Cara Menurunkan Spam Score Website Lengkap

Apa itu spam score website? Dan bagaimana cara menurunkan spam score website yang tinggi? Temukan jawabannya hanya di artikel ini. Jadi baca artikel ini hingga selesai bila mau tahu spam score dan cara mengatasinya.

Menurunkan Spam Score Website

Definisi Spam Score

Tahu cara cek spam score pada website jadi penting bagi Anda yang berkecimpung di dunia digital, khususnya pemilik website. Dengan mengetahui spam score pada website, pemilik website bisa memperhatikan kesehatan website miliknya.

Bila website tiba-tiba terblokir oleh Google, maka salah satu kemungkinannya adalah karena spam score website yang terlalu tinggi. Oleh karena itu, penting bagi pemilik website untuk tahu cara cek dan menurunkan spam score website.

Apa Itu Spam Score?

Spam score merupakan persentase dari website yang punya kesamaan fitur dengan halaman tersebut yang sudah di penalti oleh Google. Penilaian spam score (SS) ini dikembangkan oleh Moz yang mana pertama kali diperkenalkan pada tahun 2015.

Spam score terbagi jadi beberapa skala, yaitu :

  • Skala 1 – 30% tergolong rendah atau bagus;
  • Skala 31 – 60% tergolong sedang;
  • Skala 61 – 100% tergolong tinggi atau berbahaya.

Nilai tingkat spam score (SS) yang tinggi itu menandakan bahwa website tersebut kurang berkualitas dan relevan. Oleh sebab itu, Moz menyarankan pemilik website untuk menyelidiki lebih lanjut kualitas dan relevansi website mereka.

Bila spam score yang tinggi tak Anda tangani, maka hal ini akan berdampak pada kesehatan website. Risiko terburuknya ialah website bisa hilang karena tak muncul di halaman hasil pencarian (SERP).

Oleh karenanya, penting untuk Anda memahami cara :

  • mengecek spam score pada domain website, dan
  • mengambil tindakan yang diperlukan untuk menurunkan spam score website jika diperlukan.
Penyebab Spam Score Tinggi

Sebelum tahu cara menurunkan spam score website, Anda harus tahu penyebabnya terlebih dahulu. Lalu apa penyebab spam score tinggi? Penyebab spam score tinggi bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa faktor tersebut :

1. Backlink

Backlink berperan dalam menaikkan peringkat website pada mesin pencarian (SERP). Tapi, salah penggunaan backlink yang salah bisa mengakibatkan spam score website meningkat.

Contoh salah pemakaian backlink yaitu menggunakan jenis toxic backlink yang paling banyak digunakan untuk proses optimasi.

2. Anchor Text

Anchor text ini berupa potongan teks berisi tautan (link) yang bisa orang klik. Pemakaian anchor text yang tak relevan dengan konten bisa mengakibatkan spam score website meningkat.

3. Konten

Konten pada website harus berkualitas dan tak melanggar peraturan supaya tak terkena hukuman / penalty search engine. Misalnya konten yang mengandung unsur :

  • pornografi,
  • judi,
  • jual beli senjata ilegal,
  • dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu, konten website pun harus original dan terhindar dari plagiarisme atau mengambil karya orang lain.

4. Template Website

Pemakaian nulled theme atau versi bajakan dari theme berbayar bisa mengakibatkan spam score website meningkat. Kami menyarankan untuk :

  • memakai fitur berbayar pada theme, dan
  • menghindari pemakaian theme gratisan karena rawan berisi malware.

5. Keyword

Pemakaian kata kunci (keyword) yang tak tepat bisa mengakibatkan spam score website meningkat. Penggunaan kata kunci yang tak tepat seperti keyword stuffing atau spamming. Jadi gunakan keyword yang seperlunya saja.

Cara Cek Spam Score Domain

Spam score memainkan peran penting dalam menentukan kesehatan suatu website. Oleh karenanya, kami sarankan untuk Anda secara teratur memeriksa spam score domain website.

Ada beberapa cara untuk memeriksa spam score domain website. Berikut ini caranya :

  1. Kunjungi situs yang menyediakan layanan pemeriksaan nilai spam score (SS), seperti :
  1. Masukkan URL domain atau website yang mau Anda periksa.
  2. Lalu klik tombol “cek”.
  3. Tunggu hingga proses pemeriksaan selesai, dan Anda akan mendapatkan hasil spam score beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Cara Turunkan Spam Score Domain

Setelah mengecek spam score website dan hasilnya kurang memuaskan atau terlalu tinggi maka Anda harus bisa menurunkannya. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya masalah yang nantinya menyerang website misalnya diblokir mesin pencari.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan spam score website. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk turunkan spam score domain / website :

a. Tingkatkan Kualitas Website Anda

Untuk menurunkan spam score website cara yang pertama adalah meningkatkan kualitas website Anda. Caranya adalah dengan :

  • mengoptimalkan konten,
  • meningkatkan kecepatan website, dan
  • memberikan pengalaman pengguna yang baik.

