Definisi Domain yang Mesti Diketahui

Di postingan ini kami akan bahas tentang definisi domain yang mesti diketahui. Saat Anda searching di internet, mungkin sering mendengar dengan yang namanya domain dan hosting. Apalagi kalau baru bikin website, mungkin Anda akan bingung mengenai bedanya domain dan hosting.

definisi domain

Pengertian dan Definisi Domain

Apa itu domain? Domain merupakan sebuah nama atau alamat yang digunakan untuk mengunjungi suatu website seperti google.com. Sedangkan pengertian hosting adalah tempat dimana website dan domain tersebut tinggal. Domain ialah identitas website yang ada di internet. Domain merupakan nama unik website Anda yang artinya satu-satunya dan hanya Andalah pemiliknya.

Domain diibarakan sebagai sebuah alamat. Tiap komputer yang berhubungan satu dengan yang lainnya akan memiliki alamat IP (IP Address). Tapi, alamat IP yang berbentuk deretan angka akan sulit untuk dihafalkan. Karena itu munculah yang disebut dengan nama domain (domain name). Sebenarnya, domain itu sendiri merupakan alat pengingat untuk memudahkan manusia dalam mengakses komputer di internet.

Ibaratnya seperti nama merek dagang, yang tidak dapat digunakan oleh orang lain. Dan seperti itu juga yang namanya domain. Contohnya seperti ternakwebsite.com, gamaspro.com dll. Apakah ada website lain di internet yang menggunakan nama ternakwebsite atau gamaspro sama persis. Tidak ada bukan. Sebab nama domain itu hanyalah milik kami dan tak ada orang lain yang dapat menirunya secara sama persis.

Kenapa disebut mempermudah?

Sebab dalam jaringan komputer ada yang biasanya dinamakan dengan nomor IP. Itulah kode yang dipakai komputer untuk mengakses suatu website. Karena dibalik nama domain apakah itu ternakwebsite.com, gamaspro.com, google.com, facebook.com pasti ada yang namanya alamat ip. Misalnya gamaspro.com alamat ip-nya 203.30.132.233 (hanya perumpamaan). Dan itu hanya satu website.

Bayangkan saja bila tak ada nama domain dan Anda mau buka beberapa website di internet. Apakah Anda ingat semua angka dari alamat IP-nya? Meskipun ingat, pasti susah bukan. Disinilah peran penting dari adanya nama domain yaitu untuk mempermudah mengingat nama website. Dan bila diibaratkan, domain itu seperti buku telepon pada sebuah handphone. Anda tentu lebih mengingat nama dari pada nomor telepon seseorang.

Siapa yang bertanggung jawab mengurus nama domain?

Domain Name dikelola oleh suatu organisasi nonprofit yang bernama ICANN. Organisasi ini mengatur bagaimana agar domain TLD bisa sampai sekarang ini. Domain mengarah ke web hosting melalui DNS Server dan DNS mengarahkan domain pada web hosting.

Tiap web hosting punya IP Address. IP Address inilah yang jadi alamat web hosting. Domain hanyalah alat buat mempermudah manusia dalam menuliskan alamat web. Bayangkan bila kita mesti mengingat 12 digit nomor buat mengunjungi google, atau IP address versi 6 yang mencapai 16 digit.

Sekian informasi perihal definisi domain yang mesti diketahui, semoga post ini mencerahkan Anda. Tolong post ini disebarluaskan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply