Cara agar Website Masuk Google Index dengan Cepat

bannerlbo

Bagaimana caranya agar website bisa terindeks atau masuk Google index? Jika website tidak terindeks Google, maka Anda sebagai pemilik web akan dalam masalah besar. Misalnya website Anda tidak akan muncul dalam hasil pencarian. Selain itu orang-orang juga tidak akan tahu jika website Anda eksis di dunia maya (internet). Tapi, tenang saja, Anda tak pelru panik dan bingung. Sebab Anda bisa melakukan sesuatu untuk mengubahnya dengan mengikuti cara-cara dalam artikel ini.

Masuk Google Index

Apa Itu Google Index?

Google Index merupakan suatu database yang berisikan informasi seperti halaman website yang dikumpulkan oleh Google. Dari database inilah Google dapat menampilkan hasil pencarian pada para penggunanya.

Database ini diperoleh dari proses crawling dan indexing yang dilakukan oleh search engine Google. Proses indexing dan crawling bikin Google dapat menemukan berbagai halaman dan konten website baru di dunia maya (internet). Proses untuk menemukan website oleh Google memakai suatu teknologi bernama spiders. Spiders Google sendiri dinamakan Googlebot.

Masih bingung? Berikut kami jabarkan pengertian singkatnya masing-masing :

  • Crawl : suatu proses untuk mengikuti berbagai link yang ada di internet supaya dapat menemukan konten baru.
  • Indexing : proses untuk menyimpan tiap halaman suatu website dalam database search engine supaya muncul di hasil pencarian.
  • Spiders : sebuah teknologi canggih yang berperan dan bertugas untuk merangkak di internet.
  • Googlebot : spiders milik Google.

Google Index inilah yang akan menampilkan suatu halaman website atau web itu sendiri di hasil pencarian. Jika suatu website tak muncul di hasil pencarian, artinya belum masuk google index atau belum ada dalam database Google Index.

Kenapa Website Anda Harus Masuk Index Google?

Kalau mau websitenya muncul di hasil pencarian Google, url website harus masuk Google Index lebih dulu.

Website terindeks berarti search engine seperti Google sudah menyadari kalau website Anda itu eksis. Tapi, bila sudah terindeks bukan berarti secara otomatis website Anda berada pada ranking tinggi di hasil pencarian Google. Karena index dan ranking merupakan dua hal yang berbeda.

Ranking website berkaitan dengan SEO (Search Engine Optimization). Sedangkan untuk berkompetisi dalam ranking pencarian, website Anda harus terindeks lebih dulu. Baru setelah itu Anda mulai mengurusi SEO.

Jadi, bisa dikatakan jika website tidak masuk ke index Google, Anda tidak akan bisa mendapat ranking di Google.

Apakah Website Anda Sudah Masuk Index Google?

Anda dapat mengecek apakah url website sudah terindeks oleh Google atau masuk Google index. Cara mengeceknya dengan melakukan pencarian ini :

“site:websiteanda.com”

Jika website Anda sudah berhasil terindeks Google, hasil seperti gambar di bawah :

Website Terindeks

Bila website Anda belum terindeks Google maka hasilnya seperti gambar di bawah ini :

Website tak Terindeks

Cara Agar Website Anda Masuk ke Google Index

Apakah website Anda sudah terdaftar di Google Index? Bila belum, Anda tidak usah khawatir. Sebab di artikel ini ada beberapa cara mudah untuk membuat url website Anda masuk Google Index. Apa saja itu?

a. Tambahkan Website ke Google Search Console

Supaya website bisa masuk Google index (terindeks), langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menambahkan website ke Google Search Console (GSC). GSC merupakan tools gratisan bagi para pemilik website yang berguna untuk memonitor kinerja website.

Fungsi utama GSC dalam proses indexing dan crawling yaitu Anda bisa :

  • melihat seberapa sering Googlebot meng-crawling website Anda,
  • memasukkan sitemaps, dan
  • memperbaiki jika ada proses crawl error.

Baca : Cara Verifikasi Google Search Console

b. Buat Sitemap

Agar mempermudah Googlebot memahami isi website, Anda harus membuat sitemap XML. Sitemap XML yaitu list halaman suatu website yang ditujukan pada search engine atau mesin pencari supaya bisa lebih mudah ditemukan. Di mana nantinya akan berefek ke website yang bisa lebih cepat masuk Google index.

Selain sitemap XML ini, ada juga sitemap HTML, di mana keduanya berbeda. Jika sitemap XML ditujukan untuk mesin pencari (search engine), sedangkan sitemap HTML dibuat untuk para pengunjung website.

Sitemap HTML sebenarnya tidak berdampak langsung pada Google Index. Tapi Anda tetap dianjurkan untuk membuatnya. Hal ini karena sitemap HTML membuat pengunjung lebih mudah dalam menavigasi website yang dikunjungi. Jadi, para pengunjung tahu mana post, page, kategori, dll.

Baca : Cara Membuat Sitemap untuk Website

c. Buat Robots.txt

Robots.txt berfungsi untuk memberi tahu pada mesin pencari tentang :

  • halaman mana yang perlu diindeks dan
  • halaman mana yang tak perlu untuk diindeks.

