Cara Menggunakan GTMetrix untuk Mengecek Kecepatan Website

Tak bisa dipungkiri kecepatan suatu website merupakan hal penting yang juga menentukan peringkat di search engine. Sekitar 47% pengunjung mengharapkan konten website tampil dalam 2 detik. Sedangkan 40% pengunjung akan meninggalkan website bila loadingnya lebih dari 3 detik. Anda dapat menggunakan GTMetrix untuk mengatasi hal tersebut.

Menggunakan GTMetrix

Tool GTMetrix

GTMetrix merupakan salah satu tool yang digunakan untuk menganalisa performa sebuah website. GTMetrix memiliki tujuh wilayah pengetesan, Vancouver Canada sebagai wilayah default pengetesan.

Sebuah tool bisa membantu dalam mengukur kecepatan website dan mengecek perubahan pada situasi tertentu. Tool GTMetrix menyediakan fitur yang bisa digunakan untuk pengecekan dan optimasi website. GTMetrix merupakan gabungan dari tool milik Google dan Yahoo. Sehingga pastinya memberikan optimasi website yang lebih optimal.

GTMetrix pun memberikan penjelasan yang cukup mudah dipahami tentang hasil pengecekan pada website sebelum nantinya Anda bisa melakukan optimasi. Cara menggunakan GTMetrix juga cukup mudah. Anda hanya perlu memasukkan URL website untuk menganalisis website. Tunggu beberapa saat dan Anda akan melihat hasilnya.

Keunggulan utama dari tool GTMetrix yang bisa Anda manfaatkan yaitu :

  • dipakai untuk tahu performa website dari segi kecepatan loading.
  • berguna dalam melakukan pemantauan performa website.

Cara Memakai GTMetrix

Berikut langkah-langkah untuk mengecek kecepatan suatu website dengan menggunakan GTMetrix :

a. Buka Website GTMetrix

Masukkan alamat website yang ingin dianalisis. Untuk melanjutkan, silakan klik tombol Analyze.

b. Tunggu Analisis

Tunggu beberapa saat hingga proses analisis selesai dan tampil hasilnya. Dengan menggunakan GTMetrix akan terlihat hasil dari :

  • Google Page Speed,
  • skor YSlow,
  • Loading Time, dan
  • Page Size.

c. Dapatkan Hasil Analisis

Cukup penting untuk memahami setiap penjelasan pada masing-masing tab supaya Anda dapat melakukan pengaturan untuk meningkatkan kecepatan website.

d. Membaca Hasil Analisis

Tahapan ini merupakan langkah yang sangat penting dalam memahami hasil analisis GTMetrix. Hal ini supaya Anda dapat melakukan perbaikan sesuai dengan saran yang diberikan.

Hasil analisis GTMetrix terbagi menjadi enam bagian, yaitu :

  • Page Speed,
  • YSlow,
  • Waterfall,
  • Timings,
  • Video, dan
  • History.

Berikut adalah penjelasan lengkap hasil analisis menggunakan GTMetrix :

1. Page Speed

Pada bagian paling kiri Anda dapat melihat tab PageSpeed contohnya PageSpeed Score 82%. Untuk meningkatkan skor ini, Anda dapat melakukan optimasi pada bagian website yang masih memiliki skor rendah.

2. YSlow

YSlow adalah bagian dari hasil analisis website. Sama seperti Google Page Speed, hasil analisis yang ditampilkan YSlow juga yang menyebabkan penurunan performa. Tab ini memberikan saran peningkatan performa halaman website serta memberikan rincian statistik yang ada pada halaman website Anda.

Hasil analisis saat menggunakan GTMetrix pada YSlow biasanya berbeda dengan PageSpeed. Karena YSlow menggunakan kriteria yang berbeda.

3. Waterfall

Selanjutnya adalah Waterfall. Dalam grafik yang tersedia Anda akan melihat bar berwarna ungu. Ini adalah lama waktu sampai request selesai dan Anda dapat melihat waktu dalam hitungan detik yang ada di bagian kanan. Anda juga dapat melihat link apa saja yang menyebabkan kecepatan loading berkurang dengan mengarahkan kursor ke bagian GET.

4. Timings

Tab Timings akan menampilkan hasil analisis lanjutan, termasuk durasi loading halaman. Rincian yang tersedia di sini berupa redirect time, connect time, backend time, dan sebagainya. Pada bagian ini Anda dapat melihat proses pengetesan website dalam bentuk video.

Anda perlu login terlebih dahulu sebelum melakukan pengetesan. Seperti namanya, tab History berisi data pengetesan website yang pernah Anda lakukan sebelumnya. History akan otomatis terhapus setelah 30 hari jika Anda tidak memiliki akun.

5. Video

Pada bagian ini Anda dapat melihat proses pengetesan website dalam bentuk video. Anda perlu login terlebih dahulu sebelum melakukan pengetesan.

6. History

Seperti namanya, tab History berisi data pengetesan website yang pernah Anda lakukan sebelumnya. History akan otomatis terhapus setelah 30 hari jika Anda tidak memiliki akun.

Baca juga : Google PageSpeed Insight

Optimasi Website setelah Menggunakan GTMetrix

Setelah menjalankan pengetesan, silakan mulai lakukan optimasi pada website Anda agar skor tes meningkat. Anda bisa memakai tool ini kembali yaitu untuk :

  • memonitor perubahan yang Anda lakukan, dan
  • mengecek apakah skornya naik atau tidak.

GTMetrix adalah tool sederhana yang dapat Anda pakai kapan saja. Walaupun terbilang sederhana, namun tool GTMetrix punya berbagai macam parameter. Yaitu parameter untuk meningkatkan kecepatan website Anda.

Kami sangat menganjurkan Anda untuk selalu melakukan pengecekan pada website. Salah satunya dengan memakai GTMetrix. Terutama setelah melakukan optimasi ataupun pengembangan. Hal ini dibutuhkan untuk memastikan kecepatan loading website Anda.

Demikian info mengenaiĀ cara menggunakan GTMetrix untuk mengecek kecepatan website Anda, semoga post ini membantu Anda. Mohon post kecepatan website ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Jasa Optimasi Website Berkualitas

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Plugin Toko Online Terbaik
Plugin Toko Online Terbaik Saat Ini
Theme Woocommerce Terbaik
Theme WooCommerce Terbaik untuk Toko Online
Plugin AdSense Terbaik
Plugin AdSense Terbaik untuk Memasang Iklan di Website
Theme Portofolio Terbaik
Theme Portofolio Terbaik untuk Web Agency dan Freelance