Cara Mengecek Kecepatan Website dengan GTMetrix

Kali ini kami akan ulas seputar Inilah Cara Mengecek Kecepatan Website dengan GTMetrix. GTMetrix merupakan salah satu tool yang digunakan untuk menganalisa performa sebuah website. GTMetrix memiliki tujuh wilayah pengetesan, Vancouver Canada sebagai wilayah default pengetesan.

Cara Mengecek Kecepatan Website dengan GTMetrix

Cara Mengecek Kecepatan Website dengan GTMetrix

Berikut langkah-langkah untuk mengecek kecepatan suatu website di GTMetrix :

1. Buka Website GTMetrix

Masukkan alamat website yang ingin dianalisis. Untuk melanjutkan, silakan klik tombol Analyze seperti yang terlihat pada gambar di atas.

2. Tunggu Analisis

Tunggu beberapa saat hingga proses analisis selesai dan tampil hasilnya. Akan terlihat hasil dari Google Page Speed, skor YSlow, Loading Time, dan Page Size.

3. Dapatkan Hasil Analisis

Cukup penting untuk memahami setiap penjelasan pada masing-masing tab supaya Anda dapat melakukan pengaturan untuk meningkatkan kecepatan website.

4. Membaca Hasil Analisis

Tahapan ini merupakan langkah yang sangat penting dalam memahami hasil analisis GTMetrix. Hal ini supaya Anda dapat melakukan perbaikan sesuai dengan saran yang diberikan. Hasil analisis GTMetrix terbagi menjadi enam bagian, yaitu Page Speed, YSlow, Waterfall, Timings, Video, dan History. Berikut adalah penjelasan lengkapnya:

a. Page Speed

Pada bagian paling kiri Anda dapat melihat tab PageSpeed contohnya PageSpeed Score 82%. Untuk meningkatkan skor ini, Anda dapat melakukan optimasi pada bagian website yang masih memiliki skor rendah.

b. YSlow

YSlow adalah bagian dari hasil analisis website. Sama seperti Google Page Speed, hasil analisis yang ditampilkan YSlow juga yang menyebabkan penurunan performa. Tab ini memberikan saran peningkatan performa halaman website serta memberikan rincian statistik yang ada pada halaman website Anda. Hasil analisis pada YSlow biasanya berbeda dengan PageSpeed karena YSlow menggunakan kriteria yang berbeda.

c. Waterfall

Selanjutnya adalah Waterfall. Dalam grafik yang tersedia Anda akan melihat bar berwarna ungu. Ini adalah lama waktu sampai request selesai dan Anda dapat melihat waktu dalam hitungan detik yang ada di bagian kanan. Anda juga dapat melihat link apa saja yang menyebabkan kecepatan loading berkurang dengan mengarahkan kursor ke bagian GET.

d. Timings

Tab Timings akan menampilkan hasil analisis lanjutan, termasuk durasi loading halaman. Rincian yang tersedia di sini berupa redirect time, connect time, backend time, dan sebagainya. Pada bagian ini Anda dapat melihat proses pengetesan website dalam bentuk video. Anda perlu login terlebih dahulu sebelum melakukan pengetesan. Seperti namanya, tab History berisi data pengetesan website yang pernah Anda lakukan sebelumnya. History akan otomatis terhapus setelah 30 hari jika Anda tidak memiliki akun.

e. Video

Pada bagian ini Anda dapat melihat proses pengetesan website dalam bentuk video. Anda perlu login terlebih dahulu sebelum melakukan pengetesan.

f. History

Seperti namanya, tab History berisi data pengetesan website yang pernah Anda lakukan sebelumnya. History akan otomatis terhapus setelah 30 hari jika Anda tidak memiliki akun.

Demikian info mengenai Cara Mengecek Kecepatan Website dengan GTMetrix, semoga post ini membantu Anda. Mohon post ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply