Cara Memanfaatkan Google BisnisKu untuk Bisnis

Apa yang tampil di hasil pencarian Google saat orang mengetikkan nama produk dan/atau bisnis Anda? Apakah sudah muncul informasi seperti gambar di bawah? Itu salah satu kelebihan ketika Anda memanfaatkan Google BisnisKu untuk bisnis.

Memanfaatkan Google Bisnisku

Apa itu Google BisnisKu?

Informasi tersebut adalah yang muncul di samping kanan hasil pencarian Google. Itulah yaang dinamakan fitur Google BisnisKu atau Google MyBusiness.

Google BisnisKu merupakan fitur bagi pemilik bisnis yang sangat berguna. Fitur ini akan memudahkan calon konsumen untuk mengetahui informasi lengkap bisnisnya, dari :

  • nama bisnis,
  • alamat perusahaan,
  • nomor telepon perusahaan,
  • alamat email perusahaan,
  • jam operasional,
  • website perusahaan,
  • foto kantor,
  • review pelanggan,
  • dll.
Manfaat Google BisnisKu

Bila belum muncul informasi seperti yang ada di gambar atas, bisnis Anda sebaiknya segera didaftarkan di Google BisnisKu. Karena Google BisnisKu punya sejumlah manfaat yang dapat menunjang kesuksesan bisnis Anda.

Oleh karena itu Anda harus memanfaatkan Google BisnisKu dengan sebaik mungkin. Berikut manfaat dan fungsi Google BisnisKu :

1. Menyediakan Informasi yang Valid

Di era digital seperti saat ini banyak orang yang punya kebiasaan melakukan riset lebih dulu sebelum melakukan pembelian. Di Indonesia, 95% konsumen melakukan riset secara online lewat smartphone sebelum melakukan pembelian.

Jadi hampir bisa dipastikan konsumen akan mencari suatu bisnis / produk di Google lebih dulu. Mulai dari :

  • membeli produk,
  • menggunakan jasa,
  • mendatangi toko atau restoran,
  • dll.

Banyaknya orang yang melakukan riset sebelum membeli tentu menuntut pemilik bisnis untuk memberikan kehadiran atau online presence yang terbaik. Salah satu caranya yaitu dengan memberikan informasi bisnis yang valid dan terpercaya.

Dengan Google BisnisKu akan sangat memungkinkan untuk memberikan informasi bisnis Anda secara valid dan terpercaya. Karena, hanya pemilik bisnis terverifikasi yang bisa bikin Google BisnisKu.

2. Memberikan Informasi Lengkap dan Aktual

Selain harus valid dan terpercaya, Anda pun perlu memberikan informasi bisnis secara lengkap dan aktual. Di Google BisnisKu Anda dapat menampilkan informasi dari :

  • nama,
  • deskripsi,
  • jam operasional,
  • review pelanggan,
  • dll.

3. Bisnis Anda Muncul di Google Maps

Dengan mendaftar di Google BisnisKu, maka berbagai info bisnis Anda akan otomatis muncul di Google Maps. Info ini seperti :

  • kantor,
  • restoran,
  • perusahaan,
  • dll.

Pelanggan yang mau datang ke tempat bisnis Anda akan mudah menuju lokasi dengan bantuan Google Maps.

4. Memudahkan Konsumen Menemukan Bisnis Anda

Dengan memanfaatkan Google BisnisKu, selain muncul di Google Maps, bisnis Anda pun akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google.

Saat orang mencari nama bisnis Anda, Google akan menampilkan informasinya yang berada di sebelah kanan dari hasil pencarian.

Ketika orang-orang mencari kata kunci produk yang berhubungan dengan produk Anda, bisnis Anda pun dapat muncul di hasil pencarian.

5. Mendapatkan Review dari Pelanggan

Manfaat yang satu ini pun penting untuk bisnis Anda yakni review pelanggan. Berdasarkan riset 70% konsumen Indonesia mempercayai review online pelanggan lain.

Bahkan para konsumen Indonesia 12 kali lebih percaya pada review online pelanggan lain jika dibanding dengan keterangan dari produk itu sendiri.

Bila berhasil memberikan produk & pelayanan yang memuaskan, review pelanggan di Google BisnisKu bisa jadi salah satu alat promosi bisnis Anda.

6. Menjadi Media Komunikasi Pelanggan

Tak hanya review pelanggan, Google BisnisKu juga menyediakan fitur tanya jawab pelanggan.

