Cara Membuat Meta Deskripsi agar Trafik Melimpah

Ingin jumlah traffic website yang melimpah? Anda bisa dengan membuat meta deskripsi di website! Anda sudah membuat konten artikel website yang berkualitas. Langkah berikutnya yaitu memastikan konten tersebut supaya para calon pengunjung tertarik mengkliknya.

Membuat Meta Deskripsi

Deskripsi Meta

Selain mengandalkan judul yang menarik, Anda pun perlu menulis atau membuat meta deskripsi. Meta deskripsi berfungsi untuk mendeskripsikan konten Anda secara singkat.

Sehingga, calon pengunjung Anda akan tahu apa yang ditawarkan kontennya. Lalu mereka tertarik untuk mengkliknya. Namun, di luar sana telah banyak konten yang memakai meta description.

Mungkin juga termasuk kompetitor atau pesaing Anda.

Jadi, bagaimana cara membuat deskripsi yang lebih menarik dan efektif? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Anda harus menyimak artikel ini hingga selesai.

Apa itu Meta Description?

Meta description yaitu sebuah deskripsi singkat mengenai konten Anda. Deskripsi muncul di halaman hasil pencarian, tepatnya berada di bawah judul konten.

Bentuk asli meta deskripsi yaitu kode HTML. Seperti ini inilah kodenya :

<head>

<meta name=“description” content=“Isi meta description” >

</head>

Namun, Anda tak perlu berkutat dengan kode untuk dapat memakai atau membuat meta deskripsi. Justru cara membuat meta description sangat mudah. Nanti kami akan menjelaskannya di bawah.

Di beberapa kasus, Anda akan menemukan meta description yang isinya tak lengkap. Contohnya seperti ini :

Hal ini wajar. Sebab panjang ideal meta deskripsi yaitu 150 – 160 karakter dan tak lebih dari 960 pixels. Lebih dari itu panjang ideal tersebut maka deskripsinya akan terpotong.

Dengan kata lain, meta deskripsi haruslah singkat tapi tetap informatif.

Selain untuk menambah jumlah traffic, meta description pun berfungsi untuk optimasi on-page SEO. Ini merupakan praktik untuk menaikkan peringkat konten di hasil pencarian.

Caranya dengan mengoptimasi beberapa faktor yang ada di dalam konten.

Manfaat Meta Description

Apa manfaat meta description? Sekarang Anda telah tahu apa itu meta description. Namun mengapa Anda harus membuat meta deskripsi? Apa saja sih manfaat yang dapat diperoleh?

Di bagian ini, Anda akan menemukan jawabannya.

1. Menarik Lebih Banyak Pengunjung

Ketika mencari topik di mesin pencari, hal pertama yang akan Anda baca tentu yaitu judul kontennya. Namun mengandalkan judul saja tak cukup. Terkadang pembaca pun harus tahu apa yang ditawarkan oleh tiap konten.

Bila deskripsinya menarik, mereka akan terdorong untuk meng-klik kontennya. Inilah kenapa meta description bisa mempengaruhi click-through rate (CTR) yakni jumlah orang yang meng-klik konten.

Contohnya, bila Anda mau tahu cara membuat bakso, tentu Anda akan mencari konten yang menjelaskan resepnya? Bahkan mungkin dengan berbagai variasi!

Tentu, deskripsi di bawah bisa menarik Anda untuk meng-kliknya :

Sedikit catatan. Meta description memang tidak berpengaruh secara langsung terhadap SEO (Search Engine Optimization). Namun jumlah klik (CTR) yaitu salah satu faktor penting untuk menaikkan peringkat konten Anda di mesin pencari.

2. Meningkatkan Relevansi Konten

Di dalam meta deskripsi, Anda akan melihat beberapa kata yang dicetak tebal (bold). Kata-kata tersebut yaitu keyword yang dicari oleh calon pengunjung. Contohnya seperti gambar di atas.

Seperti yang Anda lihat di gambar atas, deskripsinya menunjukkan bahwa isi kontennya membahas topik yang sedang dicari. Sebab ada kalimat resep bakso kerikil di dalamnya.

Dengan demikian, hal ini pun perlu Anda perhatikan ketika membuat meta deskripsi. Pastikan deskripsinya sesuai dengan apa yang pembaca cari.

3. Mempromosikan Konten di Media Sosial

Saat ini mungkin Anda berpikir bahwa meta description hanya berguna untuk postingan website saja. Namun, sebenarnya manfaatnya lebih dari itu. Meta deskripsi pun dapat diaplikasikan dan muncul di platform media sosial.

