Cara Membuat Artikel SEO Friendly bagi Pemula

bannerlbo

Menulis artikel dengan baik untuk konten website belumlah cukup. Anda pun harus bikin artikel yang ramah mesin pencari. Dengan begitu, website Anda akan lebih mudah untuk jadi nomor satu di mesin pencari dan dibanjiri pengunjung. Bagaimana melakukannya? Anda harus tahu dulu cara membuat artikel SEO Friendly. Yaitu artikel yang mengikuti aturan algoritma terbaru dari mesin pencari dan menarik bagi pembaca.

Membuat Artikel SEO Friendly

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Ada beberapa cara membuat artikel SEO Friendly yang baik agar mendapat posisi tinggi di Google, yaitu:

1. Riset Kata Kunci

Langkah pertama untuk membuat artikel SEO friendly yaitu menggunakan kata kunci yang tepat. Kata kunci yang tepat yaitu kata yang :

a. Volume pencariannya besar

Kata kunci atau keyword dengan volume pencarian (search volume) besar menunjukkan bahwa kata kunci tersebut banyak dicari oleh audiens. Jadi, jika Anda menulis artikel dengan keyword ini, tentu akan berpotensi menarik banyak audiens atau pembaca.

b. Persaingannya kecil

Kata kunci dengan persaingan / kompetisi yang kecil akan memudahkan Anda memenangkan posisi tinggi di Google. Hal ini karena belum banyak yang menulis artikel dengan kata kunci ini atau kompetitor Anda bukan blog / website yang besar.

c. Sesuai dengan niche blog

Pemilihan kata kunci yang sesuai dengan niche blog akan membantu konten website Anda tetap relevan. Dengan begitu, akan sesuai dengan kebutuhan pengunjung website Anda. Misalnya, beauty blog, tentu akan lebih pas memakai kata kunci seperti :

  • tips kecantikan,
  • skincare terbaik,
  • dan semacamnya.

Untuk dapat kata kunci yang tepat, Anda bisa melakukan riset lebih dulu. Beberapa tools riset kata kunci gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat artikel SEO Friendly adalah

  • Ubersuggest,
  • KWFinder,
  • Google Trends,
  • dll.

Sebagai contoh, kami melakukan riset di Ubersuggest dengan kata kunci “cara membuat website”.

Riset Keyword di Ubersugest

Hasilnya menunjukkan bahwa kata kunci “cara membuat website” volume pencarian adalah 27.100 per bulan. Jadi, cukup menjanjikan untuk dibuat menjadi sebuah artikel. Apalagi, tingkat kesulitan adalah 38 yang bisa dikatakan mudah.

Baca : Riset Kata Kunci yang Jitu dan Powerful

2. Pahami Intent Pengguna

Intent merupakan informasi yang diinginkan pengguna saat mengetikkan kata kunci tertentu di Google. Ketika Membuat artikel SEO Friendly Anda harus memperhatikan intent sebab jadi salah satu faktor penilaian SEO Google. Alasannya, karena intent yang tepat akan menjawab semua kebutuhan para pencari dengan konten yang relevan.

Saat memperoleh informasi yang diinginkan, para pengunjung tentu akan berlama-lama di artikel Anda. Hal ini bikin mesin pencari seperti Google menganggap artikel Anda bermanfaat dan harus mendapat peringkat tinggi. Untungnya, memahami intent pengguna relatif mudah yaitu cukup intip artikel kompetitor di hasil pencarian Google (SERP).

Sebagai contoh, Anda mau menulis artikel dengan kata kunci “makanan ikan hias terbaik”. Di halaman pencarian, artikel yang muncul yaitu mengenai rekomendasi merk makanan ikan hias terbaik. Jadi, Anda harus membuat artikel SEO Friendly sesuai kata kunci merk. Tulislah rekomendasi merk makanan ikan hias dengan jumlah yang lebih banyak atau pembahasan lebih mendalam sesuai kebutuhan pembaca.

3. Ambil Sudut Pandang yang Unik

Sebuah kata kunci dapat dipakai untuk membuat artikel SEO Friendly dengan sudut pandang berbeda. Langkah ini efektif untuk bikin artikel Anda lebih menonjol. Tapi, tentunya dengan tetap Anda pastikan artikel harus sesuai dengan intent pengguna.

