Cara Mengindeks Artikel Website di Google secara Mudah

Apakah link artikel atau website Anda belum terindeks mesin pencari? Mau submit link tapi webmaster toolsnya sedang sibuk? Tenang sekarang Anda bisa mengindeks artikel website di mesin pencari Google dengan lebih mudah. Karena ada tools dan plugin yang bisa membantu. Simak artikel ini hingga selesai.

Cara Mengindeks Artikel Website di Google

Cara Mengindeks Artikel Website di Google

Rank Math tidak hanya memiliki plugin SEO dengan segudang fitur canggih. Namun Rank Math juga meluncurkan plugin tambahan yang bernama Instant Indexing for Google.

Tapi sebelum menggunakan tool canggih untuk mengindeks artikel website ini, pastikan website Anda sudah terverivikasi di Google Search Console. Untuk cara verifikasi website di Google Search Console bisa lihat link yang ada.

Plugin tambahan ini sangat powerfull untuk digunakan supaya artikel yang baru dibuat dapat langsung terindex di Google. Kabar baiknya lagi plugin Instant Indexing for Google dari Rank Math ini bisa didownload secara gratis di WordPress.

Dengan adanya plugin Instant Indexing ini, Anda tidak mesti bersusah payah submit url artikel di google webmaster console. Anda cukup submit lewat dashboard admin wordpress, dan dalam hitungan detik artikel sudah dikirimkan untuk di-index oleh google bot crawler. Cara mengindeks artikel website dengan plugin ini relatif simple dan mudah.

A. Setting Indexing dengan Plugin

Sampai saat ini, proses pengaturan plugin instant indexing bisa dibilang sangat ribet dan membingungkan bagi pemula. Pihak Rank Math saat ini belum membuat suatu proses sederhana dalam melakukan pengaturan plugin ini yang dapat dengan mudah dilakukan.

Di sini kami berusaha menjelaskan langkah-langkah cara mengindeks artikel website dengan plugin instant indexing sesimpel dan sesederhana mungkin. Tutorial pengaturan ini menggunakan versi bahasa indonesia.

1. Google API Console

Langkah pertama untuk cara mengindeks artikel website dengan plugin yaitu Anda harus membuat project baru di Google API Console. Caranya :

a) Membuat Project Baru

Anda login ke akun google terlebih dahulu. Lalu buka web Google API Console atau klik di sini untuk membuat project baru. Setelah itu centang “Persyaratan Layanan” dan pilih “ya”, lalu klik “Setuju dan lanjutkan”.

Namun biasanya bila sudah pernah bikin project, setelah klik link Google API akan keluar halaman yang mengharuskan memilih suatu projek. Anda tinggal pilih “Buat project” dan Lanjutkan.

Tunggu sampai proses pembuatan API selesai, biasanya memerlukan waktu tidak lebih dari 10 detik. Dan jika muncul gambar seperti dibawah ini, itu berarti Anda telah berhasil membuat API console. Lalu Anda klik “Buka kredensial”.

b) Membuat Akun Layanan

Tahap selanjutnya adalah membuat akun layanan. Anda klik menu garis tiga pada kiri atas, lalu pilih “IAM & Admin” dan pilih “Akun layanan”.

Maka akan tampil halaman “Akun layanan”, lalu Anda klik “BUAT AKUN LAYANAN”.

Setelah itu akan muncul beberapa form yang harus diisi seperti :

  • Nama akun layanan : isi sesuai dengan nama yang diinginkan, ini sebagai penanda saja agar mudah diingat, pada contoh di bawah kami beri nama Ternak Website.
  • ID akun layanan : isi sesusai dengan nama yang diinginkan, di sini kami samakan saja dengan yang di atas agar lebih mudah diingat.
  • Deskripsi akun layanan : isi bagian deskripsi sesuai pilihan, di sini kami isi deskripsi Instant Indexing untuk Ternak Website agar mudah di ingat.

Setelah semua bagian diisi, jangan lupa untuk mencopy bagian “ID akun layanan” di notepad. Karena setiap akun ID-nya berbeda-beda, dan ID ini diperlukan pada step selanjutnya. Di sini service account id yang kami miliki seperti ini :

ternak-website@clean-trail-295203.iam.gserviceaccount.com

Lalu klik “BUAT”

Selanjutnya Anda perlu menambahkan Peran. Anda pilih Pemilik pada kolom “Pilih Peran” dan klik “Lanjutkan”.

