur atau fasilitas aksimet atau spam free. Yaitu fasilitas yang dipergunakan untuk memblokir semua komentar spam dan digunakan untuk memilah-milah komentar yang masuk.

3) Auto Ping

WordPress telah dilengkapi oleh fasilitas auto ping. Sehingga setiap Anda menulis dan mempublish artikel baru maka secara otomatis wordpress akan melakukan ping. Dan memberitahukan layanan penyedia ping bahwa ada artikel baru di website Anda.

4) Kotak Komentar

WordPress memudahkan bagi pengunjung website Anda untuk memberikan komentar terhadap tulisan yang Anda buat. Karena kotak komentar akan otomatis ada dibawah setiap tulisan yang Anda buat.

5) Multiple Authors

WordPress menyediakan fasilitas multiple authors. Sehingga memungkinkan Anda untuk mengundang penulis luar dan wordpress bisa menanganinya dengan skala keamanan yang berjenjang.

Sudah Tahu Keunggulan WordPress, kan!

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan bila membuat website dengan WordPress. Karena memang WordPress punya banyak kelebihan daripada CMS lainnya.

Beberapa kelebihan WordPress di antaranya :

  • instalasi dan update yang relatif mudah,
  • menawarkan potensi tidak terbatas dengan plugin dan theme yang tersedia.
  • bisa diamankan tanpa perlu memahami coding,
  • dan masih banyak yang lainnya.

Sekian informasi mengenai keunggulan wordpress dalam membangun website, semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda. Mohon artikel WordPress ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website