Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh

Di artikel ini kami akan bahas berkaitan dengan cara menangani komentar spam di website. Sebuah website dengan CMS WordPress yang sudah punya pengunjung lumayan banyak umumnya rentan akan adanya komentar spam. Hal ini tentu sangat menggangu dan bikin kesal Anda sebagai pemilik website tersebut. Karena Anda mesti menghapu komentar spam tersebut satu persatu.

Cara Menangani Komentar SPAM di Website

Komentar spam bisa datang kapan saja. Bahkan, terkadang Anda “diserang” komentar spam dalam jumlah sangat banyak. Jika tidak dikelola dengan baik, komentar spam yang masuk ke website dapat menyulitkan Anda. Terutama ketika sudah dalam taraf mengganggu kinerja website sehingga Anda harus mengeceknya satu per satu.

Cara Menangani Komentar SPAM di Website

Komentar spam sendiri biasanya berisi komentar yang tidak sesuai dengan artikel yang Anda bahas di website. Ada cara menangani komentar spam yang lebih baik dibandingkan harus menghapusnya satu-per-satu. WordPress menyediakan plugin penangkal spam yang ampuh bernama Akismet.

Akismet membantu Anda melakukan penyaringan komentar spam. Komentar jenis ini kebanyakan berasal dari script yang dijalankan secara otomatis. Akibatnya, website Anda akan menerima banyak komentar yang tidak nyambung dengan isi artikel. Akismet akan mengecek semua komentar, menyaring, serta memilah komentar mana yang termasuk spam dan mana yang bukan. Menariknya lagi, Anda dapat menggunakan plugin ini secara gratis.

Fitur:

  • Filter komentar spam.
  • Menampilkan jumlah komentar disetujui.
  • Database spammer yang lengkap.

Biasanya plugin Akismet sudah terinstal secara otomatis pada website yang memakai CMS WordPress. Jadi Anda hanya perlu mengaktifkannya dan melakukan sedikit konfigurasi. Klik Activate pada plugin ini untuk mengaktifkannya.

Apabila plugin ini belum tersedia secara otomatis, Anda dapat menginstalnya melalui dashboard. Langkah-langkahnya yaitu masuk ke dashboard WordPress kemudian pilih Menu Plugin » Tambah Plugin » Akismet. Untuk tutorial lengkapnya dapat Anda lihat pada tutorial Cara Menginstal Plugin di postingan sebelumnya.

Cara Setting Plugin Akismet

Cara menangani komentar spam di website salah satunya dengan menggunakan plugin Akismet. Berikut ini pengaturan dari plugin anti spam Akisemet yaitu :

A. Website (WordPress Anda)
  1. Plugin Akismet biasanya sudah terinstall di website (WordPress), Anda tinggal mengaktifkannya saja.
  2. Setelah plugin Akismet aktif, maka akan muncul pemberitahuan untuk meng-konfigurasi atau meng-aktivasi akun Akismet Anda. Silakan pilih “Set up your Akismet account”.
  3. Anda akan menemukan halaman Eliminate spam from your site. Ada dua pilihan yang tersedia yaitu tombol “Set up your Akismet account” dan link “Manually Enter an API Key”. Link “Manually Enter an API Key” dibuka bila Anda sudah punya API Key dari Akismet. Karena Anda belum punya API Key maka pilih “Set up your Akismet account”.
B. Situs Akismet
  1. Selanjutnya akan muncul halaman baru yaitu website dari Akismet. Dimana pada halaman baru tersebut meminta Anda membuat account Akisemet untuk mendapatkan API Key. Fungsinya tidak lain dan tidak bukan yaitu untuk mengaktifkan plugin Akismet ini. Klik tombol “SET UP YOUR AKISMET ACCOUNT”.
  2. Lalu pilih Personal karena gratis dan Akismet akan dipasang pada website baru yang sifatnya lebih personal, bukan untuk tujuan komersil. Namun bila ingin lebih optimal Anda bisa pilih yang berbayar. Anda klik tombol “Get Personal”.
  3. Akan ada halaman isian form data dan biaya.
  4. Untuk biaya biasanya ditampilkan mulai dari 36$ per tahun, tetapi jika mau yang free geser ke kiri sampai menjadi 0$ per tahun.
  5. Untuk form data yang harus diisi yaitu email, nama Anda dan alamat website. Pilih ketiga kategori yang ada lalu klik tombol “CONTINUE WITH PERSONAL SUBSCRIPTION”.
  6. Selanjutnya akan ada tampilan yang mengharuskan Anda mengisi kode yang dikirim melalui email yang didaftarkan. Buka email yang Anda daftarkan tadi dan masukkan kodenya ke kolom yang tersedia. Klik Continue.
  7. Signup Complete dan API Key akan terkirim di email Anda.
C. Website Anda
  1. Kembali ke website Anda dan buka pengaturan plugin Akismet. Masukkan API Key yang tadi sudah didapatkan ke “Manually Enter an API Key” lalu klik tombol “Connect with API Key”.
  2. Dan selamat website Anda sudah terlindungi dari komentar SPAM.

Sekian info berkaitan dengan cara menangani komentar spam di website, kami harap artikel kali ini membantu Anda. Kami berharap artikel ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply