Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Bagus untuk Website

bannerlbo

Apa yang membedakan backlink dari berbagai jenis link lainnya? Mengapa istilah backlink sering muncul di pembahasan SEO? Mengapa kita harus memahami tentang backlink dan menerapkannya di website kita? Bagaimana cara mendapatkan backlink berkualitas untuk website? Semuanya akan dibahas di artikel ini. Oleh karena itu baca artikel ini hingga selesai.

Backlink Berkualitas

Apa Itu Backlink?

Istilah backlink mungkin masih kurang familiar bagi Anda yang baru memulai bikin website. Backlink merupakan sebuah link yang dipasang pada suatu website yang mengarah ke website lainnya. Aktivitas membangun backlink berkualitas dinamakan dengan aktivitas link building.

Ada juga istilah external / outboind link dan internal / inbound link. Jadi ada istilah :

  • Pemberi backlink saat meletakkan link website orang lain di website Anda.
  • Penerima backlink merupakan website yang mendapatkan link dari pemberi backlink.

Walaupun terlihat sederhana, namun backlink memegang peranan yang cukup penting dalam kesuksesan suatu website di mesin pencari.

Mengapa Backlink Itu Penting?

Setelah tahu dan paham apa itu backlink, Anda juga harus mempelajari kenapa backlink berkualitas itu penting bagi website. Apa manfaat yang bisa diperoleh dari backlink dan kenapa Anda juga mesti memanfaatkannya.

Berikut beberapa alasan kenapa backlink itu penting :

a. Google Menemukan Website Anda Melalui Backlink

Mengapa backlink berkualitas itu penting? Karena cara Google menemukan halaman baru untuk ditampilkan di hasil pencariannya. Mesin pencari Google akan selalu melakukan crawling untuk menemukan halaman yang paling relevan dengan keyword tertentu.

Cara kerja Google terkait backlink sama seperti saat manusia memakai peta untuk menemukan lokasi-lokasi baru. Jadi mesin pencari Google memakai backlink untuk :

  • menemukan halaman baru,
  • melakukan crawling di halaman tersebut,
  • memasukkannya ke indeks Google.

Coba pikirkan hal ini. Anda mungkin akan lebih mudah menemukan lokasi baru yang memang terhubung dengan lokasi lainnya? Lokasi terpencil yang tak terhubung dengan lokasi lainnya akan lebih susah ditemukan. Begitu pula dengan halaman website. Suatu halaman website yang tak ada backlink berkualitas dari website lain akan susah untuk ditemukan mesin pencari.

Makin banyak backlink yang diperoleh, maka makin mudah Google menemukan halaman website Anda. Tapi, Anda pun mesti mempertimbangkan kualitas backlink. Anda tak bisa asal-asalan dalam mencari backlink untuk website. Karena backlink tak berkualitas bisa jadi malah akan membuat kerugian bagi website Anda.

b. Backlink Berguna untuk Menjaga Reputasi di Google

Saat orang mencari suatu keyword, maka Google akan berusaha memberikan hasil pencarian terbaik bagi si pengguna / pencari. Google tentu akan mengarahkan pencarian pada berbagai halaman website yang populer.

Bagaimana cara Google dalam menilai sebuah halaman website apakah populer atau tidak? Google memakai backlink sebagai salah satu indikator popularitas suatu halaman website. Jadi makin banyak backlink berkualitas di website Anda, maka semakin baik juga reputasi website di penilaian Google.

c. Backlink Relevan Meningkatkan Kredibilitas Website

Backlink berkualitas jadi salah satu indikator penting bagi Google dalam menentukan popularitas sebuah halaman website. Tapi, Google tak hanya menilai backlink dari kuantitasnya saja. Google pun menilai backlink di website Anda berdasarkan relevansinya.

Apa yang dimaksud dengan backlink relevan? Backlink yang relevan yaitu backlink yang diperoleh website dari niche yang relevan. Misalnya, backlink releven untuk website perusahaan smartphone. Website perusahaan smartphone akan dikatakan punya backlink yang relevan bila mendapatkan backlink dari website yang memiliki niche teknologi. Dengan begitu perusahaan smartphone tersebut dapat dianggap kredibel di mata Google.