Lalu klik tombol “SELESAI” di bawahnya.

c) Membuat Kunci Akun

Selesai, Anda sudah menambahkan dan membuat akun layanan, selanjutnya adalah membuat Key / kunci. Pilih titik tiga pada menu Tindakan dan pilih “Buat Kunci”.

Pada tahap ini akan membuka jendela pop up. Di sini pilihlah kunci atau key type dalam format JSON dan klik “BUAT”. Maka secara otomatis Anda akan mendownload file JSON yang berisi key / kunci. File key / kunci berekstensi JSON nanti akan Anda gunakan pada settingan plugin instant indexing di wordpress admin.

2. Google Serach Console

Anda sudah selesai melakukan langkah A dari rangkaian cara mengindeks artikel website. Selanjutnya lanjut ke langkah B (google search console) yaitu memasukan pemilik baru pada website (wordpress) yang Anda miliki. Silahkan Anda masuk ke google search console.

Klik “menu Setelan”, maka selanjutnya akan masuk pada halaman “Setelan”. Pilih bagian “Pengguna dan izin”, maka akan tampil daftar pengguna (secara default yang tampil adalah akun webmaster Anda sendiri). Lalu klik titik tiga pada nama pemilik yang ada dan pilih “Kelola pemilik properti”.

Selanjutnya, Anda akan menambahkan pemilik baru. Klik “Tambahkan pemilik” pada tombol bawah di menu Pemilik yang diverifikasi. Lalu copy paste “ID akun layanan” yang telah Anda buat di langkah A dan klik “Lanjutkan”.

Sampai tahap ini Anda selesai menambahkan pemilik baru.

3. Plugin Instant Indexing

Langkah selanjutnya dari rangkaian cara mengindeks artikel website di google adalah Anda harus download, install dan aktifkan plugin Instant Indexing for Google. Untuk cara installnya bisa baca : Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan.

Buka file JSON yang sudah Anda download sebelumnya dan copy paste kedalam kolom JSON key pada pengaturan plugin instant indexing. Lalu klik “Simpan Perubahan”.

B. Pengetesan Indexing

Untuk mengetahui apakah pengaturan plugin instant indexing for google sudah dikonfigurasi dengan benar, Anda bisa melakukan pengetesan. Test cara mengindeks artikel website dengan plugin ini yaitu Anda masukan link url ke dalam menu console plugin instant indexing. Langkahnya klik tab menu Console, lalu isi dengan url artikel / homepage website yang akan di tes.

Jika muncul sukses dan jumlah api limit berkurang, berarti langkah pengaturan instant indexing sudah berhasil dan selesai. API limits perharinya adalah 200, artinya Anda bisa mengirimkan link artikel website sebanyak 200 kali per hari. Yang dibagi per 100 link di dalam console plugin instant indexing ini.

Dengan menggunakan plugin Instant Indexing, Anda bisa dengan mudah melakukan index url postingan artikel secara cepat dan instan. Tanpa Anda harus masuk ke dalam google webmaster atau search console lagi.

Cara mengindeks artikel website ini jauh lebih cepat dari pada submit URL secara manual. Sistem kerja plugin instant indexing ini adalah dengan mengirimkan URL request ke search consol menggunakan API google sehingga prosesnya berjalan dengan sangat cepat.

Sekian informasi mengenai Cara Mengindeks Artikel Website Di Google Secara Mudah, kami harap artikel ini berguna buat kawan-kawan semua. Mohon artikel tutorial indexing ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi : Jasa Artikel LBO Profesional

Leave a Reply

Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Mendapatkan Income dari Program Paid Backlink
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Belajar HTML Dasar bagi Pemula Lengkap
Platform Website Terbaik bagi Pemula dan Profesional

Dasar SEO

Copywriting Pengenalan SEO Riset Keyword SEO Lainnya

Error Website

HTTPS Code Masalah Lain Masalah Umum

Teknik SEO

SEO Off Page SEO On Page Technical SEO Tips SEO

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Jasa Digital Oketheme Pelatihan Tools Webhosting
Layanan Digital Marketing Agency untuk Bisnis
Diztro Theme
Diztro Theme Toko Online Indonesia
Olzhop Theme
Olzhop Theme Toko Online Terbaru
Strategi Search Engine Marketing untuk Iklan Bisnis
Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan
Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian
Layanan Google Ads atau Adwords