Cara Setting Yoast SEO Terbaru dan Lengkap

bannerlbo

Cara setting Yoast SEO cukuplah mudah untuk dilakukan. Namun Anda harus sedikit bersabar saat melakukan pengaturan Yoast. Tujuannya, agar artikel yang dibuat muncul di halaman teratas mesin pencari seperti Google dengan keyword yang telah Anda tentukan. Yoast SEO merupakan plugin yang cukup banyak dipakai oleh pemilik website. Hal tersebut disebabkan karena fitur SEO yang dimiliki Yoast cukup lengkap.

Cara Setting Yoast SEO

Fitur Plugin Yoast SEO

Fitur yang dimiliki oleh Yoast SEO cukup lengkap untuk meningkatkan SEO suatu website. Berikut ini beberapa fitur menarik yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan setting Yoast SEO :

  • Mengubah Judul SEO dan meta deskripsi di setiap postingan;
  • Meta Robot dan konfigurasinya;
  • Verifikasi webmaster tools, seperti Google, Bing, Yandex, dll;
  • XML sitemap;
  • Breadcrumbs;
  • Permalinks;
  • Google snippet;
  • Fitur analysis,
  • dll.

Cara Pengaturan Yoast SEO

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu menginstal dan mengaktifkan plugin Yoast SEO. Untuk detail tentang cara menginstal plugin, silakan ikuti tutorial cara instal plugin WordPress. Setelah plugin Yoast SEO aktif, maka Anda akan melihat menu di bagian sebelah kiri dengan nama SEO.

Perlu Anda ingat, setingan yang dilakukan pada tutorial ini yaitu yang digunakan di website kami. Bila mau setting Yoast SEO ini, silakan Anda ikuti langkah demi langkah agar sesuai dengan tutorial.

a. Langkah 1: Transfer Data

Kebanyakan pemilik website biasanya memakai plugin SEO lain selain Yoast seperti :

  • All in One SEO Pack,
  • RankMath,
  • dll.

Bila Anda sebelumnya memakai plugin SEO lain dan mau Yoast bekerja secara maksimal lakukan cara ini :

  • Sebelum menonaktifkan plugin SEO lain, pastikan semua pengaturan telah dipindahkan ke plugin Yoast SEO.
  • Untuk melakukan transfer setingan, kami menyarankan memakai plugin SEO Data Transporter by StudioPress. Bila website Anda merupakan website baru, silakan lewati langkah setting Yoast SEO ini.
b. Langkah 2: Umum

Langkah setting Yoast SEO selanjutnya adalah pengaturan umum. Silakan klik pada menu Umum. Akan tampil 4 tab yaitu Dasbor, Fitur, Integrasi, dan Webmaster Tools.

Setting Umum

1. Fitur

Aktifkan fitur yang memang Anda inginkan. Kami menyarankan beberapa fitur yang diaktifkan seperti :

  • Analisis SEO (untuk pengisian meta tag seperti title, deskripsi, dan keyword)
  • Analisis keterbacaan
  • Konten landasan
  • Penghitung tautan teks
  • Peta situs XML
  • Menu bar admin
  • Keamanan

XML Sitemaps

Sitemap XML adalah bagian terpenting yang harus dimiliki pada website Anda. Hal ini untuk mempermudah mesin pencari seperti Google dalam mengindex konten yang Anda buat. Cara membuat Sitemap XML lewat setting Yoast SEO sangatlah mudah. Anda hanya tinggal aktifkan “Peta situs XML” di menu Fitur.

2. Integrasi

Aktifkan fitur yang memang Anda inginkan seperti SEMrush.

3. Webmaster Tools

Bila Anda sudah paham mengenai SEO, pasti pernah mendengar kalau mesin pencari yang cukup populer. Mesin pencari atau search engine populer tersebut seperti Google, Bing, Yandex, dll. Mesin pencari ini mengijinkan pemilik untuk menambahkan website mereka dengan memakai webmaster tools.

Dengan webmaster tools memungkinkan Anda untuk melihat insight dan data tentang website dari mesin pencari. Untuk melakukan verifikasi website dan melihat data laporan tentang website dalam setting Yoast SEO ada beberapa hal yang harus dilakukan. Seperti Anda harus :

  • menambahkan kode traking ke website, atau
  • mengupload file dari webmaster ke hosting di mana website tersebut berada.

Kebanyakan pemula, belum tahu bagaimana menambahkan kode traking. Sehingga Yoast SEO menyediakan fitur tersebut agar lebih mudah dipakai. Caranya cukup mudah. Baca saja artikel Panduan verifikasi Google Search Console (GSC) ini.

c. Langkah 3: Tampilan Pencarian

Langkah setting Yoast SEO berikutnya yaitu pengaturan pada tampilan pencarian. Ada beberapa tab pada menu Tampilan Pencarian, berikut penjelasannya.

Setting Tampilan Pencarian

1. Umum

Pada bagian ini ada beberapa setting yang harus dilakukan :

a) Pemisah Judul

Pilih simbol yang akan dipakai sebagai pemisah judul Anda. Ini akan menampilkan, misalnya, antara judul artikel dan nama website Anda. Simbol pemisah ini ditampilkan dengan ukuran sama dengan yang akan muncul di hasil pencarian.

Anda bisa memilih simbol yang mau dipakai sebagai pemisah antara judul. Untuk pilihan default yaitu tanda strip, Anda bisa memakai tanda tersebut secara default.

b) Beranda

Inilah yang ditampilkan dalam hasil pencarian saat orang menemukan beranda Anda. Dengan kata lain kemungkinan seperti inilah yang akan terlihat saat mereka mencari nama merek Anda.

Tahapan setting Yoast SEO ini untuk menentukan title halaman utama website Anda. Secara default kolom tersebut akan diisi oleh Judul SEO dan Deskripsi meta. Biasanya untuk kolom Judul SEO sudah terisi secara default. Anda hanya perlu mengisi bagian “deskripsi meta” sesuai dengan deskripsi website yang Anda kelola.

c) Pengaturan Sosial

Gambar, judul, dan deskripsi yang dipakai ketika tautan ke beranda Anda di-share di media sosial.

d) Judul Sosial

Ini sama dengan pada penjelan “Beranda”.

2. Jenis Pos

Pada bagian ini Anda bisa melakukan pengaturan bagaimana judul postingan saat tampil di mesin pencari. Disarankan untuk bagian ini dibiarkan saja dalam posisi default (posisi aktif semua). Sedangkan untuk deskripsi meta dikosongkan dan Judul SEO menggunakan setingan default.

3. Media

Di bagian Media, Anda bisa setting “Ya”.

4. Taksonomi

Pada bagian Taksonomi, Anda bisa melakukan setting Judul SEO dan meta deskripsi untuk berbagai hal seperti kategori, tag, dan format. Anda dapat membiarkannya secara default.

5. Arsip

Bila website punya lebih dari 1 orang penulis, silakan Anda aktifkan bagian ini. Sebaliknya jika hanya 1 orang, silakan untuk mendisabled bagian Arsip Penulis.

6. Breadcrums

Breadcrumbs ini sangat berguna untuk melakukan internal linking, sebab akan terlihat struktur dari konten website Anda. Selain itu, breadcrums pun akan tampil di hasil pencarian mesin pencari. Untuk mengaktifkannya, pada bagian “Cara menyisipkan breadcrumbs dalam tema Anda” statusnya dibuat Aktif.

7. RSS

Pada bagian RSS, bisa Anda abaikan atau setting Yoast SEO secara default. Namun bila ingin disetting, Anda bisa isi kotak yang kosong.

Jangan lupa setiap selesai melakukan pengaturan simpan perubahan dengan menekan tombol “Simpan perubahan”.

