Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian

Pembahasan kita kali ini yakni Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian. Google Ads adalah sebuah sistem periklanan online. Google Ads cocok untuk perusahaan tipe apa saja. Berapa pun budget yang dimiliki, Anda tetap bisa beriklan lewat Google dan jaringan periklanannya. Dengan menggunakan Google Ads, Anda bisa mencapai target pasar, baik yang lokal maupun internasional. Selain itu, Anda cuma akan membayar saat ada pengunjung yang meng-klik iklan tersebut.

Cara Kerja Google Ads

Cara Kerja Google Ads

Apa yang terjadi saat Anda memasukkan kata-kata yang ingin dicari di Google? Iklan bekerja secara otomatis menjalankan pelelangan, setelah Anda menulis iklan dan memilih keyword atau kata kunci. Kemudian konsumen potensial Anda memakai mesin pencari yang akan memunculkan iklan-iklan terkait dengan kata yang dimasukkan dalam pencarian tersebut.

Iklan dengan deal dan quality score (QS) terbaik akan muncul di atas dan/atau di bagian kanan halaman hasil pencarian. Yakni di bagian “sponsored links”. Bagian tersebut berada di tempat yang lebih menonjol daripada tautan-tautan yang tak diiklankan.

Cara kerja google ads yaitu Google memilah kata kunci yang dikumpulkan oleh iklan marketer. Kata kunci yang memiliki Quality Score di bawah 4 (1,2,3) tidak akan muncul pada pelelangan. Sehingga iklan dengan QS di bawah 4 tak akan masuk dalam persaingan memperoleh tempat teratas. Quality Score yang bagus adalah 4 ke atas (4,5,6) dan yang sangat bagus adalah 7 ke atas (7,8,9,10).

KEYWORDCPCQSAD RANK = MAX. CPC X QS
AKata Kunci Pencarian 121020
Kata Kunci Pencarian 21,57
BKata Kunci Pencarian 12918
Kata Kunci Pencarian 21,57
CKata Kunci Pencarian 13824
Kata Kunci Pencarian 226

Bagaimana pelelangan Ads sebenarnya terjadi?

CPC AKTUAL = ADRANK KOMPETITOR / QUALITY SCORE

Sebenarnya tak begitu jelas bagaimana cara kerja google ads dalam mengkalkulasi harga terendah. Kita cuma akan tahu bahwa kalkulasi iklan tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal seperti:

  • Quality Score (QS),
  • CTR kata kunci yang berkaitan dengan target URL halaman website, dan
  • CPC maksimal.
Google Quality Score (QS)

Google Quality Score merupakan bagian dari proses cara kerja Google ads untuk menilai relevansi. Yaitu relevansi dari isi iklan dengan apa yang dicari oleh pelanggan. Ada tiga kriteria utama Google Quality Score.

a. Relevansi Landing Page

Kriteria ini akan menilai seberapa relevan landing page dengan iklan yang Anda iklankan. Semakin relevan landing page dengan isi iklan, maka makin tinggi nilai Anda. Jangan sampai iklan yang ditampilkan mengarah pada landing page yang isinya jauh berbeda dari isi iklan. Isi iklan dan landing page yang tak sesuai akan merusak pengalaman pelanggan.

Dan hal ini juga akan menyebabkan bounce rate yang tinggi. Tingginya bounce rate dari landing page dinilai Google sebagai indikasi akan ketidaksesuaian antara isi iklan dengan konten landing page.

b. Perkiraan CTR (Click Through Rate)

Expected CTR adalah perkiraan orang yang akan membuka iklan Anda. Semakin menarik iklan yang dibuat maka makin tinggi CTR-nya. Dan semakin tinggi CTR, maka makin tinggi juga peluang iklan Anda untuk ditampilkan.

c. Relevansi Keyword

Kriteria terakhir terkait cara kerja google ads adalah relevansi keyword. Saat membuat iklan, Anda harus selalu menyesuaikan dengan keyword yang ditargetkan. Google memberikan kesempatan lebih besar pada iklan yang lebih sesuai dengan kata kunci (keyword) yang dicari oleh pelanggan.

Ketiga kriteria di atas akan dinilai oleh Google dengan nilai maksimal 10 per 10. Poin tertinggi di Google Quality Score yaitu 10 dan terendah adalah 1. Dimana makin tinggi poin Google Quality Score, maka semakin tinggi pula kemungkinan Anda untuk memenangkan persaingan di paid search Google.

Selain menentukan posisi iklan, Google Quality Score (QS) juga akan menentukan biaya iklan Anda. Dimana makin tinggi Google Quality Score, maka semakin rendah biaya per click yang harus dibayarkan. Jadi Anda fokuslah pada Google Quality Score yang baik.

Pentingnya Iklan Google

Mengapa hal ini penting? Dengan mengetahui bagaimana proses, cara kerja google ads dan apa faktor yang berpengaruh dalam pelelangan iklan, Anda bisa menghemat uang! Berdasarkan penjelasan di atas, bisa diketahui bahwa saat QS halaman website Anda meningkat. Maka akan punya pengaruh untuk menurunkan biaya iklan sekaligus meningkatkan posisi ranking iklan Anda.

Akun google Ads Anda tidak bisa Anda abaikan karena ada banyak informasi mengenai iklan Anda masuk ke akun tersebut. Jika Anda secara regular menambahkan kata kunci negative dan menyiapkan konversinya, Anda akan memiliki akun google Ads yang membawa lebih banyak keuntungan.

Meskipun berpartisipasi dalam jaringan pencarian atau search network, Google sudah cukup menguntungkan. Namun tidak ada salahnya Anda juga mencoba jaringan penampil iklan (display network) Google. Anda dapat menampilkan iklan lewat banner atau video pada halaman yang mana saja. Anda pun dapat mengimplementasikan “remarketing”. Yaitu menampilklan iklan pada pengguna internet yang pernah mengunjungi website Anda. Ini akan meningkatkan konversi rata-rata (conversion rate) Anda.

Sekian info tentang Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian, semoga post ini bermanfaat buat kalian. Kami berharap post iklan google ini diviralkan biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Dunia Digital Marketing

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Keamanan WordPress Kecepatan WordPress Masalah WordPress Plugin Tips WordPress Tutorial Plugin Tutorial WordPress
Optimasi Gambar WebP
Plugin Optimasi Gambar WebP Format Terpopuler
Cara Setting W3 Total Cache
Cara Setting W3 Total Cache Lengkap dan Mudah
Setting Rank Math
Panduan Setting Rank Math untuk Optimasi SEO Website

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Google Ads Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
SEO Tools Terbaik
SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Riset Kata Kunci
Panduan Optimasi SEO Image
Panduan Optimasi SEO Image untuk Memaksimalkan Website
Mengapa Content Marketing Penting
Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis Kita
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin