Cara Membuat Posting dan Page di Website

Di postingan ini kami akan bahas perihal Cara Membuat Posting dan Page di Website. WordPress memang dikenal luas sebagai media blogging yang efektif. Tidak hanya untuk pengguna berprofesi blogger saja. Banyak juga perusahaan yang memanfaatkan website sebagai sarana memperkenalkan bisnis, produk, serta layanan kepada para calon pelanggan.

Cara Membuat Posting dan Page

Cara Membuat Posting dan Page di Website

Memiliki website perusahaan ini seperti mengelola media yang kontennya dapat disesuaikan untuk kepentingan Anda sendiri. Saran kami, bagikan cerita menarik terkait dunia dan bisnis yang Anda geluti, tidak hanya sebatas postingan blog / website monoton yang isinya kurang menarik. Website semestinya menarik dan bisa memengaruhi calon pelanggan untuk menggunakan produk dan layanan yang Anda tawarkan.

Bagaimana Anda dapat mulai menerbitkan artikel di WordPress? Posting ialah kegiatan tulis-menulis atau membuat sebuah artikel yang nantinya akan di-publish di website (WordPress) Anda. Dan hasil dari aktivitas posting bisa dilihat oleh semua orang yang mengakses halaman website Anda.

Cara Membuat Posting

Berikut langkah membuat posting pada WordPress.

1. Pilih “Post”

Masuk pada Dashboard Anda. Pilih Pos >> Tambah Baru atau bisa juga pilih icon (+) di bagian atas lalu pilih Pos.

2. Tulis Artikel

Anda bakal menemukan halaman berikutnya, dimana ada kolom untuk menuliskan judul posting dan juga area untuk menulis posting. Masukkan judul artikel beserta isi artikel (konten). Lalu tekan tombol Add Media jika ingin menambahkan gambar pada postingan. Lalu ada beberapa opsi buat mempercantik tulisan Anda, yang lazimnya juga ada di Aplikasi Office pada umumnya.

3. Tambah Media

Untuk menambahkan konten berupa gambar, video maupun yang lainnya, Anda dapat menggunakan opsi Add Media / Tambah Media. Lalu pilih Select Files dan pilih konten yang ingin di-upload. Tunggu hingga proses upload selesai. Setelah itu Anda dapat menyesuaikan ukuran, title, dan sebagainya pada gambar tersebut. Setelah semuanya sesuai, pilih “Sisipkan ke dalam pos” dan gambar sukses di-unggah serta masuk dalam postingan.

4. Pilih Kategori dan Tags

Di samping itu, Anda pun bisa mengkelompokkan tulisan yang Anda bikin ke dalam kategori tertentu. Bisa dengan bikin kategori baru atau mengikuti kategori yang sudah ada. Pilihan ini dapat Anda temukan pada bagian Kategori (Categories), di sebelah kanan area posting. Bikin kategori baru juga sangat mudah. Anda bisa pilih opsi Tambah Kategori Baru, tulis kategori yang diinginkan, dan klik untuk memberi tanda centang pada kategori tersebut.

Ada pula pilihan Tags yang dapat Anda tambahkan sesuai dengan postingan yang ditulis. Untuk menambahkannya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menuliskan tag tersebut dan pilih Add.

5. Publish

Lalu buat mengubah permalink atau URL postingan yang bakal di-publish, silakan pilih opsi di bawah kolom judul atau title. Kemudian pilih edit dan sesuaikan dengan keinginan Anda. Langkah ini bila diperlukan saja, jika tidak maka abaikan saja. Setelah semua selesai, Anda dapat menerbitkan posting atau artikel tersebut dengan meng-klik tombol Publish.

Cara Membuat Page

Bikin sebuah page (halaman) dengan posting kurang lebih sama seperti tutorial di atas. Bedanya cuma terletak pada pilihan menu untuk bikin pages tersebut. Berikut tutorialnya.

  1. Masuk pada dashboard WordPress Anda.
  2. Pilih menu Laman (Pages) » Tambah Baru, atau dengan cara pilih icon (+) kemudian pilih laman.
  3. Sesudah itu Anda akan masuk pada halaman yang tampilannya sama dengan halaman saat bikin posting di atas, lengkap dengan opsinya. Namun, hal yang membedakan adalah ketika Anda membuat sebuah page tidak terdapat opsi kategori atau tags. Karena halaman itu umumnya dibikin untuk hal yang formal seperti About Us, Contact Me, dan lain-lain.

Sekian informasi tentang Cara Membuat Posting dan Page di Website, semoga artikel ini mencerahkan Anda. Mohon artikel ini dishare biar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi:

Leave a Reply