Analisis Tingkat Kompetisi Keyword yang Mudah Dilakukan

Di postingan ini kami akan jelaskan seputar analisis tingkat kompetisi keyword yang mudah dilakukan. Setelah membuat daftar kata kunci (keyword), selanjutnya Anda harus melakukan riset. Apakah keyword-keyword tersebut “layak” digunakan atau tidak. Keyword yang baik adalah yang banyak dicari oleh pengunjung tetapi tingkat kompetisinya masih rendah.

Analisis Tingkat Kompetisi Keyword

Analisis Tingkat Kompetisi Keyword

Untuk melakukan riset tingkat kompetisi suatu keyword ada dua langkah yang bisa dilakukan. Dua langkah tersebut yaitu mencari data berapa banyak pencarian atas suatu keyword dan mencari tingkat kompetisi dari keyword yang hendak Anda bidik. Berikut langkah-langkah untuk riset atau analisis tingkat kompetisi keyword :

A. Mencari Data Berapa Banyak Pencarian Atas Suatu Keyword

Salah satu tool yang banyak digunakan untuk mengetahui berapa banyak pencarian atas suatu keyword adalah Google Keyword Planner. Seperti apa yang telah dibahas sebelumya, selain untuk mencari tambahan keyword, Google Keyword Planner juga menampilkan banyaknya pencarian atas keyword-keyword tersebut. Hanya saja, apabila Anda ingin menggunakan Google Keyword Planner untuk mencari data banyaknya pencarian atas suatu keyword, ada satu hal yang perlu diperhatikan yaitu pola kesesuaian keyword Anda.

Ada 3 macam kesesuaian keata kunci yang disediakan oleh Google untuk analisis tingkat kompetisi keyword :

1. Broad Match

Broad Match merupakan pencarian tanpa ada tambahan apapun di depan dan di belakang keyword. Dengan Broad Match, maka Google akan menampilkan semua hasil pencarian yang mengandung salah satu kata atau semua kata dalam keyword Anda. Misalnya, analisis tingkat kompetisi keyword untuk kata kunci Bisnis Online.

Ketika Anda mengetikan kata-kata bisnis online pada google search maka website-website yang menggunakan keyword berikut akan muncul semuanya. Keyword tersebut yaitu :

  • Bisnis Rumahan,
  • Peluang Bisnis Online,
  • Online Bisnis Gratis,
  • dll.
2. Exact Match

Exact Match ditandai dengan kurung siku di depan dan di belakang Keyword – [keyword]. Dengan Exact Match, Google hanya akan menampilkan hasil pencarian yang benar-benar sama dengan keyword Anda tanpa tambahan kata-kata lain. Misalnya, analisis tingkat kompetisi keyword untuk kata kunci yang masih sama yaitu Bisnis Online.

Ketika Anda mengetikan kata-kata [bisnis online] dengan exact match pada google search. Maka yang akan muncul hanya website yang memakai keyword Bisnis Online. Sedangkan website yang menggunakan keyword : Bisnis Online Gratis, Online Bisnis, Memulai Bisnis Online, dll tak akan muncul.

3. Phrase Match

Phrase Match ditandai dengan tanda petik di depan dan belakang keyword – “Keywoard”. Dengan Phrase Match, Google akan menampilkan hasil pencarian yang mengandung seluruh kata dalam keyword Anda dengan urutan yang sama. Misalnya, analisis tingkat kompetisi keyword untuk kata kuncinya masih sama Bisnis Online.

Ketika Anda mengetikan kata-kata “Bisnis Online” pada google search maka yang akan muncul adalah website-website yang menggunakan keyword :

  • Peluang Bisnis Online,
  • Bisnis Online Rumahan,
  • dll.

Sedangkan website-website yang menggunakan keyword berikut tidak akan muncul.

  • Online Bisnis,
  • Bisnis Baru Online,
  • dll.

Kesimpulan :

Pilihlah [Exact Macth] dan “Phrase Match” untuk analisis tingkat kompetisi keyword pada Match Types. Hal ini agar hasil pencarian keyword Anda benar-benar relevan. Setelah itu pilihlah keyword yang dicari 2000 hingga 4000 kali per bulan pada “Global Monthly Searches” atau “Local Montly Searches”. Atau paling tidak pilihlah keyword yang dicari lebih dari 1000 kali per bulan (jika keyword benar-benar sangat spesifik).

B. Mencari Tingkat Kompetisi dari Keyword yang Hendak Dibidik

Setelah mendapatkan keyword-keyword yang dicari lebih dari 1000 kali tiap bulannya. Maka selanjutnya Anda harus melakukan “cross check” atau analisis tingkat kompetisi keyword tersebut. Yang mesti Anda “cross check” yaitu banyaknya persaingan yang akan dihadapi saat menggunakan keyword tersebut untuk membangun website.

Jika keyword yang dipilih memiliki banyak saingan maka akan makin susah bagi website Anda untuk mendapatkan peringkat atas di Google. Dan juga akan sulit untuk menempati halaman pertama dari daftar hasil pencarian. Oleh karena itu Anda harus bisa memperoleh keyword yang banyak dicari oleh orang-orang namun memiliki tingkat persaingan yang sedikit atau kecil.

Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk analisis tingkat kompetisi keyword agar dapat mengetahui jumlah persaingannya adalah sebagai berikut :

a. Gunakan Phrase Match

Ketikkan pada google search keyword yang telah Anda peroleh dengan Phrase Match. Ini dilakukan agar google hanya menampilkan website-website yang mengandung seluruh kata dalam keyword Anda. Jangan menggunakan Broad Match. Karena google akan mengeluarkan semua website yang menargetkan keyword paling tidak salah satu kata keyword yang Anda ketikkan.

Misalnya keyword yang Anda inputkan adalah Peluang Bisnis Online. Bila menggunakan Board Match maka google akan mengeluarkan website-website yang menargetkan keyword Peluang atau Bisnis atau Online. Dan hal tersebut menyebabkan Anda tidak mengetahui secara tepat berapa jumlah persaingan dengan memakai keyword tersebut.

b. Pilih keyword dengan persaingan di bawah 30.000

Setelah mengetahui jumlah persaingan keyword, maka selanjutnya yang harus Anda pilih yaitu keyword yang jumlah persaingannya di bawah 30.000. Dari hasil pencarian dengan memakai Phrase Match untuk keyword Anda. Semakin sedikit jumlah persaingan untuk keyword maka akan makin baik atau mudah bagi Anda. Contoh : “Peluang Bisnis Online Tanpa Modal”.

c. Menggunakan Trik lain

Di samping mempergunakan tanda kutip, untuk meneliti lebih dalam akan kompetisi suatu keyword, ada beberapa trik yang bisa digunakan :

♦ allintitle:keyword

Dengan menambah allintitle:keyword, google akan menampilkan daftar halaman yang pada judulnya mengandung kata kunci yang Anda inginkan.

♦ allinanchor:keyword

Dengan menambah allinanchor:keyword, maka google akan menampilkan daftar halaman yang anchor text-nya mengandung kata kunci Anda. Anchor text ialah text yang digunakan sebagai link dan jika diklik akan menuju ke halaman lain.

♦ allinurl:keyword

Dengan menambahkan allinurl:keyword, maka google akan menampilkan daftar halaman yang url-nya mengandung kata kunci Anda.

d. Gabungkan langkah-langkah di atas

Silahkan Anda mengetikkan allititle:“Keyword Anda” pada Google Search untuk mengetahui jumlah website-website saingan yang mempergunakan keyword Anda sebagai judul websitenya. Selanjutnya yang harus Anda pilih adalah keyword yang jumlah persaingannya di bawah 30.000 untuk hasil pencarian allintitle: dan Phrase Match keyword. Contoh : allintitle:“Peluang Bisnis Onlne Tanpa Modal”.

Apa yang terjadi jika keyword yang Anda inginkan ternyata jumlah persaingannya sangat banyak bahkan jauh di atas 30.000? Yang harus dilakukan adalah berusaha menggali lebih dalam lagi keyword-keyword yang telah Anda temukan tersebut. Keyword-keyword yang Anda pilih tersebut pasti memiliki turunan atau yang lebih spesifik lagi. Dan yang pasti turunan dari keyword tersebut juga berhubungan dengan produk yang mau Anda promosikan.

Cara untuk mencari keyword turunan sama dengan ketika Anda mencari keyword pertama kali. Namun yang harus digunakan sebagai inputan di Google Suggestion atau Google Keyword Planner ialah keyword yang memiliki banyak pesaing tadi. Bukan niche atau topik yang hendak Anda bahas.

Dalam mencari keyword, sering kali kita harus mencari turunan dari keyword yang telah ditemukan lebih dulu. Sehingga kita bisa menemukan keyword-keyword baru yang memenuhi persyaratan pencarian dan jumlah persaingan.

Setelah menemukan daftar kata kunci yang baik dari analisis tingkat kompetisi keyword di atas, maka tugas selanjutnya adalah membuat website. Buatlah website berdasarkan keyword yang telah Anda peroleh serta mengoptimasi website tersebut. Hal ini agar website utama atau halaman-halaman di website bisa berada di posisi teratas. Atau minimal website berada di halaman pertama SERP untuk keyword-keyword yang Anda Bidik.

Komunitas SB1M

Demikian informasi perihal analisis tingkat kompetisi keyword yang mudah dilakukan, semoga postingan kali ini mencerahkan sahabat semua. Tolong postingan riset kata kunci ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi :

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Leave a Reply

Situs Penerima PPC
Situs Penerima PPC beserta Syarat dan Ketentuannya
Mendapatkan Income dari Program PPC
Mendapatkan Income dari Program PPC untuk Website
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendaftarkan Website ke UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Cara Mendapatkan Income dari UpToPromo
Keamanan WordPress Kecepatan WordPress Masalah WordPress Plugin Tips WordPress Tutorial Plugin Tutorial WordPress
Optimasi Gambar WebP
Plugin Optimasi Gambar WebP Format Terpopuler
Cara Setting W3 Total Cache
Cara Setting W3 Total Cache Lengkap dan Mudah
Setting Rank Math
Panduan Setting Rank Math untuk Optimasi SEO Website

DM Lainnya

Cafebisnis Pakarbot Ratakan

Jasa dan Pelatihan

Jasa Digital Jasa Lainnya Pelatihan

Theme

Kentooz Oketheme Theme Lainnya

Webhosting

Hosting Bisnis Hosting Personal Hosting Ternak Web
Google Ads Optimasi SEO Riset Keyword SEO Off Page SEO On Page Tools Google
SEO Tools Terbaik
SEO Tools Terbaik dan Gratis untuk Riset Kata Kunci
Panduan Optimasi SEO Image
Panduan Optimasi SEO Image untuk Memaksimalkan Website
Mengapa Content Marketing Penting
Mengapa Content Marketing Penting untuk Bisnis Kita
Tutorial Litespeed Cache
Tutorial Litespeed Cache untuk Mempercepat Website
Cara Membuat Form Kontak di Website
Cara Membuat Form Kontak di Website 100% Mudah Dilakukan
Cara Menangani Komentar SPAM di Website
Cara Menangani Komentar SPAM di Website 100% Ampuh
Pengaturan CloudFlare di Website
Pengaturan CloudFlare di Website dengan Plugin