Cara Mengoptimasi Meta Tag di Website

bannerlbo

Mengapa meta tag harus dioptimasi? Lalu bagaimana cara untuk mengoptimasi meta tag yang baik dan benar di website? Untuk mengetahui jawabannya simak baik-baik artikel cara optimasi meta tag yang baik dan benar untuk website Anda ini.

Mengoptimasi Meta Tag

Meningkatkan Peringkat dan Traffic

Membuat website muncul di halaman pertama / teratas hasil pencarian itu relatif sulit. Kenapa? Karena selain banyak kompetitor, algoritma penentuan ranking hasil pencarian Google pun susah untuk ditebak. Itulah kenapa Anda harus terus melakukan mengoptimasi website supaya bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

Salah satu cara untuk meningkatkan peringkat dan traffic website adalah dengan optimasi SEO. Dalam praktek teknik SEO, Anda akan menemukan berbagai perintah, salah satunya untuk mengoptimasi meta tag.

Apa itu Meta Tag?

Meta Tag adalah deskripsi yang ditampilkan atau muncul pada halaman hasil pencarian ketika Anda sedang berselancar di dunia maya. Secara sederhana, meta tag adalah deskripsi dari sebuah konten website atau aplikasi. Meta tag akan menjelaskan tentang isi dari konten Anda pada Google.

Perlu Anda ketahui bahwa meta tag tak ada di dalam konten. Tapi, umumnya meta tag ini terletak di bagian “head” dalam halaman source code. Meta tag ini ditempatkan pada header website dan dituliskan dalam bentuk HTML. Tapi, bila tak punya pengetahuan mengenai HTML, Anda bisa memakai plugin SEO untuk mengoptimasi meta tag.

Mengapa Meta Tag pada Website Penting?

Kualitas konten website bukanlah satu-satunya hal yang harus Anda perhatikan untuk bisa bersaing di mesin pencari (search engine). Bayangkan, dari ribuan website yang tampil di hasil pencarian, hanya ada 3 website teratas.

Di mana 3 website tersebut memiliki kesempatan paling besar untuk mendapatkan pengunjung secara maksimal. Inilah alasan mengapa peringkat teratas menjadi rebutan.

Meta tag juga merupakan salah satu teknik SEO. Oleh sebab itu meta tag penting untuk diperhatikan. Anda perlu mengoptimasi meta tag agar website Anda bisa muncul di halaman pertama mesin pencari.

Mendongkrak peringkat website di halaman pencarian memakai SEO merupakan cara efektif yang dapat Anda lakukan. Untuk melakukannya Anda perlu menambahkan meta tag pada postingan.

Jenis Meta Tag

Sebelum mengoptimasi meta tag, Anda harus tahu dulu jenis-jenisnya. Meta tag sendiri terdiri dari 3 jenis, yaitu :

  • meta title (tag title),
  • meta description, dan
  • meta keyword.

Simak penjelasan ketiganya di bawah ini.

a. Meta Title (Title Tag)

SEO atau Meta title merupakan judul yang muncul di halaman hasil pencarian. Anda bisa klik meta title atau judul SEO ini untuk masuk ke halaman website yang dituju. Meta title atau SEO title ada di bagian paling atas dari masing-masing hasil pencarian. Meta title atau judul akan menginformasikan isi konten pada para pengunjung.

Meta title bisa Anda isi dengan penjelasan singkat tentang tema atau topik yang diulas. Hal ini berfungsi untuk memberitahu sistem mengenai hal apa yang mau Anda sampaikan.

Judul Meta pun berguna untuk memberitahu Anda apa pokok isi halaman tersebut. Meta title sendiri bisa Anda edit memakai kode HTML. Tapi, bila memakai WordPress, Anda tinggal menuliskan judul pada kolom SEO Title.

b. Meta Description

Salah satu langkah mengoptimasi meta tag adalah dengan mengisi meta description. Meta description (deskripsi meta) adalah cuplikan maupun rangkuman konten suatu website yang muncul di halaman hasil pencarian search engine. Meta description ini terletak di bawah meta title.

Deskripsi meta ini akan memberikan gambaran tentang informasi dari konten website Anda yang bisa dilihat di halaman hasil pencarian. Sebelum membuka link artikel, pengunjung bisa tahu lebih dulu gambaran konten Anda.

Selain itu, dengan Anda menuliskan deskripsi yang jelas, ringkas, dan menarik, maka website akan berpeluang lebih tinggi untuk mendapatkan traffic. Jadi meta description memiliki dua fungsi yaitu :

  • memudahkan mesin pencari (search engine) tahu ringkasan konten Anda.
  • menarik perhatian para pengunjung untuk mengunjungi dan mengakses website Anda.

Baca Juga : Cara Menambahkan Meta Description

c. Meta Keyword

Meta keywords berisi informasi kata kunci (keyword) pada sebuah website. Kata kunci (keyword) diperlukan untuk memberi tahu mesin pencari (search engine) tentang isi postingan dan artikel website Anda.

Selain itu, pastikan memakai kata kunci (keyword) yang relevan dengan konten website Anda. Kata kunci tersebut pun harus ada dalam konten Anda. Google saat ini sudah sangat pintar dalam menganalisis sebuah konten website. Sehingga Anda tak dapat sembarang memasukkan kata kunci.

Menambahkan meta keyword sebenarnya tidaklah sulit. Anda dapat memakai plugin SEO. Sehingga Anda tak perlu bersentuhan langsung dengan coding sedikit pun karena bantuan plugin. Anda tinggal mengisi beberapa kata kunci (keyword) konten Anda pada kolom meta keyword.

