Cara Membuat Navigasi Website yang Baik

bannerlbo

Apakah Anda tahu cara membuat navigasi website yang baik? Bila belum, Anda bisa ikuti cara yang ada di artikel ini. Oleh karenanya simak artikel ini hingga selesai agar Anda lebih memahaminya.

Membuat Navigasi Website

Struktur Navigasi Website

Navigasi website merupakan bagian penting dari desain web. Website dengan struktur navigasi yang baik bisa membuat pengunjung jadi betah. Bahkan struktur navigasi yang baik bisa saja mendorong untuk melakukan konversi.

Lalu, bagaimana cara membuat navigasi website yang baik? Artikel ini merupakan tempat yang tepat bila Anda mau belajar mengenai navigasi website. Namun sebelumnya Anda harus tahu apa navigasi website itu?

Apa Itu Navigasi Website?

Navigasi website merupakan bagian dari tampilan web yang membantu pengunjung untuk mengakses halaman lain di web tersebut. Adanya navigasi akan mempermudah pengunjung masuk ke halaman yang mereka perlukan dengan lebih cepat.

Navigasi di website biasanya berupa menu yang berisi link ke halaman lain sesuai dengan nama halaman tersebut. Jadi, para pengunjung tahu harus klik link mana untuk mengakses halaman yang mereka inginkan.

Misalnya, saat mengunjungi website TernakWebsite, Anda akan melihat baris menu di bagian atas halaman utama, seperti :

  • Sumber Income,
  • Bikin Website,
  • SEO,
  • Produk DM,
  • SEM
  • dll.

Bila mau melihat materi tentang Search Engine Optimization, Anda cukup klik menu “SEO”. Sekilas, menu navigasi website terlihat remeh. Karena sudah biasa Anda temui di semua website. Tapi, membuat menu dan submenu website / navigasi tak boleh asal-asalan.

Manfaat Navigasi Website

Kenapa navigasi website yang baik itu penting? Berikut ini beberapa manfaat ketika Anda membuat navigasi website yang baik baik untuk pengunjung maupun pemilik web (Anda) :

1. Menurunkan Bounce Rate

Manfaat membuat navigasi website yang pertama yaitu bounce rate turun. 61% pengunjung pergi karena sulit menemukan yang mereka cari di website Anda. Itulah mengapa, Anda harus menawarkan navigasi website yang baik untuk membantu mereka.

Tidak hanya letak menu website harus mudah ditemukan pengunjung, nama menunya pun harus sesuai dengan isi website yang dituju. Hal ini supaya tak membingungkan.

Jika pengunjung dapat menemukan halaman yang dituju dengan mudah, mereka tak akan segera pergi karena kebingungan. Alhasil, bounce rate atau persentase pengunjung yang pergi akan semakin berkurang.

2. Meningkatkan Konversi

Manfaat membuat navigasi website yang kedua yaitu konversi meningkat. Pada web bisnis, menu yang tertata dengan baik akan membuat halaman website mudah untuk ditemukan. Sehingga mendorong pengunjung untuk membeli produk Anda.

Bila menu website Anda sulit dilihat, pengunjung mungkin akan susah menemukan produk yang dicarinya. Akibatnya, mereka dapat frustrasi dan batal melakukan transaksi di website tersebut.

Kesulitan tersebut misalnya karena warnanya tak kontras dengan latar belakang halaman.

User Experience atau UX

3. Membantu Upaya SEO

Manfaat membuat navigasi website yang ketiga yaitu untuk upaya SEO. Menu website yang baik bisa membantu upaya SEO Anda. Karena, dengan susunan menu yang jelas, crawler Google dapat memahami isi dan struktur website Anda dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu. Dengan mempermudah pengunjung website untuk mencari informasi yang mereka perlukan di website, Anda sekaligus meningkatkan user experience mereka.

User experience (UX) yaitu salah satu faktor yang menentukan peringkat website di hasil pencarian. Semakin baik pengalaman pengunjung, maka makin mudah bagi website Anda untuk dapat peringkat tinggi di Google.

Selain itu UX yang baik akan berakibat pada :

  • CTR website yang naik,
  • bounce rate yang turun, dan
  • average time duration yang lama.

4. Memungkinkan Website untuk Mendapatkan Sitelink

Kenapa sistem navigasi sangat penting dalam website? Bila membuat navigasi website yang baik, maka Anda dapat memperoleh sitelink di hasil pencarian Google. Sitelink merupakan beberapa link halaman website Anda yang muncul di bawah link website Anda.

Sitelink menawarkan berbagai manfaat. Di antaranya, website Anda dapat diklik oleh lebih banyak orang. Karena, sitelink hanya muncul untuk website yang ada di peringkat satu dan memakan banyak ruang di layar pengunjung.

Oleh sebab itu, website yanga ada di peringkat kedua dan seterusnya akan terdorong ke bagian bawah hasil pencarian. Karena hal tersebut, kemungkinan pengguna Google klik website tersebut akan berkurang.