Di Google BisnisKu pelanggan dapat mengajukan pertanyaan mengenai bisnis Anda. Berbagai pertanyaan tersebut bisa dijawab oleh pelanggan lain maupun pemilik bisnis itu sendiri.

7. Menjadi Alat Analisis Pelanggan

Anda pun dapat melakukan analisis pelanggan dengan fitur Analytics dari Google BisnisKu. Dengan memanfaatkan Google BisnisKu melalui fitur analisis sederhananya, maka Anda dapat melihat :

  • performa bisnis Anda dibandingkan dengan bisnis lain,
  • jumlah pelanggan yang menemukan bisnis Anda, dan
  • interaksi pelanggan dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Belajar Digital Marketing Lengkap untuk Pemula

Cara Daftar dan Verifikasi Google BisnisKu

Setelah Anda mengetahui manfaat Google BisnisKu, selanjutnya segeralah mendaftar. Ini dilakukan agar bisnis Anda mudah ditemukan di Google. Dengan memanfaatkan Google BisnisKu maka bisnis Anda akan lebih optimal di pencarian google.

Berikut adalah cara daftar Google BisnisKu :

Langkah 1 – Mulai

Untuk mulai memanfaatkan Google BisnisKu Anda bisa buka Google BisnisKu, lalu klik “Kelola Sekarang”.

Langkah 2 – Buat Profil

Langkah kedua daftar sebelum memanfaatkan Google BisnisKu yaitu membuat profil. Berikut cara-caranya :

Masukkan Nama dan Kategori Bisnis

  1. Tulis atau masukkan nama bisnis Anda di kolom yang tersedia, misalnya “Jasa Backlink Profesional”. Lalu klik “Tambahkan bisnis Anda ke Google”.
  2. Setelah memasukkan nama bisnis, pilih kategori bisnis yang sesuai dengan bisnis Anda. Misalnya Anda mengelola sebuah bisnis yang berhubungan dengan dunia digital marketing maka pilih kategori “layanan pemasaran internet”. Kategori ini akan mempermudah Google dalam mengelompokkan bisnis Anda di hasil pencariannya. Kemudian klik “Berikutnya”.
  3. Akan ada pertanyaan seperti gambar 3 di atas, Anda pilih “Ya”. Lalu klik “Berikutnya”.

Masukkan Alamat

  1. Isi lengkap alamat kantor, toko, atau restoran Anda, mulai dari nama jalan, kota, provinsi dan kode pos. Jika sudah di isi silahkan klik “Berikutnya”.
  2. Sesuaikan alamat kantor bisnis Anda di Google Maps. Hal ini untuk mempermudah para konsumen Anda mengunjungi alamat yang sudah ditulis. Kemudian klik “Berikutnya”.

Lainnya

  1. Akan ada pertanyaan seperti gambar 1 di atas, Anda pilih “Ya” bila memang ada fasilitas tersebut. Lalu klik “Berikutnya”.
  2. Bila di langkah di atas Anda jawab “Ya” maka akan ada tampilan seperti gambar 2. Isi daerah mana saja yang ada fasilitas terkait. Misalnya Cibinong, dll.
  3. Selanjutnya, isi no telepon atau HP yang khusus untuk menerima telepon dari pelanggan. Jika Anda sudah memiliki website, Anda bisa menuliskan alamat website Anda di bagian yang tersedia. Website bisnis sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda. Namun jika belum memiliki alamat website Anda bisa memilih “saya tidak memiliki situs. Klik “Berikutnya” untuk melanjutkan.

Langkah 3 – Verifikasi

Setelah langkah-langkah daftar untuk memanfaatkan Google BisnisKu yang canggih di atas selesai, berikutnya Anda harus melakukan verifikasi.

Verifikasi Google BisnisKu sangat penting untuk melindungi berbagai informasi bisnis Anda dari penyalahgunaan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Selain itu, bisnis Anda dianggap memiliki reputasi yang baik di mata pelanggan jika sudah terverifikasi Google BisnisKu. Dibandingkan dengan bisnis yang tidak diverifikasi Google BisnisKu.

  1. Verifikasi ini bisa melalui beberapa cara seperti :
  • SMS
  • Telpon
  • Email
  • Opsi Lain
  1. Pada contoh ini verifikasi menggunakan SMS. Tunggu beberapa saat untuk menerima kode verifikasi dari google yang akan dikirim via nomor HP Anda. Setelah mendapatkan kode verifikasi, Anda masukkan kode tersebut di kolom yang tersedia. Lalu klik “Verifikasi”.
  2. Selamat Anda telah terverifikasi. Klik “Berikutnya”.

Langkah 4 – Sesuaikan Profil

Dalam langkah daftar sebelum memanfaatkan Google BisnisKu ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan :


a) Layanan Tambahan

Masukkan tambahan layanan atau produk Anda. Setelah selesai klik “Berikutnya”. Namun bila tak ada layanan tambahan langsung klik “Lewati”.

b) Jam Operasional / Kerja

Fitur ini berguna agar mempermudah pelanggan untuk menentukan kapan mereka bisa datang ke tempat / lokasi bisnis Anda. Terutama bagi bisnis-bisnis seperti restoran atau rumah makan.

c) Tambah Fitur Pesan

Fitur ini berfungsi sebagai perantara bila ada pelanggan yang mau mengirimkan pesan ke bisnis Anda di google secara gratis.

d) Deskripsi Bisnis

Tuliskan deskripsi bisnis Anda dalam 750 karakter. Manfaatkan fitur deskripsi ini untuk menjelaskan tentang bisnis Anda pada para calon pelanggan.

Berikan deskripsi singkat dan jelas seperti :

  • Bisnis Anda bergerak di bidang apa,
  • Produk unggulan dari bisnis Anda apa, dan
  • Berbagai informasi penting lainnya terkait bisnis Anda.

Anda pun bisa melakukan edit deskripsi Google Bisniku bila di kemudian hari ada perubahan.

e) Foto

Walaupun poin ini bersifat opsional, foto merupakan salah satu komponen penting di Google BisnisKu. Tambahkan foto kantor, perusahaan, pabrik, atau restoran Anda.

Foto yang diunggah di Google BisnisKu bisa meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau memakai jasa Anda.

f) Beriklan di Google

Ini hanya opsional dalam memanfaatkan Google BisnisKu bila belum berminat untuk beriklan di google ads, silakan klik “Lewati”

g) Profil Siap

Pembuatan Google BisnisKu hampir siap Anda gunakan. Klik “Lanjutkan”.

Langkah 5 – Selesai

Proses pembuatan dan bisa mulai memanfaatkan Google BisnisKu telah selesai dibuat. Berikut tampilan dashboard Google BisnisKu.

Bagaimana mudah bukan cara membuat Google BisnisKu. Jika ada kendala dalam proses pembuatan silahkan lihat kembali panduan lengkap mendaftar sebelum memanfaatkan Google BisnisKu untuk pemula di atas.

Untuk Anda yang belum memiliki website bisnis, kami memberikan penawaran yang menarik domain hosting murah dari berbagai penyedia hosting ternama.

Memanfaatkan Google BisnisKu Sekarang

Sebagai pemilik (owner) bisnis, Anda dituntut untuk selalu up-to-date dengan perkembangan perilaku para pelanggan / konsumen. Salah satunya yaitu kebiasaan pelanggan yang selalu melakukan riset sebelum melakukan pembelian suatu produk.

Hal tersebut merupakan kebiasaan baru dari para pelanggan saat ini. Oleh karenanya Anda harus bisa mempromosikan bisnis di tempat yang sering dikunjungi pelanggan untuk melakukan riset online sebelum pembelian. Tempat tersebut adalah Google.

Bahkan Google juga menyediakan berbagai fitur khusus bagi para pemilik bisnis untuk memudahkan promosi bisnisnya. Salah satunya yaitu Google BisnisKu.

Anda harus maksimalkan potensi dalam memanfaatkan Google BisnisKu untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di era digital.

Selain itu, Google BisnisKu jadi tempat untuk mengoptimalkan local SEO. Untuk materi lainnya terkait SEO Anda bisa baca-baca artikel di website ini. Anda juga bisa mengoptimalkan SEO website menggunakan jasa SEO berkualitas dan profesional.

Demikian info tentang cara memanfaatkan Google BisnisKu untuk bisnis, semoga post kali ini mencerahkan kalian. Kami berharap artikel optimasi SEO ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Plugin Toko Online Terbaik
Plugin Toko Online Terbaik Saat Ini
Theme Woocommerce Terbaik
Theme WooCommerce Terbaik untuk Toko Online
Plugin AdSense Terbaik
Plugin AdSense Terbaik untuk Memasang Iklan di Website
Theme Portofolio Terbaik
Theme Portofolio Terbaik untuk Web Agency dan Freelance