Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang

Ingin tahu lebih dalam tentang domain tingkat atas atau Top Level Domain (TLD) Terbaik? Bila mau, Anda bisa menyimak artikel ini hingga tuntas. Karena artikel ini akan membahas seluk beluk TLD, mulai dari pengertian, kegunaan, hingga jenis-jenisnya.

Domain Tingkat Atas

Definisi TLD

Alamat domain website yang mudah diingat akan lebih mudah orang kunjungi. Inilah kenapa domain jadi salah satu aspek penting dari sebuah website.

Namun, ada hal lain yang mesti Anda pertimbangkan selain nama alamat. Apa itu? Yang perlu Anda pertimbangkan adalah domain tingkat atas atau Top Level Domain (TLD).

Lalu apa itu TLD? TLD adalah ekstensi atau bagian akhir dari suatu domain, seperti .com di ternakwebsite.com. Walaupun terlihat sederhana, tapi TLD juga memegang peranan penting dalam menunjukkan identitas website Anda.

Kelebihan dan Kekurangan TLD

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan domain tingkat atas atau TLD. Berikut penjelasannya :

Kelebihan TLD

  1. Mempermudah dalam memilih ekstensi yang relevan dengan bisnis Anda (sesuai niche bisnis). Jadi Anda dapat membuat nama website yang menunjukkan niche / topik bisnis dengan baik.
  2. Anda dapat memiliki nama domain yang lebih ringkas. Dengan begitu, domain Anda jadi mudah dieja dan mudah diingat pengunjung karena sesuai niche bisnis.
  3. Anda bisa menargetkan pengunjung sesuai dengan lokasi bisnis Anda.
  4. Dengan banyaknya pilihan domain TLD, Anda bisa berkreasi dengan beragam ekstensi domain agar nama domain Anda jadi unik dan menarik.
  5. Domain juga bisa menjadi aset investasi yang menarik. Bahkan, bisnis jual beli nama domain (domain name) cukup menggiurkan.

Kekurangan Domain TLD

1. Mahalnya Harga Sewa Tahunan

Harga sewa tahunan domain tingkat atas (TLD) bisa saja cukup mahal. Bahkan, harganya bisa sampai ratusan ribu rupiah. Dan bisa lebih mahal lagi jika domain tersebut dianggap sebagai domain premium.

Itulah kenapa, Anda harus berhati-hati ketika memilih penyedia domain yang menawarkan domain dengan harga lebih terjangkau dan memiliki banyak pilihan.

2. Pengunjung Masih Asing dengan TLD Tertentu

Domain TLD .com merupakan domain yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. Bahkan, tercatat ada 46,9% dari seluruh nama domain TLD yang terdaftar memakai ekstensi ini. Hal ini berarti mayoritas pengunjung familiar dengan domain .com.

Melihat hal ini, mungkin awalnya sebagian pengunjung akan merasa asing ketika melihat domain TLD, seperti :

  • .fashion,
  • .finance,
  • .studio,
  • dan lainnya.

Namun, sekarang sudah banyak pengunjung yang mulai paham bila ada beragam domain TLD yang tersedia.

Jenis TLD

Sejak tahun 2014, ICANN sudah merilis lebih dari 2 ribu TLD. Dan jumlah ini tentu akan terus bertambah seiring dengan fungsi website yang semakin bervariasi dan perkembangan dunia online.

Walaupun jumlahnya sangat banyak, tapi domain tingkat atas (TLD) dapat dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu :

a. Generic Top Level Domain (gTLD)

Domain tingkat atas (TLD) ini adalah ekstensi domain yang lebih umum dan populer digunakan. Jenis domain ini tidak merujuk ke lokasi geografis tertentu. Berikut beberapa gTLD yang saat ini banyak digunakan :

1. COM

Pasti Anda sudah familiar dengan website .COM. Biasanya, isi website dengan ektesnsi .COM memang ditujukan untuk kebutuhan komersial dan pemasaran. Selain perusahaan, individu juga dapat menggukanan domain .COM.