Jenis Struktur Navigasi Website

Sebelum membuat navigasi website yang baik, Anda harus tahu jenis dari struktur navigasi website. Ada berbagai jenis struktur navigasi website, yaitu seperti :

a. Struktur Navigasi Global

Menu pada jenis struktur navigasi ini dibuat sama di seluruh halaman website. Baik dari sisi letaknya ataupun link-link di dalamnya.

Struktur navigasi global sangat umum dipakai. Sebab mempermudah pengunjung website untuk mengakses berbagai link penting di halaman apapun. Tidak hanya itu, pengunjung akan tahu di mana mereka akan menemukan menu. Sebab lokasinya yang sama di tiap halaman.

b. Struktur Navigasi Hirarki

Struktur navigasi hirarki memakai link menu yang disesuaikan dengan konteks masing-masing halaman website. Struktur ini paling banyak dipakai pada website berita yang punya banyak sub kategori dari kategori utama.

Misalnya, di halaman kategori SEO, menunya menampilkan link ke sub-kategori, seperti On Page, Off Page, dan Riset Kata Kunci.

Cirinya lagi ketika Anda membuka kategori SEO, maka semua menu di atas akan berubah sesuai dengan sub kategorinya. Tak lupa juga disertakan menu untuk kembali ke menu utama / halaman home.

c. Struktur Navigasi Lokal

Struktur navigasi lokal bukan berupa menu di header, namun internal link di konten halaman. Jenis struktur navigasi website ini biasa di website majalah dan blog. Di mana internal link berfungsi untuk mengarahkan pembaca untuk menyimak artikel terkait.

d. Struktur Navigasi Linear

Bila mengakses website yang memakai struktur navigasi linear, Anda tak akan menemui baris menu. Seperti pada navigasi global dan hierarki.

Di masing-masing halaman website hanya ada 1 link yang membawa Anda ke halaman selanjutnya dengan informasi terkait.

Oleh sebab itu, website dengan struktur navigasi linear berfungsi seperti buku. Anda harus menyimak isinya secara berurutan dari halaman pertama hingga terakhir.

e. Struktur Navigasi Campuran

Tak ada aturan navigasi pada jenis ini. Anda sebagai pemilik website bebas membuat arah internal link pada menu, submenu dan halaman. Navigasi ini adalah gabungan dari navigasi-navigasi sebelumnya.

Tips Merancang Navigasi Website

Ini dia beberapa cara yang perlu Anda lakukan saat akan membuat navigasi website yang baik :

a. Rencanakan dengan Matang / Baik

Untuk membuat navigasi website yang baik atau ramah pengguna, Anda harus merencanakan dengan matang. Buatlah wireframe secermat mungkin, baik secara manual di kertas ataupun memakai beragam tools wireframe.

b. Ketahui Standar Penggunaan dan Penempatan Elemen

Salah satu hal penting yang harus Anda pahami bahwa navigasi website lebih mengutamakan kemudahan pengguna daripada kebebasan kreativitas. Jangan sampai keinginan Anda untuk menumpahkan kreativitas malah akan membuat pemakaian website terkesan rumit.

Pakai tanda yang standar dan familiar supaya pengguna lebih mudah mengeksplorasi website Anda. Misalnya tanda garis tiga bertumpuk atau titik tiga berjajar horizontal yang menunjukkan menu yang bisa diperluas.

c. Gunakan Bahasa yang Digunakan oleh User

Saat membuat navigasi website yang baik Anda harus memperhatikan bahasanya. Pakai bahasa yang sering dipakai atau  familiar bagi pengunjung website Anda.

Hal ini pun berhubungan erat dengan On Page SEO yang memakai kata kunci tertentu pada website Anda. Ini dilakukan supaya website mudah ditemukan pada hasil pencarian di search engine.

d. Pastikan Warna Link Berbeda dari Teks Biasa

Bedakan warna link pada menu dan internal link dengan teks lain dalam halaman website. Jika tidak maka pengunjung belum tentu dapat membedakan keduanya. Alhasil, mereka kesulitan dalam menemukan menu di website Anda.

Agar masalah saat membuat navigasi website itu tak terjadi, Anda dapat memakai warna yang kontras. Misalnya, hitam untuk teks biasa dan biru untuk teks link serta menu.

Bila mau menu lebih jelas, Anda pun dapat membuat teksnya tebal, diberi garis bawah, atau memakai jenis font yang berbeda.

e. Beri Link Secukupnya di Menu Navigasi Website

Link di baris menu Anda tak boleh terlalu banyak supaya tak membingungkan pengunjung website. Solusi membuat navigasi website yang baik yaitu Anda dapat :

  • membagi link atau tautan ke dalam beberapa kategori, dan
  • membuat menu drop down di masing-masing kategori yang ada.

f. Letakkan Menu Navigasi di Tempat yang Wajar

Kreativitas merupakan hal penting dalam membuat desain website. Tapi, Anda wajib meletakkan menu navigasi di tempat yang biasanya pengunjung ketahui, yaitu :

  • header (atas halaman),
  • footer (akhir halaman), dan
  • sidebar (sisi halaman).

