Cara Kerja Search Engine (Mesin Pencari) Dibalik Layar

Di sini kami akan mencoba merubah mindset Anda mengenai cara kerja Search Engine (mesin pencari) pada umumnya. Sebagai contoh kasus kita akan menggunakan search engine raksasa yang populer pada saat ini yaitu Google.

cara kerja search engine

Bagian Google

Sebelum menjelaskan cara kerja search engine, kami akan jelaskan dulu unsur terkait. Google terdiri dari 2 bagian yaitu :

  • Crawler atau biasa disebut sebagai bot spider adalah robot yang berkeliaran untuk mencari data berupa halaman website. Googlebot saat ini sudah sampai versi ke 2.1. Googlebot bertugas sebagai crawler atau bot spider screen scraper.
  • Index web yakni bagian yang setiap hari kita gunakan untuk mencari sesuatu dengan cara mengetikan keyword dikotak pencarian.

Fungsi Googlebot

Apa sih fungsi dari Googlebot atau Crawler yang dimiliki Google? Untuk mengetahui cara kerja search engine seperti google, Anda perlu tahu bot-nya. Googlebot berfungsi sebagai robot yang terus merayap, bergerilya, dan bergentayangan, buat terus menerus mencari data seperti berita atau artikel terbaru. Data ini bisa berupa halaman website yang up-to-date.

Maksudnya seperti apa? Anggaplah Anda adalah googlebot. Tugas Anda ialah mengecek semua website di dunia, seperti :

  • Apakah ada situs terbaru yang terdaftar? Atau
  • Adakah pembaruan / update dari website lama yang sudah masuk ke dalam database penyimpanan?

Kemudian Anda akan masuk ke dalam sebuah situs server dunia, di mana terdapat nama- nama website terbaru yang terdaftar. Lalu Anda mengunjungi satu persatu websitenya dan setiap halaman dari semua website itu dikunjungi pula.

Anda simpan tiap halaman dari semua website itu ke dalam sebuah tempat penyimpanan data, misalnya flashdisk. Tentunya Anda pun bikin semacam daftar halaman seperti :

  • apa saja yang sudah disimpan di website tersebut
  • apa saja yang sudah diambil di website tersebut
  • di website mana
  • waktunya kapan
  • dll

Setelah Anda melakukan itu semua, maka di hari berikutnya pun melakukan hal yang sama. Di tambah dengan mengunjungi website yang sebelumnya pernah dikunjungi, Anda mengecek apakah ada halaman yang baru. Jika ada maka Anda langsung kunjungi halaman tersebut dan menyimpannya kembali di dalam database penyimpanan, misalnya flashdisk.

Begitulah googlebot bekerja. Robot internet ini bekerja seperti layaknya manusia. Cuma bedanya adalah ini semua dilakukan secara otomatis dan natural. Natural di sini maksudnya ialah manusia tak ikut campur tangan. Karena tak ada operator sama sekali dalam aktivitas crawler yang dilakukan oleh google. Semuanya dilakukan oleh mesin.

Sehingga saat kita masuk ke dalam www.google.com dan mengetikan suatu keyword (kata kunci, misalkan mengetik kata kunci “belajar SEO” di google. Maka Anda bakal mendapati banyak sekali halaman website ditampilkan sesuai dengan keyword yang diketikkan di kotak pencarian google.

Cara Kerja Search Engine

Halaman-halaman website ini diambil oleh googlebot yang sebelumnya telah mengcrawl dan mengunjungi website tersebut dan menyimpannya di dalam database google. Sehingga Anda bisa langsung melihat hasil dari setiap keyword yang diketikkan di dalam kotak pencarian milik google.

Secara teknis cara kerja search engine atau googlebot yang nyatanya adalah seperti ini :

  1. Pengecekan database submit
  2. Pengecekan direktori web.
  3. Crawler mengecek web di direktori.
  4. Masuk ke halaman depan web.
  5. Mengecek ke satu persatu link di halaman depan sambil indexing.
  6. Masuk ke dalam halaman, dan terus mengecek satu persatu link yang ada dalam halaman, sampai halaman tersebut tidak memiliki link ke luar.
  7. Dan begitu seterusnya…

Dari cara kerja search engine google seperti inilah kemudian para master SEO mencari-cari celah. Hal ini supaya halaman websitenya bisa muncul di halaman depan google. Google dipaksa buat menampilkan halaman-halaman website yang dioptimasikan untuk muncul pada halaman pertama. Ilmu tersebut bernama SEO (Search Engine Optimization).

Sehingga dari sini pula-lah google mengeluarkan aturan-aturan terkait hal di atas. Di mana aturan tersebut sebetulnya berfungsi untuk mengurangi kegiatan pemaksaan google. Yaitu pemaksaan agar memunculkan halaman yang dioptimasikan itu muncul dihalaman pertama google.

Aturan-aturan tersebut adalah

  • Google Panda,
  • Google EMD,
  • Google Penguin,
  • dll.

Demikian informasi tentang cara kerja search engine dibalik layar, semoga postingan ini mencerahkan kalian. Mohon postingan mengenai ilmu SEO ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Layanan Pengerjaan Artikel LBO Murah

Leave a Reply

Memperbaiki Permalink Website
Cara Memperbaiki Permalink Website yang Rusak
Reset Website WordPress
Cara Reset Website WordPress dengan Mudah
Membuat Custom Login
Cara Membuat Custom Login di Website WordPress
Cara Setting Robots TXT di Website
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Web Siap
Fitur di cPanel Hosting
Fitur di cPanel Hosting Website
Domain Tingkat Atas
Jenis Domain Tingkat Atas Terbaik yang Ada Sekarang
Keunggulan Domain Berbayar
Keunggulan Domain Berbayar bagi Bisnis yang Perlu Diketahui

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Optimasi Lanjutan

Copywriting Error Website Tips SEO

Teknik SEO

SEO Off Page SEO OnPage SEO Teknikal

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Bisnis Jualan Link PPC Program Afiliasi Publisher Sumber Lain
Mendapatkan Uang dari Website
Cara Mendapatkan Uang dari Website yang Kita Punya
Jualan Online via Website
Jualan Online via Website yang Mudah Dilakukan
Platform SeedBacklink
Platform Seedbacklink Solusi Promosi Website dan Income Online
Membersihkan Cache
Cara Membersihkan Cache pada Website
Menggunakan Editor Gutenberg
Cara Menggunakan Editor Gutenberg Lengkap di WordPress
Plugin WordPress
Cara Instal Plugin WordPress yang Bisa Dilakukan
Cara Instal dan Ganti Theme Website
Cara Instal dan Ganti Theme Website