Pada kondisi tertentu, ada juga halaman yang tidak harus masuk Google index. Misalnya, bila ada konten yang duplikat di website Anda.

Keberadaan konten duplikat ini dapat membuat Google menghapus website Anda dari index. Oleh sebab itu, jika ada konten duplikat, sebaiknya tidak perlu masuk ke Google Index.

Menghalangi Googlebots untuk melakukan indexing halaman yang tidak penting bisa memberikan beberapa manfaat, seperti :

  • bisa mengurangi beban yang diterima oleh website,
  • bisa mempercepat proses indexing, dan
  • hasil indeksnya nanti juga lebih rapi.

Baca : Cara Setting Robot TXT di Website

d. Buat Konten

Meskipun belum terindeks oleh Google, bukan berarti tidak dapat menerbitkan konten sama sekali website Anda. Justru Anda harus mulai menerbitkan konten di website. Supaya dapat membantu website lebih cepat untuk masuk Google Index.

Tapi, Anda tidak bisa bikin konten sembarangan. Anda harus membuat dan mengeluarkan berbagai konten berkualitas secara rutin. Bikin konten yang berkualitas dan tidak sembarangan agar Google tahu bahwa website Anda memberikan berbagai info bagi pengunjung yang :

  • segar dan
  • up-to-date.

Berbagai konten berkualitas tinggi dan segar bikin Googlebot makin sering meng-crawling website Anda. Karena relevan dari konten Anda dengan apa yang sedang dicari oleh pengguna saat ini.

Website jenis apapun dianjurkan untuk memiliki konten di dalamnya. Apakah itu blog, toko online atau website perusahaan sekalipun. Tapi tentu saja, membuat konten itu tidak boleh asal-asalan.

Baca : Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis

e. Perbanyak Internal Link

Membuat konten berkualitas saja tak cukup. Anda masih harus menghubungkan 1 konten dengan konten lainnya lewat internal link.

Internal link adalah link dari 1 halaman ke halaman lainnya dalam 1 website yang sama. Hal tersebut agar bisa membantu Googlebot dalam memahami konteks dan hubungan antar halaman website Anda.

Contohnya begini:

Pada artikel Panduan Optimasi Internal Link Lengkap pada Website, langkah pertama adalah membuat konten. Di situ, kami menuliskan pentingnya membuat konten yang tidak asal-asalan harus melalui riset seperti riset kata kunci.

Coba perhatikan bahwa kami tak menuliskan cara melakukan riset kata kunci secara lengkap di situ. Melainkan memasukkan internal link ke artikel yang membahas cara riset kata kunci  lebih dalam.

Contoh Internal Link

Namun, jangan asal menaruh internal link. Internal link hanya untuk halaman yang terkait 1 dengan yang lainnya saja.

Jangan menaruh internal link secara asal-asalan dan tidak berhubungan. Karena akan membuat Googlebot kebingungan terkait dengan konteks website Anda. Selain itu Googlebot juga akan kebingungan mengenai keterkaitannya antara 1 dengan yang lainnya.

f. Buat Halaman Kategori Konten

Jika punya banyak konten di dalam website, Anda bisa bikin “halaman kategori konten” yang berisikan daftar konten-konten tersebut. Selain membantu para pengunjung, kategori pun akan bisa membantu Googlebot. Yaitu membantu dalam menjelajah website Anda secara efisien.

Anda bisa bikin halaman kategori konten ini dengan mempertimbangkan berbagai hal seperti :

  • Post dengan topik bahasan yang sama.
  • Produk yang mirip (bila website Anda merupakan website ecommerce).
  • Berita yang berhubungan (bila Anda punya website berita).

Halaman kategori ini akan membantu Google dalam menganalisis hubungan antar halaman di suatu website. Sehingga dengan adanya kategori, Googlebot bisa lebih mudah memahami berbagai konten website yang topiknya hampir atau memang mirip.

Contoh yang bisa Anda temukan adalah pada web Ternak Website ini. Artikel-artikel kami dikelompokkan menjadi beberapa kategori, yakni seperti SEO, Tutorial, Digital Marketing, dll.

g. Bangun Backlink Berkualitas

Backlink adalah sebuah link yang dipasang / ditanam pada suatu website ke website lainnya. Backlink cukup penting dalam indexing. Karena merupakan salah satu cara Googlebot menemukan halaman baru. Bila Anda memperoleh backlink berkualitas dari banyak website, maka semakin mudah Googlebot untuk menemukan website Anda.

Membangun backlink yang berkualitas bisa dikatakan merupakan cara mempercepat masuk Google index. Tapi cara ini sering pemilik website abaikan. Padahal, Google menganggap halaman yang memiliki backlink berkualitas itu lebih penting.

Sehingga kemungkinan besar Googlebot akan lebih cepat meng-crawling halaman suatu website yang ada backlinknya daripada yang tanpa backlink. Hal ini nantinya akan berdampak pada proses indexing yang lebih cepat.