Jika menu website tak ada di antara 3 lokasi tersebut, pengunjung harus mencarinya lebih dulu. Tentunya, Anda tidak mau membuat pengunjung pergi sebab tak kunjung menemukan menu navigasi.

g. Pastikan Menu Navigasi Website Responsif

Sebagian besar pengunjung mengakses website via perangkat mobile. Bila desain website Anda belum mobile friendly, tampilan halamannya terlalu besar untuk dimuat di layar smartphone.

Akibatnya, menu navigasi Anda mungkin tak akan terpampang di layar pengunjung. Sehingga mereka harus men-scroll halaman untuk mencari menu.

Hal tersebut bisa mengurangi user experience dan mendorong pengunjung untuk pergi ke website yang tampilannya ramah perangkat mobile.

Untuk mencegah masalah tersebut, saat ingin membuat navigasi website yang baik pastikan Anda membuat website mobile friendly. Caranya dengan memakai tema website yang disesuaikan untuk perangkat mobile.

h. Pemisahan Menu Navigasi dengan Elemen Lain

Pakai white space, warna, atau ukuran serta jenis font yang berbeda. Hal ini untuk membedakan menu dengan konten utama dan sidebar.

i. Buat Struktur yang Melebar

Bila mau membuat pelanggan menjangkau dan mengeksplorasi website Anda dengan mudah, Anda harus membuat navigasi website sedatar mungkin. Buatlah halaman sesederhana mungkin dan tautkan dengan subkategori yang relevan.

j. Meminimalisir Dropdown Menu

Menu dropdown bisa jadi tak berguna di sebagian besar website. Memiliki terlalu banyak tautan di menu utama pun akan membingungkan pengguna. Sebaiknya Anda memakai struktur website hirarki atau lokal sebagai pengganti menu drop down.

k. Gunakan Breadcrumbs

Bila website Anda terdiri dari banyak halaman dan kategori halaman, struktur navigasi websitenya harus didukung dengan breadcrumbs.

Breadcrumbs yaitu menu yang menunjukkan letak pengunjung di dalam website. Menu tersebut berupa urutan kategori halaman, dari homepage sampai ke halaman yang sedang diakses.

Contoh saat mau membuat navigasi website dengan breadcrumbs bisa lihat di bawah ini.

Breadcrumbs

Pada gambar, breadcrumbs menunjukkan bahwa Anda sedang berada di halaman mengenai cara membuat website yang masuk dalam kategori bikin web. Bila mau kembali ke halaman kategori, Anda cukup klik link “Bikin Web” yang ada di breadcrumbs.

Untuk menambahkan breadcrumbs ke website, Anda harus memilih tema website yang menawarkan fiturnya. Atau, bila memakai WordPress, Anda dapat menambahkan breadcrumbs dengan plugin Yoast SEO.

Untuk membuat breadcrumbs website sendiri dengan mudah Anda bisa ikuti panduannya di sini.

l. Konsisten

Sebisa mungkin jangan merubah letak menu pada setiap halaman website. Sehingga para pengunjung akan lebih mudah dalam menemukan menu-menu tersebut.

Misalnya menu utama berada di atas. Setelah itu pada halaman-halaman yang ada dalam menu utama bisa ditampilkan sub-menu di sebelah kiri atau kanan halaman.

Mari Membuat Navigasi Website yang Baik

Bila Anda mau meningkatkan user experience pengunjung website, memperbaiki struktur navigasi website tak boleh dilupakan.

Dengan membuat navigasi website yang baik, maka Anda akan lebih mudah dalam mendorong pengunjung untuk melakukan konversi. Jadi, produk yang Anda tawarkan akan lebih laris.

Selain itu, menu navigasi website pun sangat berpengaruh terhadap SEO. Di mana struktur navigasi menu yang jelas akan membantu Google dalam melakukan crawling. Sehingga website akan lebih mudah diindeks di hasil pencarian Google.

Kalau navigasi web Anda sudah baik, jangan lupa pakai layanan hosting yang berkualitas. Karena, website harus dapat diakses dengan cepat bila Anda mau pengunjung betah dan melakukan konversi.

Sekian info mengenai cara membuat navigasi website yang baik, kami harap postingan kali ini mencerahkan teman-teman semua. Mohon postingan audit website ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Website WordPress
Setting Robot TXT
Cara Setting Robots TXT di Website
Belajar HTML Dasar
Belajar HTML Dasar bagi Pemula Lengkap
Platform Website Terbaik
Platform Website Terbaik bagi Pemula dan Profesional

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Teknik SEO

SEO Off Page SEO On Page Technical SEO

Tips SEO

Copywriting Error Website Tips SEO Lain

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Jasa Digital Theme Tools Website Webhosting
Diztro Theme
Diztro Theme Toko Online Indonesia
Olzhop Theme
Olzhop Theme Toko Online Terbaru
Tokow Theme
Tokow Theme Template Toko Online Terbaik untuk WordPress
Struktur Google Ads
Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan
Cara Kerja Google Ads
Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian
Layanan Google Ads
Layanan Google Ads atau Adwords
Google Keyword Planner
Panen Kata Kunci dengan Google Keyword Planner