Katakanlah jika Anda mau memakai kata kunci “cara membuat rendang”. Bila kompetitor punya artikel panduan membuat rendang ala restoran Padang, Anda bisa menulis mengenai “Cara Membuat Rendang Rumahan dengan 5 Langkah”.

Selain artikel jadi unik, kemudahan yang Anda tawarkan juga tentu akan lebih menarik bagi para pembaca. Belum lagi, sudut pandang unik pun memastikan artikel Anda original. Sehingga artikel Anda lebih disukai Google untuk mendapat ranking tinggi.

4. Perhatikan Struktur Artikel

Setelah menentukan sudut pandang, untuk membuat artikel SEO Friendly Anda harus bikin strukturnya dengan baik. Tujuan pembuatan struktur artikel yaitu untuk memperlancar proses menulis dengan memilih apa yang mesti disampaikan di artikel.

Selain itu, struktur artikel yang baik akan mempermudah pengunjung dalam memahami artikel Anda. Biasanya, struktur sebuah artikel dibagi jadi 3 bagian :

  • Pembuka (Prolog) – bagian awal menjelaskan latar belakang dan tujuan artikel.
  • Isi – penjelasan topik utama secara rinci.
  • Kesimpulan (Epilog) – bagian penutup berisi rangkuman atau kesimpulan artikel.

Salah satu tips yang dapat Anda coba yaitu menulis kalimat singkat berisi garis besar dari setiap bagian artikel. Kemudian, Anda dapat mengembangkannya jadi sebuah penjelasan utuh yang saling berkaitan.

5. Perhatikan Bagian Pembuka Artikel

Cara membuat artikel SEO Friendly yang lainnya yaitu menulis dengan sebaik mungkin di bagian pembuka. Artikel ini harus bisa menjawab intent pembaca dan memuat kata kunci. Mengapa harus demikian? Sebab :

  • Bagian pembuka artikel yang tak menjawab pertanyaan dari pembaca maka akan segera ditinggalkan.
  • Penempatan keyword di bagian pembuka bisa membantu mesin pencari untuk merekomendasikan artikel Anda ke pembaca yang tepat.

Untuk bikin bagian pembuka jadi menarik, ada rumus AIDA yang dapat dipakai, yakni :

  • Attention (A) : pancing perhatian pembaca artikel Anda dengan kalimat berupa pertanyaan, guyonan singkat, atau statistik.
  • Interest (I) : tarik minat pembaca dengan menyinggung permasalahan yang sedang mereka hadapi.
  • Desire (D) : jelaskan bahwa artikel tersebut dapat jadi solusi untuk permasalahan Anda.
  • Action (A) : mengajak pembaca untuk membaca artikel sampai selesai.
6. Uraikan Menjadi Paragraf Singkat

Ketika akan membuat artikel SEO Friendly, usahakan paragrafnya singkat sebab bisa bikin pembaca nyaman. 3 kalimat biasanya cukup untuk menyampaikan penjelasan dengan baik. Menurut riset, pembaca artikel online cenderung tak membaca kata per kata, melainkan scanning berpola huruf “F” (F-Shaped Pattern).

Para pembaca akan membaca bagian pembuka secara lengkap. Kemudian melakukan scanning kata / kalimat yang menarik secara vertikal. Begitu seterusnya sampai di akhir artikel. Dengan maksimal 3 kalimat di setiap paragraf, maka akan :

  • Memudahkan pembaca menemukan kata / kalimat yang diperlukan.
  • Bikin pembaca lebih santai dalam memahami penjelasan.
7. Gunakan Teknik Piramida Terbalik

Piramida terbalik merupakan salah satu teknik penulisan artikel online. Teknik penulisan artikel ini yaitu Anda menaruh info paling penting di bagian awal. Kemudian diikuti oleh penjelasan lebih detail dan diakhiri dengan info tambahan.

Pendekatan teknik ini akan membuat artikel SEO Friendly Anda tak bertele-tele. Selain itu juga akan mempermudah pembaca dalam memperoleh info utama dengan cepat. Teknik piramida terbalik dapat Anda pakai di penjelasan :

  • keseluruhan artikel,
  • dalam sebuah sub heading, hingga sebuah paragraf.
8. Tulis Artikel yang Berfokus ke Satu Topik

Menentukan satu topik dan fokus pada penjelasan merupakan cara membuat artikel SEO Friendly yang penting. Topik yang jelas akan membuat para pembaca artikel tidak bingung dan informasi yang disampaikan juga lebih runut.

Misalnya, saat bikin artikel “cara ternak ayam”, Anda harus fokus pada panduan cara ternak ayam. Jika mau membahas jenis ayam untuk diternak, tulislah artikel yang berbeda. Ini akan lebih mempermudah Anda untuk membahasnya lebih dalam dan lengkap.

Selain itu, fokus di satu topik tertentu akan bikin pemakaian kata kunci yang saling berkaitan. Pada akhirnya, web crawler Google lebih mudah dalam memahami struktur artikel untuk melakukan proses indexing.

9. Sebar Kata Kunci Sewajarnya

Salah satu kesalahan penulis pemula dalam membuat artikel SEO Friendly yaitu melakukan praktek keyword stuffing. Keyword stuffing yaitu memakai kata kunci yang berlebihan. Tujuannya, supaya bisa lebih cepat muncul di halaman pencarian Google.

Contoh Keyword Staffing

Padahal, keyword stuffing merupakan praktek spam yang jauh dari standar cara membuat artikel SEO Friendly. Alasannya, mesin pencari seperti Google menganggap praktek keyword stuffing sebagai spam. Sebab praktek ini akan menurunkan kualitas artikel Anda dan bikin pembaca tidak nyaman.

Jika keyword stuffing, ranking website Anda akan turun atau bahkan dapat dihapus dari hasil pencarian. Oleh karena itu, sebar kata kunci Anda sewajarnya dan sesuai kebutuhan saja. Ingat, Anda menulis artikel untuk dibaca oleh manusia. Jadi, pastikan paragraf Anda berbobot dan nyaman untuk dibaca.

10. Perbanyak Memakai Kata Sambung

Kata sambung merupakan kata yang menghubungkan antar kalimat dan/atau paragraf. Kata sambung ini dipakai untuk membantu pembaca dalam memahami hubungan antar ide dalam artikel.

Contoh kata sambung yang dapat Anda pakai dalam membuat artikel SEO Friendly yaitu kata sambung :

  • Pertentangan: tetapi, namun, sedangkan, sebaliknya;
  • Pembetulan: melainkan, hanya;
  • Penegasan: bahkan, malah (malahan), lagipula, apalagi, jangankan;
  • Batasan: kecuali, hanya;
  • Urutan: lalu, kemudian, selanjutnya;
  • Persamaan: yaitu, yakni, bahwa, adalah, ialah;
  • Penyimpulan: jadi, karena itu, oleh sebab itu;

Contoh penggunaan kata sambung dalam kalimat / paragraf di bawah :

Kata Sambung A

Kata Sambung B

Meskipun isinya sama, namun sangat jauh perbedaan dari Teks A dan Teks B yaitu :

  • Teks B menunjukkan ada 3 kelebihan yang saling berkaitan dan diakhiri dengan kesimpulan secara jelas.
  • Teks A harus dibaca serta diresapi pelan-pelan supaya bisa dipaham pembaca.
11. Sisipkan Internal Link dan External Link

Saat akan membuat artikel SEO Friendly link sangatlah penting. Link ada 2 jenis yaitu internal link dan external link. Internal link atau inbound link yakni link dari 1 halaman ke halaman lain dalam 1 website yang sama.

Sebuah artikel perlu memakai internal link sebab bermanfaat untuk membantu mesin pencari seperti Google dalam mengindeks website. Di samping itu adanya internal link adalah untuk memahami konteks artikel yang dibikin. Alhasil, SEO Anda pun akan lebih baik.

Bagi pengunjung, inbound link akan membantu mengarahkan jika mau baca lebih jauh topik yang Anda bicarakan. Internal link tidak hanya bikin pengunjung akan lebih lama ada di website. Namun hal tersebut juga menunjukkan keahlian Anda dalam membahas topik tersebut secara mendalam.

Sedangkan external link yaitu link yang merujuk ke halaman website lain. External link dapat disisipkan sebagai sumber untuk memperkuat penjelasan dan meyakinkan para pembaca Anda. Seperti:

  • link ke hasil penelitian,
  • statistik,
  • kutipan,
  • referensi dari media lain,
  • dll.