Catatan :

Agar konten ditampilkan pada Sitemap XML atau hasil pencarian maka klik “Aktifkan”. Pengaturan ini ada pada bagian Jenis Konten, Taksonomi dan Arsip.

d. Langkah 4: Sosial

Langkah setting Yoast SEO selanjutnya ialah pengaturan pada media sosial Anda. Plugin ini memiliki fitur yang cukup lengkap. Anda dapat mengintegrasikan akun sosial media seperti Facebook, Twitter dan Pinteres dengan website.

Setting Sosial

1. Akun

Pada bagian menu Social silakan klik tab Akun. Kemudian masukkan akun sosial media yang dimiliki pada kolom Profile sosial organisasi. Yang dimasukkan berupa url dari profil masing-masing akun sosial media Anda.

Hal ini berguna untuk memberitahu mesin pencari (search engine) tentang akun sosial media website Anda. Setelah selesai melakukan setting Yoast SEO ini silakan klik tombol Save Changes.

2. Facebook

Pada bagian / tab Facebook, Anda pastikan “data meta Open Graph” dalam keadaan aktif atau enabled. Ini akan menambahkan open graph meta data Facebook ke dalam bagian <head> website Anda. Hal tersebut berguna sebagai thumbnail website yang tampil saat Anda membagikan postingan di Facebook.

Pada bagian “Gambar Standar”, silakan masukkan gambar yang Anda ingin. Gambar ini digunakan untuk postingan atau halaman yang tak memiliki gambar.

3. Twitter

Anda juga dapat menambahkan Twitter card pada bagian tag head lewat plugin Yoast SEO. Untuk bagian “Tipe kartu standar untuk digunakan” kami sarankan untuk menggunakan Ringkasan.

4. Pinterest

Pinterest juga memakai meta data Open Graph. Jadi Anda pastikan meta data Open Graph di tab Facebook statusnya enabled (aktif).

Setting Yoast SEO selanjutnya silakan lakukan verifikasi dengan mengunjungi link “mengkonfirmasi situs Anda dengan Pinterest”. Setelah itu masukkan kode verifikasi yang diberikan Pinterest ke dalam kolom “Konfirmasi Pinterest”.

Setelah selesai untuk menyelesaikan setting di atas usahakan selalu lakukan penyimpanan perubahan. Dengan cara klik tombol “Simpan perubahan”.

e. Langkah 5: Alat

Pada bagian setting Yoast SEO ini terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan, yaitu:

  • Impor dan Expor: pada bagian ini dapat digunakan untuk mengimpor atau mengeksport setingan yang ada pada Yoast SEO.
  • Penyuntingan Berkas: berguna untuk melakukan perubahan pada file .htaccess dan robots.txt.
  • Editor Massal: berguna untuk melakukan perubahan pada judul dan deskripsi setiap postingan Anda.
  • Optimalkan Data SEO

Penggunaan Yoast SEO pada Postingan

Setelah selesai melakukan setting Yoast SEO, selanjutnya yaitu Anda terapkan pada postingan. Hal ini dilakukan agar tiap postingan Anda akan teroptimasi dengan baik.

Untuk pemakaiannya juga cukup mudah. Sebab Anda tinggal melihat Analisis yang berada di bagian bawah editor postingan. Berikut beberapa indikator dalam plugin Yoast SEO :

1. Masukkan Keyword

Silakan untuk memasukkan focus keyword pada kolom “Frasa kata utama” yang sebelumnya sudah Anda tentukan. Biasanya maksimal keyword adalah 4 kata.

2. Masukkan Judul SEO (Meta Title)

Pada bagian Judul SEO Anda akan melihat kolom isian untuk mengisi meta title dari postingan. Silakan isi dengan judul yang sesuai dengan keyword konten Anda. Judul tersebut akan tampil di hasil pencarian mesin pencari.

Bila tak diisi, Yoast SEO akan memakai judul postingan Anda secara otomatis. Pastikan meta title berisi keyword yang Anda tentukan. Idealnya Anda harus menuliskan judul sampai bar di bawahnya berwarna hijau. Ini artinya panjang judul telah mencapai batas optimal.

