Cara Pintar Memilih Hosting Terbaik untuk Website Anda

Topik kita kali ini ialah cara pintar memilih hosting terbaik untuk website Anda. Hosting sangat dibutuhkan untuk kebutuha penyimpanan website dan program Anda. Memilih layanan hosting yang tersedia saat ini memang tidak semudah yang dipikirkan. Mengingat banyak sekali penyedia atau provider layanan hosting seperti halnya hosting lokal.

Cara Pintar Memilih Hosting Terbaik

Cara Pintar Memilih Hosting Terbaik

Setidaknya ada beberapa cara pintar memilih hosting terbaik untuk website Anda. Di bawah ini beberapa fitur yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih layanan hosting.

a. Uptime

Cara pintar memilih hosting yang pertama adalah uptime. Uptime yaitu hosting dapat menjalankan website selama 24×7. Dan ini merupakan salah satu hal paling penting yang harus dimiliki oleh sebuah hosting untuk website. Karena website Anda akan dijalankan selama 24 jam. Sehingga Anda memerlukan sebuah hosting yang punya performa server dan konektivitas maksimal.

Tentu Anda tak mau pengunjung (visitor) meninggalkan website karena tak bisa diakses. Nilai uptime berkisar hingga 95,5% ke atas adalah yang paling direkomendasikan. Untuk mengetahuinya, Anda dapat melakukan pengecekan dengan tool untuk memonitor server tersebut. Anda juga bisa melihat langsung keterangan tentang uptime di website penyedia layanan hosting yang akan dipakai.

b. Terdapat Pilihan Upgrade

Pastikan layanan hosting yang akan digunakan apakah memiliki layanan untuk melakukan upgrade jika website melebihi limit. Namun bila Anda punya rencana untuk mengelola website dengan kebutuhan resource hosting yang besar, disarankan untuk menggunakan VPS.

Baca : Jenis Hosting Website

c. Fitur Addon Domain

Cara pintar memilih hosting untuk ternak website adalah fasilitas addon domain. Harga dari sebuah domain terbilang relatif murah yaitu hanya berkisar 100 ribuan untuk satu tahun penuh. Untuk Anda yang berencana mengelola atau ternak website, pastikan paket hosting yang akan digunakan punya fitur addon domain unlimited.

Add-on domain merupakan domain yang diarahkan ke sub-direktori suatu website. Contohnya sebuah alamat website: domain-A.com, lalu ditambahkan (add-on) doman-B.com. Kemudian add-on tersebut diarahkan untuk menampilkan apa yang ada di domain-A.com/sub-direktori/.

Saat domain-B.com/index.html diakses, maka para pengunjung tak akan merasakan adanya perbedaan. Domain-B.com akan tampil layaknya seperti domain/website pada umumnya. Padahal yang ditampilkan sebenarnya berada di domain-A.com/sub-direktori/index.html.

Fitur add-on domain ini berbagi dengan domain utama dalam segala hal, termasuk diskspace, bandwidth dan juga cPanel. Anda tak akan mendapatkan cPanel untuk setiap add-on domain yang ditambahkan. Semua diatur dalam satu cPanel domain utama dalam contoh ini cPanel domain-A.com. Pembuatan FTP account dan email untuk domain-B.com bisa dikerjakan di cPanel domain utama (domain-A.com). Jadi add-on domain tak mendapatkan cPanel tersendiri. Tapi secara fungsi dan fitur, sama saja dengan domain / account biasa.

d. Garansi uang kembali

Anda harus memastikan hosting yang akan digunakan memberikan garansi / jaminan uang kembali. Karena Anda belum mengetahui masalah yang akan dihadapi saat memakai hosting tersebut.

e. Harga pertama dan perpanjangan

Sebelum menyewa hosting, pastikan untuk melakukan pengecekan harga paket hosting yang ditawarkan. Yaitu antara harga untuk pendaftaran baru dan harga perpanjangan. Apakah harga pendaftaran baru tetap sama atau malah jauh lebih mahal dengan harga perpanjangannya.

Catatan:

Hal ini di luar dari kenaikan harga hosting yang bisa sewaktu-waktu berubah. Akan lebih menguntungkan bila memilih layanan hosting dengan diskon yang cukup besar untuk pembelian paket hosting pertama kali. Ini salah satu cara pintar memilih hosting yang harus diperhatikan.

f. Support 24 Jam

Support 24 jam merupakan hal wajib yang harus ada untuk layanan hosting yang akan dipakai. Fasilitas ini akan berguna bila Anda memerlukan bantuan saat website mengalami gangguan pada malam atau dini hari. Layanan hosting terbaik akan menyediakan support 24 jam untuk membantu para pelanggannya.

g. Control Panel yang Mudah Digunakan

Control panel merupakan tool yang akan memudahkan dalam mengelola website pada akun hosting. Mulai dari melakukan instalasi website, membuat email, hingga melakukan maintenance pada website. Oleh sebab itu, pastikan control panel yang disediakan penyedia hosting bisa dengan mudah Anda pakai.

Pengelolaan website tanpa kontrol panel biasanya butuh kemampuan teknis server dengan perintah command. Pengelolaan tanpa control panel ini biasanya ditemukan di paket hostiing Virtual Private Server (VPS). Bila Anda belum mahir soal maintenance teknis website, sebaiknya Anda tak menggunakan VPS.

Dari sekian banyak pertimbangan atau cara pintar memilih hosting di atas, tidak mesti semuanya harus ada. Yang terpenting sesuaikan dengan tujuan membuat website dan budget Anda.

Demikian info terkait dengan cara pintar memilih hosting terbaik untuk website Anda, kami harap postingan kali ini bermanfaat buat Anda. Mohon postingan memilih hosting berkualitas ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website