Apa yang akan terjadi bila perusahaan smartphone tersebut mendapat backlink dari website dengan niche selain teknologi. Misalnya niche kecantikan, fashion, atau bahkan furnitur. Bila itu terjadi tentu saja Google akan mempertanyakan kredibilitas dari website perusahaan smartphone tersebut. Apakah perusahaan smartphone tersebut cukup kredibel untuk industri gadget dan teknologi?

d. Backlink Mendatangkan Trafik ke Website

Backlink bisa membantu website untuk lebih mudah ditemukan oleh Google. Sehingga website Anda bisa muncul di hasil pencarian. Makin banyak backlink berkualitas yang diperoleh, maka semakin bagus juga penilaian Google terhadap website Anda. Lalu halaman website Anda dapat memperoleh ranking tinggi di hasil pencarian.

Selain trafik yang Anda peroleh dari hasil pencarian Google, backlink pun mendatangkan trafik dari link yang ditanam di website pemberi backlink. Apalagi bila website pemberi backlink tersebut sudah punya reputasi yang bagus di mata Google. Selain itu juga website tersebut sudah memperoleh banyak trafik. Trafik yang diperoleh dari website pemberi backlink tersebut pun akan mengarah ke website Anda.

Strategi Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Backlink yang berkualitas tak diperoleh dengan mudah. Strategi bangun backlink yang berkualitas harus diawali dari konten. Oleh karena itu Anda harus bikin konten / artikel yang lengkap, unik, dan solutif bagi pembaca website Anda. Berikut ini beberapa cara untuk mendapatkan backlink berkualitas yang mengarah ke website Anda.

a. Bangun Kredibilitas

Anda mesti membangun kredibilitas website lebih dulu untuk mendapatkan backlink berkualitas tinggi. Karena pada umumnya website yang memiliki backlink tinggi dan berkualitas hanya bersedia memberikan backlinknya pada website yang berkualitas juga. Oleh sebab itu, Anda harus membangun kredibilitas lebih dulu.

b. Tulis Konten yang Lengkap dan Solutif

Bagaimana caranya membangun kredibilitas website? Tentu jawabannya ada di konten. Pastikan konten di website Anda merupakan konten yang lengkap dan bisa menjawab pertanyaan para pencari. Konten yang Anda tulis pun harus solutif.

Jadi setelah membaca konten / artikel di website Anda, maka pembaca dapat menyelesaikan masalah yang sedang dialaminya. Dengan begitu mereka tak ragu untuk membagikan konten Anda di media sosial atau bahkan websitenya.

c. Buat Konten yang Unik

Selain konten yang lengkap dan solutif, konten Anda pun harus unik. Bila memungkinkan, buatlah konten / artikel website yang belum pernah dibuat oleh orang lain. Sudut pandang yang belum pernah diambil oleh orang lain. Misalnya, Anda dapat melakukan studi kasus mengenai pelanggan atau bisnis Anda. Keunikan konten / artikel website juga akan menarik pemilik website lain untuk menanamkan link ke website Anda.

d. Buat Infografik

Terkadang orang malas untuk membaca paragraf-paragraf panjang. Untuk menyiasati ini, Anda dapat memanfaatkan infografik. Buatlah infografik supaya orang-orang tertarik membaca artikel / konten Anda. Selain itu, orang-orang pun lebih mudah membagikan infografik sebab lebih menarik dan lebih mudah dipahami.

e. Gunakan Tools Backlink

4 cara di atas merupakan cara untuk mendapatkan backlink secara natural. Konten / artikel akan menarik orang untuk meletakkan link website Anda di website mereka jika isinya :

  • bagus,
  • unik,
  • lengkap, dan
  • solutif.

Meski begitu, Anda pun mesti menjemput bola supaya bisa mendapatkan backlink berkualitas. Karena website yang memiliki kualitas backlink bagus harus Anda dekati lebih dulu secara personal. Baru kemudian Anda dapat menanam backlink di sana.

