Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan

Di postingan ini kami akan jelaskan berkaitan dengan cara membuat form kontak di website 100% mudah dilakukan. Contact Form (Form kontak) sangat berguna untuk sebuah website. Fitur ini dapat memudahkan pengunjung untuk menghubungi Anda langsung melalui website dengan cara meninggalkan pesan. Nantinya, contact form ini bakal memproses pesan tersebut sebagai e-mail, akan dikirimkan datanya ke e-mail Anda.

Cara Membuat Form Kontak di Website

Cara Membuat Form Kontak di Website

Untuk membuat form kontak di website khususnya pada WordPress, Anda tidak memerlukan keahlian khusus. Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu menggunakan plugin bernama “Contact Form 7”. Cara instal plugin ini sebelumnya sudah dijelaskan pada tutorial Cara Instal Plugin.

Contact Form 7 dapat Anda gunakan untuk mengelola lebih dari satu formulir kontak. Anda dapat melakukan pengaturan tampilan serta menambahkan fasilitas seperti fitur untuk mengirimkan file. Plugin ini memiliki pengguna cukup banyak, terdapat lebih dari 5 juta instalasi aktif hingga saat tulisan ini dimuat.

Fitur plugin Contact Form 7:

  • Upload File.
  • reCaptcha.
  • Integrasi Akismet.
Tutorial Membuat Contact Form di WordPress

Berikut adalah tutorial cara membuat form kontak di website.

  1. Masuk ke dashboard website Anda.
  2. Lalu pilih menu Contact » Add New.
  3. Pilih bahasa yang Anda inginkan. Sebagai contoh, di bawah Anda akan menggunakan Bahasa Indonesia. Pilih “Add New”.
  4. Anda akan menemukan halaman di mana di sini Anda dapat melakukan konfigurasi form kontak menjadi seperti yang Anda inginkan.
  5. Kemudian lakukan pengaturan pada tab Mail. Di sini Anda akan menemukan lebih banyak lagi pengaturan form, misalnya alamat email tujuan, subject, dan masih banyak lagi.
  6. Kalau sudah selesai, klik Save dan akan muncul Script Code yang siap digunakan pada halaman atau postingan.
  7. Copy script code yang muncul tersebut, lalu bikin page / halaman baru.
  8. Jangan lupa Anda ganti mode dari Visual jadi Text.
  9. Lalu pilih Publish.
  10. Anda bisa melakukan pengetesan dengan cara mengisi form kontak tersebut. Kemudian buka pesannya tersebut di inbox e-mail Anda.
  11. Selesai.
Cara Kostumisasi Form Kontak

Ketika membuat form kontak di website dengan plugin Contact Form 7, Anda akan mendapatkan banyak fitur yang bisa diutak-atik. Salah satu fitur tersebut di antaranya ialah Auto Reply. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membalas pesan atau e-mail yang masuk via form kontak secara otomatis. Berikut adalah tutorialnya.

  1. Masuk pada bagian contact form yang telah dibuat sebelumnya.
  2. Lalu pilih tab Mail.
  3. Scroll ke bawah, kemudian centang opsi Use Mail (2).
  4. Ubah isi form sesuai dengan keinginan Anda.
  5. Saat seseorang menghubungi Anda lewat form kontak, maka mereka akan langsung mendapatkan e-mail balasan.
  6. Di samping itu, notifikasi saat terjadi kesalahan ataupun waktu pesan terkirim bisa Anda atur sendiri pada tab Messages.
  7. Lalu Anda atur halaman pesan tersebut ke halaman tertentu (redirect). Namun hal ini dilakukan jika Anda mau supaya pengunjung diarahkan ke halaman tersebut. Dimana halaman redirect tersebut terbuka tepat setelah mereka selesai mengisi contact form pada website. Caranya pilih tab Additional Settings, lalu masukkan script code ini (on_sent_ok: “location = ‘http://example.com/’;”). Ubahlah http://example.com/ jadi halaman yang Anda inginkan.

Dengan fungsi ini, pengunjung situs Anda akan dialihkan (redirect) secara otomatis ke halaman http://domainanda.com/terimakasih/ setelah berhasil berhasil mengirimkan pesan melalui form kontak.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Form Kontak di Website yang Mudah, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Tolong artikel ini dibagikan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi:

Leave a Reply