Baca : Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Bagus

h. Pertimbangkan RSS Feed

RSS selama ini dikenal memiliki fungsi untuk membantu dalam meningkatkan kunjungan ke website. Tapi ternyata, RSS pun bisa memiliki fungsi untuk membantu website Anda supaya masuk Google index.

RSS akan memberitahukan Google jika ada konten atau halaman baru pada suatu website yang siap untuk di-crawling atau diindeks.

Ada banyak aplikasi RSS Feed. Tapi aplikasi yang direkomendasikan untuk membantu indexing website yaitu Feedburner.

Baca Juga : Cara Menggunakan RSS Feed di Website

i. Cek Apabila Ada Proses Error dalam Index

Agar proses indexing url website lancar atau masuk google index dengan cepat, Anda juga perlu untuk mengecek link-link website. Apakah ada masalah pada crawling konten di website Anda. Selain itu juga bagaimana cara memperbaikinya.

Untuk melakukan pengecekan, caranya cukup mudah, yaitu memakai Google Search Console (GSC). Untuk tahu jenis-jenis error link, penjelasannya dan cara mengatasinya, Anda bisa membacanya di Panduan Google Search Console Lengkap.

Cara Mempercepat Index Google

Selain cara masuk Google Index di atas, masih ada beberapa lain yang bisa Anda coba. Sebetulnya beberapa cara di bawah tidak terlalu berpengaruh secara langsung terhadap Google Index. Tapi tetap patut Anda coba. Setidaknya, cara di bawah dapat membantu Anda untuk mendapatkan trafik di luar pencarian organik. Sembari menunggu website Anda diindeks oleh Google.

a. Manfaatkan Media Sosial

Meskipun media sosial tidak berefek secara langsung untuk website bisa masuk Google Index, Anda tetap harus memanfaatkannya. Hal ini karena media sosial berfungsi untuk :

  • membangun audiens bagi website Anda.
  • mendatangkan trafik pengunjung, dan
  • meningkatkan brand awareness.

Dan bahkan pemasaran lewat media sosial tidak dapat dipandang sebelah mata saat ini.

b. Gunakan PPC

Selain menggunakan media sosial (medsos), ada cara lain lagi untuk mendapatkan exposure di luar pencarian organik. Yaitu dengan menggunakan Pay Per Click (PPC).

Cara ini memang tak berdampak langsung terhadap website Anda masuk Google Index. Tapi cara yang satu ini layak untuk Anda coba jika ingin meningkatkan trafik dalam waktu singkat.

Pada PPC, pemasang iklan hanya diharuskan untuk membayar tiap iklan yang diklik oleh pengunjung saja. Jadi, Anda tidak akan terbebani oleh biaya iklan yang besar dan dapat disesuaikan dengan budget / anggaran.

Masuk Google Index Agar Website Dikenal!

Masuk ke Google index merupakan langkah pertama supaya website Anda dapat sukses. Tanpa masuk index Google, website Anda pun tidak akan muncul dalam hasil pencarian. Dan pada akhirnya tidak ada pengunjung ke website Anda. Dengan memakai beberapa cara di bawah, kami harap url website Anda bisa masuk Google Index.

Cara mudah supaya website cepat diindeks google yakni :

  • Tambahkan Website ke Google Search Console
  • Buat Sitemap
  • Buat Robots.txt
  • Buat Konten
  • Perbanyak Internal Link
  • Buat Halaman Kategori Konten
  • Bangun Backlink Berkualitas
  • Pertimbangkan RSS Feed
  • Cek Apabila Ada Proses Error Dalam Index
  • Manfaatkan Media Sosial
  • Gunakan PPC

Setelah website Anda berhasil masuk ke Google Index, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Sekarang saatnya Anda berusaha berkompetisi di ranking hasil pencarian melalui optimasi SEO. Untuk itu kami sediakan untuk Anda materi dan layanan optimasi SEO berkualitas.

Sekian info seputar Cara agar Website Masuk Google Index dengan Cepat, semoga artikel kali ini berguna untuk Anda. Tolong postingan tips SEO ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

22793

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Bahasa Pemrograman CMS cPanel Domain Hosting Website WordPress
Setting Robot TXT
Cara Setting Robots TXT di Website
Belajar HTML Dasar
Belajar HTML Dasar bagi Pemula Lengkap
Platform Website Terbaik
Platform Website Terbaik bagi Pemula dan Profesional

Dasar SEO

Pengenalan SEO Riset Keyword

Teknik SEO

SEO Off Page SEO On Page Technical SEO

Tips SEO

Copywriting Error Website Tips SEO Lain

Tools SEO

Tools Google Tools Riset KK Tools SEO Lain
Jasa Digital Theme Tools Website Webhosting
Diztro Theme
Diztro Theme Toko Online Indonesia
Olzhop Theme
Olzhop Theme Toko Online Terbaru
Tokow Theme
Tokow Theme Template Toko Online Terbaik untuk WordPress
Struktur Google Ads
Struktur Google Ads untuk Kampanye Iklan
Cara Kerja Google Ads
Cara Kerja Google Ads di Mesin Pencarian
Layanan Google Ads
Layanan Google Ads atau Adwords
Google Keyword Planner
Panen Kata Kunci dengan Google Keyword Planner