Untuk menemukan beberapa website yang berkualitas, Anda memerlukan bantuan dari pihak ketiga seperti tools Ahrefs. Hingga ini, Ahrefs merupakan tool terbaik untuk menemukan backlink yang berkualitas. Dengan Ahrefs Anda dapat menemukan website yang berkualitas berdasarkan keyword yang relevan dengan bisnis Anda.

Selain itu, Anda pun bisa tahu kredibilitas website lewat :

  • Domain Rating (DR) dan
  • jumlah trafik yang dihasilkan.
f. Gunakan Content Sharing Platform

Kebanyakan orang membagikan konten terbaru suatu website di media sosial. Hal tersebut memang harus dilakukan. Namun, selain membagikan konten di media sosial, Anda pun perlu membagikan konten di content sharing platform.

Content sharing platform yang dapat dimanfaatkan untuk menempatkan link website Anda seperti :

  • Medium,
  • Kompasiana,
  • Hipwee,
  • VIVA Blog,
  • Kaskus,
  • Reddit,
  • SlideShare,
  • dll.

Anda dapat menulis konten / artikel baru yang masih berhubungan dengan topik yang dibahas. Kemudian letakkan link artikel yang Anda inginkan. Dengan begitu Anda akan memperoleh backlink berkualitas dari platform content sharing di atas. Meskipun link-nya bersifat nofollow, cara ini tetap layak Anda terapkan untuk mempromosikan konten website.

g. Lakukan Guest Blogging

Guest blogging merupakan aktivitas menulis artikel yang diterbitkan di website orang lain. Di dalam artikel / konten tersebut diletakkan link yang menuju website Anda. Tapi, Anda harus memilih website yang memiliki trafik tinggi. Supaya guest blogging yang Anda lakukan bisa terasa manfaatnya.

Kriteria dan Contoh Backlink yang Berkualitas

Anda tak bisa asal-asalan dalam mencari backlink untuk website. Google tak hanya menilai backlink dari sisi kuantitas saja, namun segi kualitas juga jadi pertimbangan. Ingat, backlink tak berkualitas hanya akan merugikan website Anda. Jadi Anda perlu menyeleksi backlink dengan teliti supaya mendapatkan backlink berkualitas. Apa saja kriteria backlink yang berkualitas? Berikut 6 kriteria backlink yang punya kualitas tinggi :

a. Relevansi

Anda mesti memperoleh backlink berkualitas yang relevan supaya bisa mendapat dampak positif dari backlink. Bagaimana menentukan website yang relevan dengan website Anda?

Anda harus bikin skala prioritas website yang sangat potensial untuk ditanami / dipasangi backlink. Anda dapat mengelompokkannya jadi beberapa kelompok website potensial. Dari sangat relevan, cukup relevan, sampai tak relevan.

Kelompok backlink yang relevan yaitu kumpulan website yang isinya tentang review berbagai produk tertentu. Misalnya, bisnis Anda yaitu komputer dan laptop. Maka carilah website review yang khusus mereview produk komputer dan laptop.

Di kelompok backlink cukup relevan, Anda dapat memperluas kriteria calon backlink. Seperti Anda dapat mencari website yang postingannya kebanyakan mengenai :

  • teknologi,
  • gadget
  • laptop,
  • komputer,
  • aplikasi,
  • dll.

Pertanyaan selanjutnya, apakah kita dapat menanam / memasang backlink di website yang tak relevan dengan bisnis? Jawabannya yaitu iya dan tidak. Anda dapat menanam / memasang backlink di website yang tak relevan dengan website Anda. Namun ada syarat khususnya yaitu website tersebut harus :

  • punya trafik super tinggi,
  • membahas konten beragam seperti portal berita,
  • dll.

Bila website tersebut tak relevan dengan bisnis dan trafiknya rendah, sebaiknya Anda tinggalkan saja.

b. Punya Pengaruh (Authority)

Relevansi saja tak cukup. Anda pun mesti memastikan website yang akan ditanami / dipasang backlink benar-benar punya kredibilitas dan berpengaruh. Bagaimana cara memastikan kredibilitas sebuah website?