Tapi, usahakan Anda menyisipkan external link sewajarnya dan cuma ke halaman yang relevan. Karena, Google akan memberikan penalti / hukuman bila Anda ketahuan melakukan spam external link yang tak relevan. Spam ini justru akan mengganggu pembaca.

12. Tambahkan Konten Visual

Ketika membuat artikel SEO Friendly tidak hanya berupa tulisan, konten visual juga termasuk di dalamnya. Konten visual untuk artikel seperti :

  • gambar,
  • ilustrasi,
  • infografis,
  • bagan,
  • GIF, dan
  • meme.

Kenapa? Karena otak manusia memproses data visual lebih cepat jika dibandingkan dengan tulisan (sekitar 60 ribu kali). Jadi, memasukkan data berbentuk konten visual ke artikel Anda akan membuat pembaca lebih mudah memahaminya.

Selain itu, konten visual dengan kombinasi warna yang tepat dalam artikel terbukti dapat meningkatkan minat pembaca sampai 80 persen. Misalnya, warna yang tak bertabrakan atau warna sesuai dengan desain website Anda.

91% netizen juga lebih suka dengan konten visual jika dibanding dengan tulisan. Dengan begitu, mereka akan lebih betah berlama-lama di artikel dan website jika ada konten visual sebagai pendukung penjelasan dari artikel.

Anda bisa memperoleh konten visual dari website penyedia gambar gratis seperti Pixabay atau Unsplash. Selain itu, Anda pun bisa bikin konten visual sendiri memakai Canva. Sedangkan bila mau bikin meme, Anda bisa menggunakan Imgflip atau Kapwing.

13. Optimasi Gambar

Membuat artikel SEO Friendly dengan tambahan konten visual misalnya seperti menggunakan gambar memang penting. Tapi, Anda harus melakukan langkah optimasi pada gambar dengan tujuan supaya :

  • hemat sumber daya penyimpanan,
  • website menjadi lebih cepat, dan
  • kenyamanan pengunjung lebih terjaga.

Apa saja yang harus dilakukan untuk optimasi gambar di artikel? Ini dia beberapa tipsnya :

a. Nama File

Berikan nama secara singkat, tepat, dan sesuai dengan kata kunci pada file gambar Anda. Misalnya, kucing-persia-coklat.jpg, bukannya, kucing-persia-coklat-lucu-banget-gak-kuat.jpg.

b. Alt Text

Deskripsikan alt text gambar secara lengkap untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang Anda bahas. Anda pun bisa memasukkan kata kunci bila memungkinkan.

c. Format Gambar

Pilih format gambar yang tepat sesuai jenisnya, contoh :

  • JPEG untuk foto,
  • PNG untuk gambar penuh detail,
  • GIF untuk gambar bergerak,
  • dan semacamnya.

d. Kompres Gambar

Anda harus mengecilkan ukuran gambar tanpa adanya penurunan kualitas dengan cara dikompres. Supaya file gambar Anda akan lebih cepat ditampilkan, sehingga pengunjung pun puas dengan kualitasnya. Anda bisa melakukan kompres gambar via iLoveIMG atau TinyJPG.

Baca : Panduan Optimasi SEO Image

14. Gunakan Heading

Heading ialah judul dari bagian artikel yang menjelaskan mengenai suatu informasi tertentu. Penggunaan heading sangat penting ketika membuat artikel SEO Friendly. Alasannya, pembaca akan lebih mudah dalam menemukan garis besar atau pokok bahasan dari artikel yang Anda tulis. Khususnya, bagi mereka yang cenderung melakukan scanning informasi di artikel.

Selain itu, Google suka dengan artikel yang memiliki struktur baik. Bahkan google memberikan featured snippets “ranking 0” untuk artikel yang :

  • memiliki struktur baik dan jelas, serta
  • sesuai intent pembaca.

WordPress punya 6 heading (H1 hingga H6) yang dapat Anda pakai sesuai kebutuhan. Berikut beberapa tips memaksimalkan heading yang dapat Anda coba:

  • Jika memungkinkan, masukkan kata kunci pada heading.
  • Pakai H2 sebagai judul utama sebuah artikel, seperti judul bab pada buku.
  • H3 digunakan jika perlu penjelasan lebih detail, sebagai bagian dari H2. Dan begitu seterusnya hingga H6.
  • Pakailah heading sesuai fungsinya, seperti H2 dijelaskan lebih lanjut dengan H3, bukan H4 dan seterusnya.
  • Hindari pemakaian H4 – H6 jika Sebab heading ini akan bikin struktur artikel terlalu komplek atau dalam.
15. Usahakan Panjang Artikel Optimal

Dalam membuat artikel SEO Friendly Anda juga harus memperhatikan panjang dari artikel tersebut. Misalnya plugin Yoast SEO merekomendasikan panjang artikel Anda minimal 300 kata supaya mesin pencari bisa memahami topik artikel. Tapi, setidaknya Anda harus membuat artikel dengan rata-rata 1000 – 2500 kata.

Kenapa harus artikel yang panjang? Ada 2 alasannya yaitu :

  • Dengan artikel yang panjang biasanya memiliki penjelasan yang lebih lengkap, sehingga pembaca bisa mendapat manfaat yang lebih.
  • Artikel panjang cenderung mempunyai lebih banyak heading, gambar, atau link yang dapat Anda sisipi kata kunci. Dampaknya, SEO dari artikel secara keseluruhan akan lebih baik.

Artikel panjang akan mudah menduduki peringkat atas hasil pencarian search engine seperti Google. Namun artikel tersebut harus optimal dan informatif serta relevan dengan yang dicari audiens.

16. Perhatikan Komponen Teknis Website / Blog

Dalam membuat artikel SEO friendly tidak hanya mengharuskan Anda untuk memperhatikan kalimat dan paragraf. Namun komponen teknis website juga harus diperhatikan. Tujuannya supaya artikel Anda terlihat lebih menarik dan dapat bersaing di hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Lalu, apa saja komponen teknis website?

a. Title Tag

SEO title (title tag) yaitu judul halaman / postingan yang muncul di hasil pencarian mesin pencari. Supaya SEO friendly, usahakan title tag Anda :

  • menggambarkan garis besar artikel,
  • mengandung satu kata kunci, dan
  • panjangnya maksimal 60 karakter.

b. Permalink

Secara default, permalink diambil dari judul artikel Anda, tapi usahakan tidak terlalu panjang. Misalnya websiteanda.com/cara-mengupas-bawang-dengan-cepat-tanpa-mengeluarkan-air-mata-dijamin-ampuh. Permalink tersebut terlalu panjang. Jadi, Anda persingkat permalinknya menjadi websiteanda.com/cara-mengupas-bawang.

c. Meta Description

Meta description (deskripsi meta) adalah deskripsi singkat dari artikel Anda di hasil pencarian mesin pencari. Usahakan meta deskripsi dari artikel Anda maksimal 160 karakter dan mengandung kata kunci.

Dengan memperhatikan komponen teknis di atas, SEO Anda pun akan lebih baik. Sehingga, artikel Anda akan lebih cepat naik ke peringkat tinggi di hasil pencarian mesin pencari.

17. Manfaatkan Plugin SEO

Plugin SEO akan secara otomatis memberikan rekomendasi supaya aspek SEO di artikel Anda jadi optimal. Oleh karena itu pastikan Anda memakai salah satu plugin SEO untuk memudahkan dalam membuat artikel SEO Friendly.

Plugin SEO yang kami rekomendasikan adalah Yoast SEO atau RankMath. Plugin ini mampu membantu Anda memastikan :

  • judul,
  • jumlah kata,
  • meta description,
  • sebaran kata kunci,
  • optimasi gambar,
  • dan sebagainya sudah teroptimasi dengan tepat.

Menariknya, plugin SEO menunjukkan angka atau warna untuk optimasi artikel. Sebagai contoh bila artikel Anda sudah baik maka :

  • Yoast SEO akan menampilkan ikon berwarna hijau
  • RankMath akan menampilkan angka 100.

Jika belum optimal misal tak berwarna hijau (untuk Yoast) atau angka dibawah 100 (RankMath), Anda tinggal melakukan optimasi yang disarankan.