2. CO

Domain .CO biasa dipakai untuk keperluan bisnis, baik itu :

  • startup,
  • perusahaan,
  • ataupun jenis usaha lainnya.

Untungnya, apapun jenis industri website boleh memilih memakai domain.CO, baik web perusahaan :

  • kuliner,
  • pendidikan,
  • teknologi,
  • dan lainnya.

3. STORE

Domain .STORE biasanya digunakan untuk menunjang website bisnis. Karena, .STORE berasal dari kata “store”, yang berarti toko.

Uniknya, isi website dengan domain .STORE tak harus merujuk ke lokasi geografis tertentu secara spesifik. Sehingga, website Anda dapat memilih target audiens secara nasional ataupun internasional.

4. TECH

Domain .TECH adalah domain tingkat atas (TLD) yang tepat untuk website perusahaan teknologi. Sebab, saat orang-orang mendengar domain dengan ekstensi .TECH, pasti mereka akan menebak bahwa pemilik website tersebut bergerak di industri teknologi.

5. EDU

Domain .EDU diambil dari kata “education” yang artinya pendidikan. Sesuai fungsinya, nama domain .EDU memang digunakan untuk kepentingan situs pendidikan.

Jadi, umumnya penggunanya yaitu situs :

  • sekolah,
  • universitas,
  • atau institusi pendidikan lainnya.

6. BLOG

Jika Anda ingin memperkuat personal branding Anda sebagai blogger, domain tingkat atas .BLOG bisa menjadi ekstensi domain yang tepat.

7. XYZ

Salah satu TLD yang mungkin terdengar asing di telinga Anda adalah domain .XYZ. Padahal, domain .xyz ini dibuat sebagai alternatif domain .COM. Jadi, domain .XYZ merupakan kumpulan inisial dari 3 julukan generasi usia.

Domain ini diharapkan dapat membantu memberi kesan yang lebih unik, modern, dan merangkul berbagai kalangan usia. Khususnya bagi Anda yang target audiens bisnisnya cukup luas.

8. GOV

Domain .GOV berasal dari kata ‘government’ yang artinya pemerintah. Itulah kenapa, nama domain ini memang terbatas untuk situs pemerintahan saja. Bila website yang dibuat bukanlah website resmi pemerintahan, Anda tak akan dapat memakai nama domain ini.

9. ORG

Pemilik website yang menggunakan nama domain tingkat atas ini umumnya adalah organisasi non-profit atau non-komersial. Isi website dengan TLD .ORG biasanya bertujuan untuk mendukung :

  • misi kemanusiaan, dan
  • kegiatan komunitas.

10. NET

Domain .NET adalah ekstensi untuk perusahaan atau organisasi yang berhubungan dengan jaringan (network). Baik website jaringan internet ataupun bisnis teknologi jaringan lainnya.

Meski begitu, sebenarnya Anda dapat memakai nama domain tingkat atas ini untuk berbagai jenis website bisnis ataupun pribadi.

11. BIZ

Domain .BIZ diambil dari kata “business”. Artinya, fungsi domain .BIZ yaitu untuk memperkuat branding situs sebagai website bisnis. Anda dapat memakai domain .BIZ untuk membuat :

  • situs bisnis,
  • toko online,
  • website startup,
  • dan yang lainnya.

b. Country Code Top Level Domain (ccTLD)

ccTLD adalah ekstensi domain yang mewakili kode negara tertentu dan biasanya terdiri dari dua karakter. ccTLD merupakan jenis domain tingkat atas yang jadi favorit banyak orang. Khususnyaa bagi mereka yang mau websitenya dapat rank teratas di hasil pencarian lokal.