Anda dapat memeriksa kredibilitas website memakai software seperti Ahrefs. Kredibilitas website di Ahrefs diukur memakai skala 1 hingga 100 yang dinamakan dengan Domain Rating (DR). DR mengukur seberapa banyak backlink berkualitas yang diperoleh suatu website tertentu. Makin tinggi nilai DR, maka semakin potensial juga backlink dari website tersebut.

c. Trafik

Selain DR, jumlah trafik yang dihasilkan oleh suatu website juga harus jadi pertimbangan Anda. Hal ini dilakukan sebelum Anda menjadikan website tersebut sebagai backlink. Untuk mengukur seberapa besar trafik yang dihasilkan suatu website per bulannya Anda pun dapat memakai tools Ahrefs. Pastikan website yang akan ditanami / dipasangi backlink berkualitas yang benar-benar memperoleh trafik.

d. Standar Editorial

Perhatikan pula standar editorial konten / artikel website yang akan ditanami backlink. Pada umumnya yang menghasilkan backlink berkualitas bagus yaitu website yang memiliki standar editorial ketat. Website dengan standar editorial ketat seperti :

  • portal berita,
  • blogger kredibel,
  • dll.

e. Kualitas Outbound Link

Website yang memiliki kualitas backlink bagus umumnya hanya akan memberikan backlink pada website berkualitas saja. Oleh sebab itu, Anda harus memperhatikan outbound / eksternal link dari calon website yang akan ditanami backlink. Seperti :

  • Apakah rekam jejak outbound / eksternal link mereka bagus?
  • Apakah mereka memberikan outbound / eksteral link ke website berkualitas atau tidak?

f. Terindeks Google

Terakhir dan yang paling penting supaya mendapat backlink berkualitas yaitu terindeks Google. Website yang akan Anda tanami / pasangi backlink harus sudah terindeks oleh mesin pencari seperti Google. Bila sebuah website tak terindeks Google, sebaiknya ditinggalkan. Karena menanam backlink di website yang tak terindeks Google yaitu hal sia-sia.

Cara mengecek apakah sebuah website telah terindeks Google atau belum cukup mudah. Buka browser Google. Lalu ketik “site:namawebsite.com”. Bila setelah itu tak muncul apa pun, tinggalkan website tersebut

Baca : Pingback WordPress

PingBack WordPress

Sudah saatnya Mendapatkan Backlink Berkualitas

Membangun website dengan backlink yang berkualitas dibutuhkan banyak usaha. Harus diingat sebelum membangun backlink yang berkualitas tinggi, Anda mesti bangun pondasi utamanya lebih dulu, yaitu konten. Sebanyak apa pun backlink yang Anda peroleh, semuanya akan sia-sia tanpa konten yang

  • unik,
  • lengkap, dan
  • berkualitas.

Backlink yang Anda peroleh juga mesti memenuhi kriteria tertentu supaya efeknya bisa dirasakan. Jadi Anda harus selalu melakukan riset lebih dulu sebelum menentukan untuk menanam backlink.

Anda bisa melakukan riset memakai indikator seperti yang sudah disebutkan di atas. Dengan begitu backlink Anda akan membuahkan dampak yang positif di website. Anda juga bisa mendapatkan backlink berkualitas dengan memanfaatkan jasa pasang backlink kami.

Sekian informasi tentang cara mendapatkan backlink berkualitas bagus untuk website, kami harap postingan ini mencerahkan Anda. Mohon postingan praktek SEO Off Page ini disebarluaskan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Website WordPress
Setting Robot TXT
Cara Setting Robots TXT di Website
Belajar HTML Dasar
Belajar HTML Dasar bagi Pemula Lengkap
Platform Website Terbaik
Platform Website Terbaik bagi Pemula dan Profesional

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Teknik SEO

SEO Off Page SEO On Page Technical SEO

Tips SEO

Copywriting Error Website Tips SEO Lain

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Jasa Digital Theme Tools Website Webhosting
Diztro Theme
Diztro Theme Toko Online Indonesia
Olzhop Theme
Olzhop Theme Toko Online Terbaru
Tokow Theme
Tokow Theme Template Toko Online Terbaik untuk WordPress
Struktur Google Ads
Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan
Cara Kerja Google Ads
Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian
Layanan Google Ads
Layanan Google Ads atau Adwords
Google Keyword Planner
Panen Kata Kunci dengan Google Keyword Planner