Di mana semakin baik kualitas website Anda, maka semakin rendah spam score website Anda.

b. Perbaiki Kualitas Backlink

Salah satu penyebab naiknya spam score adalah terkait backlink. Jadi untuk menurunkannya Anda harus mengatasi masalah backlink website Anda. Berikut beberapa cara menurunkan spam score website dari sisi backlink.

1. Perhatikan Rasio Dofollow dan Nofollow

Periksa rasio dofollow dan nofollow pada backlink website Anda. Terlalu banyak backlink dofollow bisa dianggap mencurigakan dan bisa meningkatkan spam score website.

2. Menghapus Broken Link

Broken link atau link yang tak berfungsi bisa :

  • mempengaruhi pengalaman pengguna, dan
  • menurunkan kualitas website Anda.

Jadi Anda harus pastikan untuk memperbaiki atau menghapus broken link. Untuk mengatasi broken link website atau link tak berfungsi bisa ikuti tutorialnya di sini.

3. Bersihkan Backlink yang Buruk

Backlink dari website spam atau tak terkait bisa meningkatkan spam score domain website Anda. Bersihkan backlink yang buruk pada website Anda. Anda harus fokus pada membangun backlink yang berkualitas.

4. Disavow

Disavow artinya penolakan. Jadi ibaratnya kita putus hubungan dengan web / blog yang punya Spam Score tinggi. Langkah disavow adalah langkah paling akhir Anda pilih. Jangan sampai keliru menolak (disavow) pada website yang potensial atau sesama bloger.

c. Perhatikan Kualitas Konten

Selain backlink penyebab naiknya spam score juga karena konten website. Untuk menurunkan spam score website yang tinggi dari sisi konten yaitu :

1. Artikel Organik

Perbanyak menulis artikel organik daripada artikel bersponsor dengan perbandingan 3:1. Artinya, bila Anda menerima 1 job artikel bersponsor (backlink), maka Anda harus menulis 3 artikel yang tidak bersponsor atau artikel bebas.

Tentu saja dalam penulisan artikel tersebut tetap harus memperhatikan kaidah SEO. Hal ini supaya artikel tersebut bisa terlacak di mesin pencari.

2. Hapus Konten Duplikat

Konten duplikat atau tak asli / orisinil bisa :

  • merusak reputasi website Anda, dan
  • meningkatkan spam score domain.

Jadi, hapus atau ubah konten yang duplikat atau tak orisinil.

3. Mengurangi Penggunaan Meta Tag

Meta tag yang berlebihan atau tidak relevan bisa menunjukkan bahwa website Anda tak berkualitas dan mencurigakan. Jadi, pastikan Anda hanya memakai meta tag yang relevan dan terkait dengan website Anda.

4. Kurangi Keyword Stuffing

Terlalu banyak penggunaan kata kunci (keyword) atau keyword stuffing pada konten Anda bisa dianggap spam. Gunakan keyword dengan bijak dan sesuai konteks konten dan website.

5. Hapus Komentar Spam

Bila website Anda punya fitur komentar, pastikan Anda memantau dan menghapus komentar spam secara teratur.

d. Cara Lain

Selain cara di atas berikut beberapa cara menurunkan spam score website yang tinggi lainnya :

1. Menggunakan SSL

Memasang SSL (Secure Sockets Layer) atau HTTPS pada web bisa membantu menurunkan spam score website. Hal ini karena SSL menunjukkan bahwa website Anda aman dan bisa dipercaya.

2. Hindari TLD yang Berbau Spam

Beberapa TLD (Top Level Domain) sering dikaitkan dengan website spam misalnya .biz, .info, atau .xyz. Jadi hindari memakai TLD yang berbau spam. Lebih baik Anda gunakan TLD yang lebih umum seperti .com atau .org.

3. Hapus Malware

Website yang terinfeksi malware bisa dianggap sebagai website spam. Hal ini bisa meningkatkan spam score domain website Anda. Pastikan website Anda terlindungi dari malware dan virus.

Siap Menurunkan Spam Score Website Anda!

Berbagai cara dalam artikel ini bisa membantu menurunkan spam score website Anda. Tapi, perlu diingat bahwa spam score bukan satu-satunya faktor yang menentukan peringkat website Anda.

Hal ini karena perlu juga memperhatikan faktor lain seperti :

  • kualitas konten,
  • backlink yang berkualitas, dan
  • kecepatan website,
  • dan sebagainya.

Demikian informasi mengenai cara menurunkan spam score website lengkap, kami harap artikel ini bermanfaat untuk Anda. Mohon post tips SEO ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website