Cara Membuat Judul Artikel Website yang Menarik 2022

bannerlbo

Apakah judul artikel pada website Anda sudah menarik banyak pengunjung? Sebenarnya ada beberapa langkah atau cara membuat judul artikel website yang menarik. Bila mau tahu caranya silakan baca artikel ini sampai selesai.

Membuat Judul Artikel

Judul Artikel

Artikel yang bagus saja tak cukup, Anda pun perlu membuat judul artikel website yang menarik. Judul merupakan hal pertama yang orang lihat saat mereka mencari kata kunci di mesin pencari atau timeline media sosial mereka.

Anda harus dapat menarik perhatian calon pembaca untuk mengklik artikel Anda. Baik artikel tersebut muncul di hasil pencarian atau timeline media sosial mereka. Lewat judul, Anda harus dapat menciptakan kesan pertama yang baik pada calon pembaca.

Menurut data dari Copyblogger, hanya 2 dari 10 orang meneruskan baca artikel setelah membaca judulnya. Itu artinya, sekitar 80% orang hanya membaca judul saja, tanpa membaca artikel secara keseluruhan.

Mungkin ini karena penulis artikel website gagal meyakinkan calon pembaca untuk baca artikel via judul. Tentu 80% itu merupakan angka yang besar bukan?

Yang harus Anda lakukan supaya calon pembaca mau meneruskan baca artikel secara keseluruhan yaitu dengan meyakinkan mereka sejak dari judul. Bagaimana membuat judul artikel website yang menarik?

Langkah Membuat Judul Konten / Artikel

Apa yang membuat Anda pertama kali tertarik untuk membaca suatu artikel (khususnya di website / blog)? Apakah Topik? Gambar? Bukan semua tapi tentu saja judul.

Pembaca akan melihat judul artikel lebih dulu sebelum memulai membaca isi artikel. Judul yang menarik sudah pasti akan membuat para pembaca tertarik.

Berikut beberapa langkah membuat judul artikel website yang menarik :

a. Mulai dengan Draft Judul

Sebelum menulis artikel, buatlah draft judul lebih dulu. Hal ini penting supaya Anda bisa membuat artikel yang menarik. Karena Anda tak menulis artikel yang cakupannya terlalu luas dan hanya fokus pada beberapa hal tertentu saja.

Misalnya, Anda mau menulis artikel dengan topik “bisnis online”, maka judul artikel yang menarik seperti :

  • Panduan Memulai Bisnis Online bagi Pemula
  • Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online
  • Ide Bisnis Online Menjanjikan

Terlihat perbedaannya bukan? Topik merupakan pokok bahasan yang masih dapat dibagi jadi beberapa artikel website. Sedangkan judul yaitu acuan spesifik dalam menulis sebuah artikel.

b. Berikan Informasi yang Akurat

Mungkin Anda sering menemukan judul artikel clickbait di internet. Hal ini sering kali membuat Anda sebal. Di mana saat Anda buka artikel tersebut ternyata isinya tak sesuai dengan judul yang ada.

Contoh judul artikel : Cara Mengganti Password WordPress

Sesuai dengan judul artikel tersebut, topik yang akan dibahas yaitu panduan bagaimana caranya mengganti password website WordPress. Bukan membahas hal-hal lain yang tak ada kaitannya dengan judul.

Salah satu aturan penting dalam membuat judul artikel yaitu menghargai pengalaman pembaca. Bila Anda memberikan ekspektasi terlalu tinggi pada judul yang tak sesuai dengan isi artikel, maka Anda akan kehilangan kepercayaan pembaca.

Membuat Artikel SEO Friendly

c. Berikan Manfaat untuk Pembaca

Saat membuat artikel SEO Friendly, tak hanya topik dan judul saja yang harus Anda perhatikan. Pembaca juga akan mencari manfaat atau solusi pada artikel yang Anda tulis.

Kenapa? Sebab pembaca tak akan membaca artikel yang tak memberikan manfaat dan hanya akan buang-buang waktu bagi mereka.

Contoh judul artikel : Cara Menonaktifkan Gutenberg dengan Mudah

Pada judul artikel di atas, pembaca ditawarkan cara mudah untuk menonaktifkan Gutenberg. Lalu pembaca akan melihat cara yang dijelaskan pada artikel tersebut dan memang layak untuk dicoba karena mudah.

Bagi pembaca yang terpenting yaitu Anda bisa memberikan artikel yang bermanfaat sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

d. Poles dengan Kata Sifat dan Angka

Dengan membuat judul artikel berisi informasi yang akurat, apakah bisa membuatnya menarik pembaca? Tentu saja bisa.

Anda dapat memakai kata-kata sifat (adjective) yang mewakili artikel yang Anda tulis sebagai salah satu cara membuat judul yang menarik. Misalnya :

  • menjanjikan
  • terbaik
  • paling populer
  • terpercaya

Dan kata-kata sifat lainnya yang kiranya dapat menarik perhatian orang. Namun harus tetap mewakili judul dan isi dari artikel.

Lalu, tambahkan angka ke dalam judul artikel Anda, jika memungkinkan. Orang-orang akan lebih tertarik pada artikel dengan model listicle. Sebab mereka tahu berapa banyak poin penting yang akan diperoleh dari suatu artikel.

Menurut sebuah penelitian, judul artikel website yang memakai angka akan menghasilkan performa 45% lebih baik bila dibandingkan dengan judul artikel biasa.

e. Buat Judul yang Singkat

Membuat judul artikel website memang gampang gampang susah. Anda harus dapat merangkum keseluruhan artikel website dalam beberapa kata saja.

Judul artikel website yang terlalu panjang akan membingungkan calon pembaca. Calon pembaca harus tahu dengan pasti apa yang akan mereka peroleh dari membaca sebuah artikel.

