Jenis Website yang Perlu Anda tahu

Di postingan ini kami akan jelaskan perihal Jenis Website yang Perlu Anda tahu. Website merupakan media untuk menampilkan informasi. Awal kemunculannya, informasi yang ditampilkan pada website hanya berupa tulisan. Sebelum memulai pembuatan website seorang web desainer akan menanyakan tujuan Anda membuat website. Apakah akan digunakan sebagai blog pribadi, company profile, toko online, portal berita dan sebagainya.

Jenis Website

Jenis Website yang Perlu Anda Tahu

Pertanyaan di atas bertujuan buat menentukan apakah website Anda memerlukan halaman statis atau dinamis. Hal ini didasarkan pada seberapa sering informasi pada website tersebut akan diperbaharui.

Saat ini berbagai jenis website dapat Anda temukan dengan mudah, tidak hanya menampilkan informasi berupa tulisan saja. Berikut beberapa di antaranya :

  • Website Pribadi
  • Website Toko Online
  • Blog
  • Marketplace / e-Commerce
  • Portal berita dan informasi

Berikut penjelasan singkat dari beberapa website di atas

Website Pribadi

Web pribadi atau personal web ialah jenis website yang dimiliki oleh personal (seorang individu). Walaupun berupa website pribadi tetapi tidak melulu kontennya berisi hal yang bersifat pribadi dari pemilik website tersebut.

Website pribadi isinya juga beragam. Mulai dari kehidupan pribadi, lingkungan sekitar, mempublikasikan keahlian suatu profesi yang dimiliki oleh si pemilik website dan hal-hal umum lainnya. Bahkan ada juga yang sharing ilmu pengetahuan.

Website pribadi didesain dengan tampilan menarik dan ciamik. Saat ini tersedia berbagai layanan yang dapat Anda gunakan untuk membuat website pribadi. Mulai dari yang gratis sampai layanan berbayar. Untuk yang gratis, Anda harus bersedia memiliki alamat website seperti www.penyedia.com/namaanda atau www.namaanda.blogspot.com.

Alamat website seperti contoh di atas tidak disarankan untuk Anda yang ingin memiliki konten lengkap, seperti dengan adanya video dan banyak gambar. Umumnya, penyedia layanan web gratis bakal memberikan resource yang terbatas.

Di samping itu, buat alamat dari web Anda bakal susah bersaing di mesin pencari. Oleh sebab itu kami menyarankan Anda untuk bikin website via layanan penyedia domain dan hosting. Sehingga Anda dapat membuat website yang lebih profesional dengan alamat www.namaanda.com contohnya solehagus.com.

Marketplace / e-Commerce

e-Commerce merupakan website yang menyajikan fitur untuk melakukan kegiatan jual beli suatu produk barang / jasa melalui portal internet. Lazimnya website ini menawarkan fitur menarik dan bisa menggantikan fungsi pada toko offline, misalnya tampilan produk, pemesanan barang, pengecekan produk dan melakukan transaksi online. E-Commerce contohnya lazada, amazon, tokopedia, shopee, bukalapak dan lain sebagainya.

Portal berita dan informasi

Website erita dan informasi termasuk situs yang memuat berita atau artikel untuk dibaca para pengunjung. Biasanya berisi opini dan artikel seputar politik, teknologi dan lain-lain. Situs berita layaknya koran, majalah, dan bulletin online. Adapun karakteristik situs berita tentunya berbeda antara situs berita satu dengan yang lainnya. Contohnya kompas, detik, liputan6, dan lainnya.

Demikian informasi seputar Jenis Website yang Perlu Anda tahu, semoga post kali ini mencerahkan kalian. Mohon post ini dishare supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply