Apa itu SEO dan Bagaimana Konsep Dasarnya

Di artikel ini kami akan jelaskan mengenai apa itu seo dan bagaimana konsep dasarnya. Kalau pernah melakukan pencarian di search engine (mesin pencari), maka Anda akan melihat daftar website yang relevan dengan pencarian Anda. Mesin pencari mengurutkan hasil pencarian tersebut bukan secara acak, tetapi berdasarkan tingkat relevansi dan kualitas website.

apa itu seo

Apa itu SEO

Ada banyak faktor yang digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan kedua faktor tersebut. Inilah yang melatarbelakangi SEO. Pastinya, Anda ingin mempunyai banyak pengunjung di halaman website atau blog Anda bukan? Maka Search Engine Optimization (SEO) adalah jawabannya!

Pengertian SEO

SEO adalah “seni atau ilmu” meningkatkan peringkat website pada halaman hasil pencarian Google atau search engine results pages (SERPs). Jika visibilitas website Anda tampil di urutan pertama pada mesin pencarian Google, maka hal itu akan lebih menarik banyak pengunjung. Nah, disinilah SEO akan bekerja dan menjadi faktor pengunjung untuk:

  • Membeli produk Anda,
  • Menjadi klien Anda,
  • Mengambil keuntungan dari layanan atau jasa yang Anda tawarkan,
  • Hingga dapat menjadi fans dari website Anda.

Ketika hal-hal tersebut terjadi, maka pengunjung akan meningkat dan menghasilkan traffic berkualitas pada web atau blog Anda. Setiap situs memang memiliki tingkat optimasi SEO yang berbeda, namun untuk mendapatkan ranking yang lebih tinggi, Anda perlu proses yang berkelanjutan. Jadi, jika ingin blog atau website Anda mempunyai banyak pengunjung, penting bagi Anda untuk memperhatikan SEO.

Konsep Dasar SEO

Google dan mesin pencari lain adalah sebuah produk. Mereka ingin supaya orang lain puas menggunakan layanan mereka. Pengguna mesin pencari menginginkan agar website terbaik yang relevan dengan pencarian mereka muncul di halaman pertama. Karena itulah mesin pencari selalu ingin menampilkan hasil terbaik untuk setiap kata kunci yang dimasukkan pengguna.

Jadi inti dari SEO ialah jadikan website Anda yang terbaik untuk keyword atau kata kunci yang diinginkan pengunjung. Terbaik dalam segi apa?

  1. Konten yang disajikan
  2. Struktur dan navigasi
  3. Kepuasan pengguna (User Experience / UX)
  4. Popularitas

Bisakah Website Sukses tanpa SEO?

Jawabannya Bisa! Dengan memperhatikan konsep dasar di atas, Anda sebenarnya tak perlu pusing memikirkan SEO. Tak jarang orang yang punya website populer namun mereka tidak mengerti SEO. Ini karena mesin pencari saat ini sudah pintar dalam mengasumsikan struktur halaman dan kualitas website.

Dalam prakteknya, SEO saat ini lebih dominan sebagai usaha atau aktivitas marketing daripada teknikal. Tapi, ada kemungkinan website anda masih butuh sedikit usaha lagi dari anda untuk bisa berhasil. Di samping itu dengan mengetahui teknik SEO Anda akan mengerti gimana caranya bikin website yang sukses.

Apakah SEO bisa Dilakukan Sendiri?

Ada banyak orang atau perusahaan yang menawarkan jasa SEO, tapi sesungguhnya SEO juga bisa anda lakukan sendiri tanpa menggunakan jasa. Dengan adanya berbagai tutorial SEO yang disediakan di internet saat ini, Anda bisa belajar dan mengaplikasikannya secara otodidak. Anda bisa menghemat jutaan rupiah dengan melakukan optimasi sendiri.

Untuk website bersifat informasi yang strukturnya sederhana, Anda kemungkinan besar tak perlu memakai jasa SEO. Anda hanya cukup belajar secara otodidak dengan menggunakan panduan yang ada di internet.

Namun jika website yang Anda punya strukturnya rumit contohnya toko online atau web-app, ada kemungkinan Anda membutuhkan jasa SEO. Jasa tersebut untuk menyederhanakan struktur supaya ramah terhadap mesin pencari.

Apa saja yang Harus dipelajari?

Ada beberapa komponen utama dalam SEO. Berbagai komponen ini yang akan menentukan seberapa bagus website Anda secara SEO. Komponen ini juga yang akan menentukan urutan rangking di hasil pencarian mesin pencari (search engine). Secara singkat, inilah yang harus Anda pelajari buat menguasai teknik SEO.

  1. Mengoptimasi halaman website
  2. Riset kata kunci (Keyword research)
  3. Menganalisa kompetisi
  4. Membuat konten yang teroptimasi
  5. Membangun popularitas, link, dan reputasi
  6. Melakukan audit terhadap performa SEO

Macam-Macam SEO

SEO terbagi dua macam :

  1. SEO On Page
  2. SEO Off Page

Untuk On page artinya mengoptimalkan bagian dalamnya, bisa seperti konten maupun blog itu sendiri. Sedangkan Off Page artinya bagian luar, menyangkut tentang backlink (link keluar).

Demikian informasi mengenai apa itu seo dan bagaimana konsep dasarnya, kami harap post kali ini mencerahkan Anda. Mohon post ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi:

Leave a Reply