Judul artikel yang singkat menunjukkan ketegasan Anda akan apa yang mau Anda sampaikan lewat artikel tersebut. Panjang judul artikel pun harus disesuaikan dengan tujuan yang mau Anda capai. Misalnya :

  1. Bila tujuannya supaya artikel bisa dapat peringkat bagus di hasil pencarian, sebaiknya pastikan panjang judul di bawah 70 karakter.
  2. Kalau tujuannya supaya artikel banyak dibagikan di media sosial, maka panjang judul artikel yang efektif yaitu :
  • 8 – 12 kata untuk Twitter
  • 12 – 14 kata untuk Facebook,
  • dll.

f. Buat Judul untuk Pembaca Bukan Mesin

Anda memang harus berusaha mengoptimasi judul artikel agar sesuai dengan focus keyword yang ditargetkan. Tapi, terlalu mengikuti focus keyword saja akan membuat artikel Anda terlalu kaku, bahkan terlihat aneh.

Meskipun begitu, jangan lupa bahwa Anda menulis atau membuat judul artikel tersebut untuk manusia, bukan mesin. Memang lebih baik untuk meletakkan focus keyword di awal judul, namun bila tak memungkinkan, jangan paksakan diri untuk meletakkannya.

g. Brainstorm dengan Orang Lain

Sekali lagi, Anda menulis judul artikel untuk dibaca oleh manusia, bukan mesin. Jadi sebelum merilis judul artikel, sebaiknya tunjukkan judul tersebut pada teman, kolega, atau siapapun yang dapat Anda mintai pendapat.

Mintai pendapat mereka tentang :

  • Apakah judul yang Anda buat tersebut sudah enak dibaca?
  • Apa yang kurang dari judul artikel tersebut?
  • Apa yang harus ditambahkan ke dalam judul artikel itu?

Dapatkan pendapat dan masukan sebanyak-banyaknya supaya judul Anda makin baik dan semakin menarik perhatian banyak orang.

h. Bangkitkan Perasaan Pembaca melalui Judul Artikel

Salah satu cara membuat judul artikel yang menarik bagi pembaca yaitu yang melibatkan perasaan mereka. Oleh karena itu, buatlah pembaca jadi penasaran dengan judul artikel yang membuat rasa :

  • penasaran,
  • ingin tahu,
  • heran,
  • yakin,
  • dan lain sebagainya

Intinya buat artikel yang ada kaitannya dengan perasaan pembaca.

i. Buat Pembaca Merasa Terlibat

Anda harus membuat judul artikel yang membuat pembaca merasa terlibat. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan.

Pembaca akan mulai membayangkan suatu situasi dengan pertanyaan yang Anda ajukan lewat judul.

j. Letakkan Topik dalam Judul pada Posisi Strategis

Posisi topik yang Anda masukkan saat membuat judul artikel pun sangat penting untuk menarik pembaca. Umumnya topik akan ditambahkan dengan kata hiasan supaya pembaca lebih tertarik atau penasaran untuk membaca artikel tersebut.

Dan lebih baik jika topik artikel diletakkan pada bagian depan atau belakang judul. Sebab pembaca hanya fokus pada bagian itu saja. Sedangkan pada bagian tengah hanya akan dibaca sekilas atau bahkan hanya pembaca lewati saja.

Optimasi Internal Link

k. Berikan Kemudahan bagi Pembaca

Waktu pembaca ingin meluangkan waktunya untuk baca sebuah artikel, tentu ada judul artikel yang menarik. Apa yang mau Anda sampaikan pada pembaca lewat judul artikel?

Misalnya, orang membaca artikel “Cara Optimasi Internal Link pada Website”. Artinya pembaca membutuhkan panduan untuk membantu optimasi internal link website mereka.

Dengan adanya artikel tersebut, pembaca akan menemukan cara dalam mengatasi masalah optimasi internal link pada website mereka.

Saatnya Membuat Judul Artikel yang Menarik

Judul artikel website merupakan hal paling pertama yang dilihat oleh calon pembaca sebelum membaca isi artikel Anda. Anda harus dapat menarik perhatian calon pembaca sebelum mereka membaca artikel lewat judul.

Oleh karena itu, usahakan saat membuat judul artikel harus :

  • singkat dan jelas,
  • mengandung informasi yang akurat,
  • sesuai dengan isi artikel, serta
  • menghindari pemakaian judul clickbait yang membohongi pembaca.

Judul artikel clickbait mungkin bisa menarik perhatian pembaca secara instan, namun tak bertahan lama. Bahkan website Anda dapat dicap sebagai pemberi informasi bohong karena memakai judul artikel clickbait.

Demikian info berkaitan dengan cara membuat judul artikel website yang menarik, semoga postingan kali ini membantu kalian. Tolong postingan optimasi SEO On Page ini dishare supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Website WordPress
Setting Robot TXT
Cara Setting Robots TXT di Website
Belajar HTML Dasar
Belajar HTML Dasar bagi Pemula Lengkap
Platform Website Terbaik
Platform Website Terbaik bagi Pemula dan Profesional

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Teknik SEO

SEO Off Page SEO On Page Technical SEO

Tips SEO

Copywriting Error Website Tips SEO Lain

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Jasa Digital Theme Tools Website Webhosting
Diztro Theme
Diztro Theme Toko Online Indonesia
Olzhop Theme
Olzhop Theme Toko Online Terbaru
Tokow Theme
Tokow Theme Template Toko Online Terbaik untuk WordPress
Struktur Google Ads
Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan
Cara Kerja Google Ads
Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian
Layanan Google Ads
Layanan Google Ads atau Adwords
Google Keyword Planner
Panen Kata Kunci dengan Google Keyword Planner