Kelebihan Domain ccTLD

  1. Meskipun ccTLD diperuntukkan bagi negara tertentu, tapi Anda tetap bisa mendaftar dengan mudah.
  2. Branding dapat ditingkatkan dengan menggunakan ccTLD yang tepat. Terutama kalau Anda mau meningkatkan citra sebagai brand lokal, ccTLD membantu target audiens mengidentifikasi asal situs Anda.
  3. Umumnya, ekstensi domain memang tak berdampak pada performa SEO. Karena, Google lebih fokus ke relevansi isi website daripada domain yang dipakai. Meski demikian, ccTLD berpotensi meningkatkan performa local SEO. Karena, Google lebih merekomendasikan situs sesuai kode domain negara calon visitor.

Kekurangan Domain ccTLD

  1. Secara branding ccTLD kurang cocok untuk target audiens internasional / global, meskipun jangkauan TLD ini sebenarnya sama dengan ekstensi domain lainnya.
  2. Biaya sewa ccTLD memang lebih mahal dibandingkan ekstensi domain pada umumnya.

Kode ccTLD

Tiap negara memiliki country code top level domain (ccTLD) yang berbeda. Di Indonesia sendiri menggunakan ccTLD dengan ekstensi .id atau domain .id.

Selain .id, masih banyak kode ccTLD lainnya, seperti :

  • .cn (China)
  • .de (Jerman)
  • .eu (Uni Eropa)
  • .es (Spanyol)
  • .fr (Prancis)
  • .in (India)
  • .jp (Jepang)
  • .us (Amerika Serikat)
  • .uk (Inggris)

Masing-masing ccTLD hanya terdiri dari 2 huruf saja. Hal ini karena kedua huruf tersebut dibuat berdasarkan ISO Code. ISO Code adalah kode yang mewakili suatu wilayah.

Kode domain negara ini cocok bila Anda menargetkan audiens pada wilayah tertentu. Contohnya, bila target audiens hanya berasal dari Indonesia, maka Anda bisa memakai domain .id.

c. Sponsored Top Level Domain (sTLD)

sTLD adalah jenis domain tingkat atas (TLD) yang digunakan untuk situs-situs organisasi atau agensi swasta. Di antaranya seperti:

  • .aero (Industri Penerbangan)
  • .edu (Institusi pendidikan)
  • .gov (Pemerintah)
  • .jobs (Pengelola Sumber Daya Manusia)
  • .museum (Museum)
  • .post (Jasa pengiriman)
  • .travel (Agen travel)

Karena sTLD mewakili suatu komunitas/organisasi, maka Anda harus memenuhi persyaratan khusus untuk dapat memakainya. Contohnya, domain .aero harus dipakai oleh web yang berasal dari industri  penerbangan. Bila tidak, maka TLD-nya tak akan bisa dipakai.

Baca juga : Tips Cerdas Memilih Nama Domain

Pilih Domain Tingkat Atas (TLD) Terbaik untuk Website Anda!

TLD merupakan salah satu bagian penting dari domain. Di artikel ini, Anda telah mempelajari berbagai hal terkait TLD mulai dari pengertian hingga jenisnya. Apapun TLD yang akan Anda pilih, tapi pastikan memang sesuai dengan tema dan tujuan website Anda.

Rekomendasi untuk Anda yang mau beli domain TLD terbaik bisa klik link atau bisa kunjungi artikel kami di Kategori WebHosting.

Demikian info terkait dengan jenis domain tingkat atas terbaik yang ada sekarang, semoga post ini membantu Anda. Tolong artikel seputar domain ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Plugin Toko Online Terbaik
Plugin Toko Online Terbaik Saat Ini
Theme Woocommerce Terbaik
Theme WooCommerce Terbaik untuk Toko Online
Plugin AdSense Terbaik
Plugin AdSense Terbaik untuk Memasang Iklan di Website
Theme Portofolio Terbaik
Theme Portofolio Terbaik untuk Web Agency dan Freelance