3. Masukkan Meta Description

Di bagian bawah kolom Judul SEO terdapat kolom Slug dan deskripsi meta. Silakan masukkan deskripsi singkat dan menarik dari artikel Anda yang mengandung keyword di kolom “Deskripsi Meta”.

Isi deskripsi sampai bar berwarna hijau. Pastikan juga Anda menyertakan keyword utama postingan Anda. Pastikan juga menyertakan keyword utama postingan Anda. Pastikan juga pada slug mengandung keyword.

4. Tambahkan Meta Keyword

Fitur meta keyword bisa Anda gunakan bila plugin Yoast SEO Anda sudah versi premium. Ada setting Yoast SEO khusus untuk menambahkan meta keyword.

5. Masukkan Keyword di Heading

Silakan masukkan keyword pada subjudul di postingan Anda. Kami menyarankan untuk memasukkan keyword di subjudul H2. Hindari terlalu banyak keyword di subjudul. Sebenarnya satu saja cukup yaitu di H2.

6. Perhatikan Keyword Density

Anda akan melihat keyword density pada postingan. Keyword density yaitu perbandingan jumlah keyword dengan jumlah kata pada postingan. Pastikan keyword density berwarna hijau.

7. Tambahkan Internal dan External Link

Silakan untuk menambahkan internal dan eksternal link. Internal link yakni link yang mengarah ke salah satu postingan yang ada di website Anda. Sedangkan eksternal link yaitu link yang mengarah ke website lain.

8. Tambahkan Keyword pada Gambar

Silakan untuk menambahkan keyword pada alt tag gambar.

9. Jumlah Kata

Ada jumlah minimum kata pada artikel agar mendapatkan hasil SEO yang optimal menggunakan Yoast SEO. Minimal katanya yaitu 300 kata, lebih banyak lebih bagus.

Saatnya Melakukan Setting Yoast SEO

Setelah menyelesaikan panduan setting Yoast SEO (versi 17.8) ini diharapkan Anda sudah bisa melakukan optimasi website yang dikelola. Bila pengaturan dan optimasi yang dilakukan sudah benar, website Anda bisa bersaing di mesin pencari untuk mendapat peringkat terbaik.

Pastikan saat Anda menulis artikel untuk optimasi SEO dengan Yoast SEO selalu perhatikan bagian “Analisis SEO”. Analisis SEO dari artikel usahakan berwarna hijau semua. Bila masih ada yang berwarna kuning atau bahkan merah, itu artinya masih belum optimal optimasi SEOnya.

Analisis Yoast SEO

Sekian informasi mengenai cara setting yoast seo terbaru dan lengkap, semoga post kali ini berguna untuk kalian. Mohon artikel setting plugin SEO ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat. Bila belum punya waktu untuk melakukan pengaturan ini, kami siap membantu. Saat ini kami buka jasa kelola website profesional untuk pengaturan Yoast SEO dan lainnya.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Website WordPress
Setting Robot TXT
Cara Setting Robots TXT di Website
Belajar HTML Dasar
Belajar HTML Dasar bagi Pemula Lengkap
Platform Website Terbaik
Platform Website Terbaik bagi Pemula dan Profesional

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Teknik SEO

SEO Off Page SEO On Page Technical SEO

Tips SEO

Copywriting Error Website Tips SEO Lain

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Jasa Digital Theme Tools Website Webhosting
Diztro Theme
Diztro Theme Toko Online Indonesia
Olzhop Theme
Olzhop Theme Toko Online Terbaru
Tokow Theme
Tokow Theme Template Toko Online Terbaik untuk WordPress
Struktur Google Ads
Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan
Cara Kerja Google Ads
Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian
Layanan Google Ads
Layanan Google Ads atau Adwords
Google Keyword Planner
Panen Kata Kunci dengan Google Keyword Planner