Fungsi Meta Tag

Mengapa harus mengoptimasi meta tag? Dan kenapa meta tag perlu dipasang pada halaman website? Jawabannya adalah agar Google mudah mengindeks website Anda. Google akan mencocokkan keyword pada halaman dengan pencarian.

Selain itu, pengguna internet bisa dengan mudah mengetahui secara umum isi dari konten website Anda. Meta description pun bisa dipakai untuk menarik perhatian pengguna supaya meng-klik website Anda. Menulis atau mengisi meta title dan description dengan isi yang menarik bisa meningkatkan traffic website Anda.

Lantas apakah meta tag berperan penting terhadap ranking hasil pencarian di mesin pencari seperti Google?

Sebetulnya, algoritma Google dalam meranking halaman website yaitu teka-teki yang susah dipecahkan. Google saat ini makin pintar dalam membaca dan menafsirkan isi konten website Anda. Sehingga isi website yang penuh dengan kata kunci tak dapat mengelabui Google.

Google pun pernah menyatakan tak lagi memakai meta keyword dalam algoritma dalam menentukan hasil pencarian. Tapi, beberapa ahli SEO menyarankan supaya Anda tetap menambahkan meta keyword. Karena dengan menambahkan meta keyword bisa mengoptimasi website.

Selain itu, meta tag masih sangat dibutuhkan. Sebab meta tag berperan penting dalam memberikan informasi tentang judul dan deskripsi halaman website pada pengguna.

Cara Memasang Meta Tag

Sekarang mari simak panduan cara mengoptimasi meta tag untuk website Anda. Beberapa hal yang jadi prosedur wajib untuk SEO pada website yaitu :

  • meta title,
  • meta description, dan
  • meta keyword.

Sebenarnya Anda dapat melakukannya dengan mudah. Hanya saja, Anda tak bisa asal-asalan sebab tujuan akhirnya yaitu peningkatan performa di search engine. Berikut susunan meta tag yang benar dalam kode HTML yaitu :

  • Meta title: <Title>Title Website Anda</Title>
  • Meta Description : <Meta Content=‘Description Website Anda’ Name=‘Description’/>
  • Meta Keyword : <Meta Content=‘Keyword Website Anda’ Name=‘Keywords’/>

Bagi Anda pengguna WordPress, Anda bisa dengan mudah memasang dan mengoptimasi meta tag dengan plugin Yoast SEO. Anda bisa membaca artikel cara setting Yoast SEO agar tahu bagaimana memasang dan menambahkan meta title, meta description, dan meta keyword.

Untuk langkah-langkah lebih lengkapnya tentang cara memasang dan mengoptimasi meta tag silakan klik link di atas. Di sini kami hanya akan menambahkan beberapa hal saja yaitu :

Membuat judul SEO Friendly

Berikut beberapa cara terbaik untuk membuat judul SEO friendly (meta title) yang dapat Anda terapkan :

  • Buatlah judul yang unik dan menarik;
  • Hindari membuat judul terlalu panjang (usahakan di bawah 60 karakter);
  • Sisipkan target keyword atau kata kunci pada judul;
  • Judul sesuai isi konten bukan suatu clickbait.

Membuat Meta Description

Berikut beberapa cara untuk membuat meta description yang baik.

  • Tulis deskripsi yang sesuai dengan isi konten website;
  • Buatlah deskripsi yang menarik dan layak klik namun bukan sebuah clickbait;
  • Usahakan buat meta description yang tak terlalu pendek maupun panjang;
  • Sisipkan target keyword atau kata kunci pada meta description.

Mengoptimasi Meta Tag di Website Sekarang

Salah satu cara untuk mengoptimalkan peringkat di hasil pencarian Anda yaitu mengoptimasi meta tag. Di mana melalui judul dan deskripsi ini bisa menginformasikan isi konten suatu website. Jadi dengan menambahkan meta tag (judul dan deskripsi) yang menarik, akan membuat pengguna tertarik mengunjungi website Anda.

Tapi, perlu Anda ketahui bahwa teknik optimasi meta tag bukan satu-satunya cara untuk mengoptimasi website. Bila memakai WordPress, Anda bisa memakai plugin SEO untuk memudahkan dalam mengoptimasi meta tag.

Walaupun begitu pemakaian meta tag bukan satu-satunya kunci sukses agar website Anda berada di peringkat teratas. Menambahkan meta tag hanya salah satu cara optimasi on page SEO untuk website Anda. Ada banyak trik SEO yang bisa Anda terapkan di website Anda.

Kami telah menyediakan artikel Panduan Belajar SEO yang bisa Anda pelajari di website ini. Selain kami juga membuka layanan optimasi SEO bagi Anda yang membutuhkan.

Sekian informasi mengenai cara mengoptimasi meta tag di website, kami harap post kali ini membantu kawan-kawan semua. Mohon post optimasi meta ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Website WordPress
Setting Robot TXT
Cara Setting Robots TXT di Website
Belajar HTML Dasar
Belajar HTML Dasar bagi Pemula Lengkap
Platform Website Terbaik
Platform Website Terbaik bagi Pemula dan Profesional

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Teknik SEO

SEO Off Page SEO On Page Technical SEO

Tips SEO

Copywriting Error Website Tips SEO Lain

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Jasa Digital Theme Tools Website Webhosting
Diztro Theme
Diztro Theme Toko Online Indonesia
Olzhop Theme
Olzhop Theme Toko Online Terbaru
Tokow Theme
Tokow Theme Template Toko Online Terbaik untuk WordPress
Struktur Google Ads
Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan
Cara Kerja Google Ads
Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian
Layanan Google Ads
Layanan Google Ads atau Adwords
Google Keyword Planner
Panen Kata Kunci dengan Google Keyword Planner