Deskripsinya akan muncul ketika pengguna membagikan konten atau bisa juga muncul pada konten iklan. Dengan kata lain, meta description tak hanya membantu Anda mengejar jumlah klik di mesin pencari. Namun juga di media sosial.

Contoh Meta Description yang Efektif

Memang dengan membuat meta deskripsi bisa menarik pengunjung. Namun apa berarti semua deskripsi bisa untuk melakukannya? Sayangnya, tak semudah itu.

Berikut beberapa karakteristik meta description yang efektif untuk menambah jumlah traffic.

a. Membatasi Jumlah Karakter

Panjang ideal saat membuat meta deskripsi yaitu 155 – 160 karakter. Lebih dari itu, isinya akan terpotong seperti contoh di atas. Sehingga pesan yang disampaikan konten jadi kurang jelas.

Lain halnya bila panjang deskripsinya ideal. Pembaca bisa mengetahui nilai apa yang akan mereka peroleh bila membaca konten tersebut.

Lantas, bagaimana caranya untuk mengecek apakah panjang meta deskripsinya sudah ideal? Cara paling mudah yaitu dengan memakai Google SERP Simulator milik Mangools.

Alat (tools) ini bisa memperkirakan tampilan konten Anda ketika muncul di hasil pencarian.

b. Menggunakan Kalimat Aktif

Bila Anda mau deskripsinya lebih singkat dan mudah dimengerti, pakai kalimat aktif. Dengan kalimat aktif maka penjelasan pesannya akan lebih singkat dan to-the-point.

Apakah boleh memakai kalimat pasif? Mungkin saja. Namun kalimat pasif cenderung membuat subjek kalimatnya kurang jelas. Sehingga pembaca harus membaca lebih dari satu kali untuk dapat memahaminya.

Selain itu, saat membuat meta deskripsi memakai kalimat pasif pesannya jadi tak tersampaikan secara lengkap. Sebab karakter yang dipakai dalam kalimat pasif lebih banyak.

Intinya, ketika membuat kalimat aktif, ingatlah rumus SPOK (Subjek-Predikat-Objek-Keterangan). Pastikan kalimatnya disusun secara efisien dan tak bertele-tele.

c. Menampilkan Fitur

Apakah konten Anda memiliki keunikan tertentu? Atau mungkin konten Anda menawarkan nilai yang tak dipunyai konten lain? Bila iya, beritahu calon pengunjung Anda.

Tips membuat meta deskripsi ini tak hanya berguna untuk mempromosikan konten saja. Anda juga dapat memakainya untuk mempromosikan halaman produk!

Meskipun menyebut fitur dan keunikan konten Anda itu penting, tetap utamakan sudut pandang pembaca. Seunik apapun konten Anda, pembaca tak akan tertarik bila mereka tak tahu apa manfaatnya untuk mereka.

d. Mengandung Keyword

Keyword merupakan salah satu bagian penting pada meta description. Sebab, keyword bisa membantu konten Anda jadi lebih relevan dengan apa yang sedang dicari.

Meta description akan menampilkan keyword yang sedang dicari dalam bentuk cetak tebal. Ini memudahkan calon pengunjung untuk menemukan konten yang mereka perlukan.

Meskipun demikian, keyword yang disisipkan saat membuat meta deskripsi harus enak untuk dibaca. Hindari keyword stuffing, yakni pemakaian keyword secara berlebihan.

Sebelum menentukan keyword, pastikan Anda telah melakukan riset keyword lebih dulu. Ini merupakan langkah yang penting untuk tahu apakah konten Anda sesuai dengan apa yang pembaca cari.

Ingat, fokus utamanya yaitu menjawab apa yang pengunjung cari.

Baca juga: Cara Riset Keyword Akurat untuk Website

e. Memanfaatkan Call-To-Action (CTA)

Tujuan utama meta description yakni untuk menarik pengunjung supaya mau mengklik konten Anda. Oleh sebab itu, Anda harus memakai call-to-action (CTA).

CTA berfungsi untuk mengajak pengunjung melakukan sesuatu. Anda mungkin pernah menemukan CTA dalam bentuk kalimat seperti di bawah :

  • “Yuk cek di sini!”
  • “Mari kita mulai!”
  • “Klik tombol di bawah!”

Beberapa kalimat di atas dapat Anda manfaatkan juga saat membuat meta deskripsi. Sehingga, para calon pengunjung akan merasa diundang untuk baca konten Anda.

f. Mempertimbangkan Local SEO

Tips membuat meta deskripsi ini akan sangat berguna bila Anda menargetkan pembaca atau pengunjung dari wilayah tertentu. Bila Anda sudah familiar dengan local SEO, manfaatnya kurang lebih sama.

Triknya sangat sederhana, Anda cukup menyisipkan nama wilayah ke deskripsi konten. Dengan demikian, konten Anda akan mencapai orang-orang yang memang mencari konten atau produk terkait wilayah tersebut.

Berikut salah satu contoh penerapannya :

Bayangkan Anda sedang mencari layanan sewa mobil di Jogja. Tentu deskripsi seperti di atas akan membuat Anda tertarik untuk mengklik konten tersebut.

Baca juga: Panduan Local SEO Lengkap untuk Kesuksesan Bisnis Online

Bagaimana Cara Membuat Meta Description?

Akhirnya sampai pada bagian yang ditunggu-tunggu. Sekarang saatnya membuat meta description untuk konten Anda!

Bila Anda memakai WordPress, cara paling mudah yaitu dengan memanfaatkan plugin SEO seperti Yoast SEO, RankMath, dll. Untuk membuat meta deskripsi memakai plugin SEO bisa ikuti panduannnya dengan klik link.

Cara lain untuk menulis meta description yakni tanpa menggunakan plugin. Caranya dengan memasukan deskripsinya dalam bentuk kode HTML di <head> section pada halaman konten.

Tapi, cara ini hanya cocok bagi pengguna yang telah terbiasa mengedit file inti WordPress.

Sekarang meta description telah dipasang. Namun kenapa deskripsinya belum muncul di hasil pencarian? Tak usah panik, ini wajar.

Moz melakukan penelitian pada lebih dari 70.000 meta description. Hasilnya, hanya 55% konten yang meta descriptionnya dipakai oleh Google. Sisanya, Google sendirilah yang menentukan deskripsinya.

Ada 2 kemungkinan yang mengakibatkan Google menentukan meta descriptionnya sendiri, yaitu :

  • Anda belum menulis meta deskripsi untuk kontennya.
  • Ada kalimat dalam konten yang lebih menjawab pertanyaan pengguna bila dibandingkan dengan meta description yang Anda buat. Ingat, prioritas Google yaitu menyajikan hasil pencarian yang menjawab pertanyaan para penggunanya.

Sekarang mungkin Anda bertanya-tanya. Apa gunanya membuat meta deskripsi konten bila Google sudah menentukannya sendiri?

Bila membuat meta description sendiri, Anda memiliki kebebasan lebih untuk membuat deskripsinya lebih menarik. Sebab deskripsi dari Google hanya fokus pada menjawab pertanyaan saja, bukan untuk menarik minat pengunjung.

Terlebih lagi, Anda dapat membuat meta descriptionnya lebih menarik dengan cara menampilkan :

  • fitur,
  • keyword,
  • CTA,
  • dll.

Inilah yang tak akan diperoleh bila mengandalkan deskripsi dari Google.

Saatnya Anda Membuat Meta Deskripsi untuk Konten

Meta description merupakan deskripsi singkat mengenai konten Anda. Fungsi dari meta deskripsi adalah untuk menarik para calon pengunjung di halaman hasil pencarian.

Di artikel ini, Anda sudah mempelajari seluk-beluk meta description, mulai dari :

  • pengertiannya,
  • manfaatnya,
  • contohnya,
  • cara membuatnya,
  • dll.

Selain menarik pengunjung, meta description pun berguna untuk melakukan optimasi on-page SEO. Bila Anda tertarik untuk belajar lebih dalam mengenai SEO, silakan kunjungi Menu Materi SEO.

Demikian info berkaitan dengan Cara Membuat Meta Deskripsi agar Trafik Melimpah, semoga postingan kali ini mencerahkan kalian. Tolong artikel unsur audit website ini dishare supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Plugin Toko Online Terbaik
Plugin Toko Online Terbaik Saat Ini
Theme Woocommerce Terbaik
Theme WooCommerce Terbaik untuk Toko Online
Plugin AdSense Terbaik
Plugin AdSense Terbaik untuk Memasang Iklan di Website
Theme Portofolio Terbaik
Theme Portofolio Terbaik untuk Web Agency dan Freelance