18. Pastikan Tak Ada Kesalahan Penulisan

Pastikan Anda tidak ada kesalahan penulisan dalam membuat artikel SEO Friendly. Misalnya,

  • typo,
  • penggunaan tanda baca yang tak tepat, dan
  • tata bahasa yang keliru.

Karena, kesalahan penulisan dapat merusak pengalaman pembaca dan menurunkan kualitas artikel. Selain itu, Anda akan dianggap kurang profesional bila banyak kesalahan penulisan pada artikel yang ditulis. Sehingga hal tersebut akan menurunkan kredibilitas Anda. Oleh karena itu, selalu lakukan pengecekan artikel secara teliti sebelum diterbitkan.

Salah satu tips agar terhindar dari kesalahan penulisan yaitu setelah menyelesaikan artikel Anda harus beristirahat. Istirahatlah selama beberapa jam untuk menyegarkan pikiran Anda. Kemudian, Anda posisikan sebagai pembaca. Lalu Anda baca artikel sambil mengeluarkan suara supaya lebih mudah dalam menemukan kalimat yang terdengar janggal.

19. Konsisten Menerbitkan Artikel

Salah satu cara membuat artikel SEO Friendly adalah konsisten update atau menerbitkan konten. Konsisten menerbitkan artikel pun sangat penting. Mengapa?

  • Anda dapat memberi manfaat lebih ke pembaca berupa informasi aktual. Sebagai pembaca, tentu Anda lebih suka memperoleh informasi dari postingan terbaru.
  • Konsistensi tersebut memberi sinyal positif ke mesin pencari seperti Google bahwa website Anda aktif. Dengan begitu, mesin pencari Google tidak akan ragu untuk merekomendasikan konten artikel Anda di halaman pencarian.

Tapi, Anda tidak harus menerbitkan artikel tiap hari. Anda bisa menjadwalkannya sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

20. Jangan Lupa Promosikan Artikel

Setelah membuat artikel SEO Friendly Anda perlu mempromosikannya. Kegiatan promosi artikel ini bertujuan untuk memperoleh pembaca dengan cepat dan menjaring trafik yang relevan. Hal tersebut akan memberikan sinyal positif ke mesin pencari sebab artikel Anda memang dibaca dan diperlukan. Dengan langkah tersebut, SEO Anda akan lebih baik dan posisi di hasil pencarian pun meningkat.

Berikut ini beberapa tips untuk mempromosikan artikel Anda :

  • Promosikan di semua media sosial (medsos) Anda, baik secara pribadi, ataupun di grup / komunitas medsos terkait.
  • Promosikan pula di forum online yang relevan, namun harus diingat, jangan spam.
  • Buat mailing list supaya promosi artikel lebih cepat dan tepat sasaran.
  • Pasang plugin share seperti AddToAny atau MasShare akan mempermudah pengunjung untuk membagikan / mempromosikan artikel.

Siap Membuat Artikel SEO Friendly?

Ternyata, cukup banyak tips cara membuat artikel SEO friendly untuk Anda aplikasikan. Intinya, agar artikel SEO friendly, Anda mesti mengikuti kaidah-kaidah seperti yang sudah dijelaskan di atas dan memperhatikan kenyamanan pembaca. Mulai dari :

  • menyebar kata kunci,
  • optimasi gambar,
  • menerapkan teknik piramida terbalik,
  • dan lain sebagainya.

Anda harus mampu menyeimbangkan semua tips dan trik membuat artikel SEO Friendly di atas.

Sekian info tentang cara membuat artikel SEO Friendly bagi Pemula, semoga artikel ini bermanfaat buat Anda. Kami berharap artikel optimasi SEO On-Page ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Produk Digital Marketing

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
cPanel Domain Hosting Landing Page Masalah Website Website WordPress
Strategi Memilih Nama Domain
Strategi Memilih Nama Domain yang Tepat
Meningkatkan Keamanan WordPress
Tips Ampuh Meningkatkan Keamanan WordPress
Membuat Landing Page
Cara Membuat Landing Page yang Menarik dan Efektif

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Pengenalan SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Technical SEO Tips SEO Tools Google
Optimasi Internal Link
Panduan Optimasi Internal Link Lengkap pada Website
Link Dofollow dan Nofollow
Cara Membuat Link Dofollow dan Nofollow di Website
Backlink Berkualitas
Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Bagus untuk Website
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin